hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

9 April 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Racun ada dimana-mana, bahkan di tempat yang enggak disangka sekalipun. Udara yang kita hirup, air yang kita minum, makanan yang kita makan, bahkan smartphone yang kita pakai sehari-hari penuh dengan kuman dan bakteri. Setiap hari racun-racun tersebut menumpuk dalam tubuh kita dan dapat membuat tubuh kita sangat sakit. Nah, sebenarnya tubuh akan mengirimkan sinyal untuk memberitahu ketika sudah terlalu banyak racun yang tertumpuk. Melansir dari Bright Side, berikut 10 gejala yang menunjukkan tubuh kalian memiliki sudah menumpuk racun terlalu banyak.

1. Mengalami sembelit

Sembelit. (BRIGHTSIDE)

Saat kita makan, sebenarnya kita juga mengonsumsi banyak senyawa kimia yang terkandung dalam makanan tersebut. Salah satu cara untuk menghindari sembelit ialah dengan mengonsumsi makanan organik, mengurangi konsumsi alkohol, serta meminum banyak air putih.

2. Sering merasa brain fog

Brain fog. (BRIGHTSIDE)

Jika kalian merasa pusing, bingung, dan sulit berkonsentrasi meski kalian sudah tidur dengan nyenyak, kemungkinan besar kalian memiliki banyak kandungan racun dalam tubuh kalian.

3. Bau badan

Bau badan. (BRIGHTSIDE)

Tidak peduli seberapa sering kalian mandi dan menggunakan deodorant, kalian masih merasa memiliki bau badan. Kemungkinan besar keadaan itu adalah ulah racun berlebih dalam tubuh.

4. Sendi dan otot terasa nyeri

Nyeri sendi dan otot. (BRIGHTSIDE)

Nyeri sendi dan otot merupakan salah satu indikator kalian memiliki peradangan di tubuh, jika ternyata bukan itu alasannya, maka sudah pasti racun-racun di dalam tubuhlah yang menyebabkan rasa pegal itu

5. Noda baru muncul di kulit

Noda pada kulit. (BRIGHTSIDE)

Kulit merupakan bagian tubuh yang paling mudah dan paling sering terpapar berbagai macam bahan kimia dan polusi. Paparan terhadap begitu banyak bahan kimia beracun dapat menyebabkan gejala jerawat, ruam, bahkan eksim.

6. Sulit tidur

Sulit tidur. (BRIGHTSIDE)

Tingginya jumlah racun dalam tubuh dapat mengganggu hormon pengatur tidur atau Cortisol. Jika kalian merasa mulai sulit tidur, sebaiknya pertimbangankan untuk melakukan detoksifikasi, karena insomnia dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

7. Berat badan bertambah

Berat badan naik. (BRIGHTSIDE)

Jika kalian sudah melakukan beragam olah raga tapi berat badan kalian malah bertambah, mungkin ada yang salah dengan hormon kalian. Perubahan hormon tersebut dapat disebabkan oleh tumpukan racun dalam tubuh kalian.

8. Bau mulut

Bau mulut. (BRIGHTSIDE)

Biasanya bau mulut berarti kalian memiliki masalah dengan pencernaan kalian. Namun hal ini bisa juga berarti liver kalian sedang berjuang untuk membersihkan racun yang menumpuk terutama di sistem pencernaan.

9. Kuku kaki rapuh dan jelek

Kuku kaki rapuh dan jelek. (BRIGHTSIDE)

Jari-jari kaki biasanya tersembunyi dalam kaus kaki dan sepatu, sebuah tempat yang sangat disukai oleh jamur. Hal tersebut ditambah dengan racun dalam tubuh, membuat kuku kaki menjadi sarang pertumbuhan jamur.

10. Rambut rontok

Rambut rontok. (BRIGHTSIDE)

Rambut rontok biasanya disebabkan oleh racun seperti arsenik, timbal, dan talium (dalam asap rokok) dan racun-racun lain yang dapat mematikan. Maka jangan anggap sepele kerontokan rambut.

BRIGHTSIDE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments