hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

8 April 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia yang sering dipakai sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa. Sedangkan di Indonesia cengkeh juga sering digunakan sebagai campuran rokok kretek. Tapi tahukah kamu cengkeh ternyata enggak cuma bisa dipakai untuk bahan masakan dan campuran rokok saja?

 Cengkeh ternyata juga punya banyak khasiat untuk kesehatan lho buat yang sering mengonsumsinya. Berikut beberapa khasiat cengkeh untuk kesehatan.

1Menguatkan sistem imun

Menguatkan sistem imun. (BRIGHTSIDE)

Cengkeh ternyata bisa menguatkan sistem imun kamu. Karena ternyata cengkeh dapat meningkatkan jumlah sel darah putih di dalam tubuh. Hal ini juga secara otomatis dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi.  

2Melancarkan pencernaan

Melancarkan pencernaan. (BRIGHTSIDE)

Manfaat lainnya cengkeh dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Hal ini karena cengkeh kaya dengan serat yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Kamu bisa mengonsumsi cengkeh yang berbentuk bubuk atau dipanggang dengan madu.

3Menyehatkan hati

Menyehatkan hati. (BRIGHTSIDE)

Kamu harus tahu juga nih cengkeh juga punya manfaat lain untuk hati. Kandungan Eugenol dalam minyak cengkeh bisa meningkatkan fungsi hati.

4Mengurangi nyeri dan peradangan

Mengurangi nyeri dan peradangan. (BRIGHTSIDE)

Selain meningkatkan fungsi hati, kandungan Eugenol dalam cengkeh juga berkhasiat sebagai analgesik dan anti peradangan. Ketika mengalami sakit kepala, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara mencampurkan bubuk cengkeh dan garam dengan segelas susu.

Kalau kamu mau memakai cengkeh sebagai obat luar juga bisa loh. Caranya cukup rendam cengkeh dalam minyak kelapa, lalu pijatkan ke area pelipis.

5Mengandung anti bakteri

Mengandung anti bakteri. (BRIGHTSIDE)

Sebuah studi di Universitas Buenos Aires mengatakan jika ternyata minyak cengkeh sangat efektif untuk melawan bakteri E. Coli dan Staphylococcus. Kamu juga bisa menggunakan cengkeh sebagai obat kumur herbal loh.

6Membantu mengontrol gula darah

Membantu mengontrol gula darah. (BRIGHTSIDE)

Cengkeh juga ternyata sangat bermanfaat untuk kamu yang bermasalah dengan gula darah, seperti diabetes. Tanaman ini dapat berperan sebagai insulin di dalam tubuh.

Kandungan dalam cengkeh dapat membantu untuk memindahkan kelebihan gula dalam darah ke dalam sel. Yang akan mengembalikan keseimbangan gula darah kamu.

7Mencegah penggumpalan darah

Mencegah penggumpalan darah. (BRIGHTSIDE)

Ada manfaat lain kandungan Eugenol pada cengkeh yang wajib kamu ketahui.  Eugenol ternyata juga dapat mencegah penggumpalan darah. Tetapi, harus kamu ketahui juga nih kalau cengkeh enggak baik dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah.

 

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments