hero
(DEIXADEFRESCURA)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

16 April 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Mengubah kebiasaan memang enggak gampang. Apalagi kebiasaan-kebiasaan yang selama ini kamu pikir enggak akan jadi masalah, tapi ternyata sebaliknya, termasuk dari segi kesehatan. Nah, ini dia kebiasaan sehari-hari yang ternyata enggak baik untuk kesehatan tubuhmu.

1Main gadget sebelum tidur

Main gadget sebelum tidur. (PAUSECAFEIN)

Cahaya artifisial gadget di malam hari itu bisa menghambat produksi hormon melatonin lho. Padahal, hormon ini berfungsi mengatur pola tidur dan bangun pada tubuh seseorang.

Kurangnya produksi melatonin bisa mengakibatkan depresi, kanker, obesitas, penyakit jantung, dan lemahnya sistem imun tubuh. Tinggalkan gadget, dan segeralah tidur untuk menjaga kesehatan tubuhmu!

2Menyimpan makanan dalam wadah plastik

Menyimpan makanan dalam wadah plastik. (YOURIS)

Wadah plastik biasanya mengandung zat kimia seperti phthalate dan bisfenol untuk menjaga kelenturannya. Namun,zat tersebut bisa terurai ke dalam makanan yang disimpan lama dalam wadah plastik.

Efek zat tersebut pun berbahaya bagi sistem endokrin dalam tubuh. Lebih baik gunakan wadah dari kaca, stainless steel atau keramik. Perhatikan juga simbol petunjuk penggunaan yang sering ada pada wadah.

3Langsung sikat gigi setelah makan

Langsung sikat gigi setelah makan. (DEIXADEFRESCURA)

Makanan dan minuman yang mengandung asam tinggi, bisa berefek pada lapisan enamel atau dentin gigi. Menggosok gigi sesaat setelah makan dan minum hanya akan membuat enamel dan dentin semakin mudah rusak karena tersikat. Gigi pun akan menjadi lebih sensitif. Dokter menyarankan sikatlah gigi paling tidak 30 menit setelah makan.

4Menggunakan sabun antibakteri

Menggunakan sabun antibakteri. (TODAY)

Terdapat sejumlah bakteri yang hidup di permukaan kulit berperan baik untuk melindungi tubuh. Kalau kamu pakai sabun antibakteri terlalu sering, itu justru membunuh bakteri pelindung dan mempermudah bakteri jahat masuk ke dalam tubuh.

Dilansir dari Brightside, ahli dermatologi merekomendasikan penggunaan sabun antibakteri hanya pada kulit yang terluka. Jangan gunakan lebih dari dua kali dalam seminggu.

5Memakai celana jeans terlalu ketat

Memakai celana jeans terlalu ketat. (BRIGHTSIDE)

Boleh sih modis, tapi hati-hati jangan sampai merugikan kesehatan ya. Memakai celana jeans yang terlampau ketat bisa menjepit pembuluh darah dan mengganggu sistem saraf. Udara juga jadi susah masuk ke area kaki, sehingga bisa bikin gatal-gatal dan kesemutan.

 

 

 

BRIGHTSIDE | CURAPELANATUREZA 

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments