hero
(SMILES FIRST CORNWALL) (SHEKNOWS)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

4 April 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Di dunia ini ada banyak sekali jenis vitamin, namun tetap saja banyak orang di berbagai negara yang mengalami defisiensi vitamin. Meski begitu, enggak berarti juga kamu bisa mengonsumsi vitamin dalam dosis sembarangan.

Intinya, pola makan yang cukup dan benar saja sebenarnya sudah cukup mengasup vitamin yang dibutuhkan tubuh. Berikut beberapa tanda yang ditunjukkan tubuh jika kamu mengalami kekuarangan vitamin seperti dilansir dari Brightside.

1Rambut rontok

Rambut rontok. (BRIGHTSIDE)

Jangan terlalu sering mengonsumsi putih telur yang enggak matang. Karena bisa menyebabkan tubuh kekurangan vitamin B7 atau biotin.

Putih telur mentah mengandung avidin yang menghalangi kemampuan tubuh untuk mencerna biotin. Untuk meningkatkan vitamin B7, makanlah lebih banyak kacang almon, kedelai, kentang yang dihaluskan atau dipanggang, dan pisang.

2Keram

Keram. (BRIGHTSIDE)

Sering keram menjadi tanda kekurangan kalsium, magnesium, dan kalium. Ini terjadi kalau kamu terlalu banyak olahraga. Karena ketika kamu berkeringat, banyak mineral yang keluar dari tubuh. Makanlah lebih banyak kacang, seperti almon dan hazelnut. Lalu labu, pisang, dan apel.

3Wajah kemerahan

Wajah kemerahan. (BRIGHTSIDE)

Ini disebabkan kurangnya vitamin B7 atau biotin. Tubuh menyimpan banyak vitamin A, E, K, dan D yang larut dalam lemak. Tetapi vitamin B perlu dipulihkan secara konstan.

Kamu dapat meningkatkan jumlah asupan biotin hanya dengan mengubah asupan makanan. Makanlah jamur, kentang, keju, telur rebus, bayam, dan kembang kol.

4Kesemutan

Kesemutan. (BRIGHTSIDE)

Ini disebabkan kamu kurang asupan vitamin B6, B12, dan B9 atau asam folat. Vitamin ini mempengaruhi blok nutrisi yang digunakan untuk produksi sel darah sehat. Yang diperlukan untuk mengangkut oksigen ke sel. Makanlah lebih banyak kacang, jeruk, makanan laut dan unggas.

5Benjolan di tangan dan pinggang

Benjolan di tangan dan pinggang. (BRIGHTSIDE)

Benjolan yang tampak seperti jerawat ini muncul karena kekurangan vitamin A, D, dan asam lemak. Cobalah untuk mengurangi jumlah lemak trans yang dikonsumsi. Kamu harus perbanyak makan ikan salmon dan kacang. Jangan lupa vitamin A juga ada dalam sayuran seperti wortel atau paprika merah.

6Bagian putih mata menguning

Bagian putih mata menguning. (BRIGHTSIDE)

Ini tanda kekurangan vitamin B12. Kamu butuh lebih banyak asupan B12 yang bisa ditemukan dalam daging sapi, hati ayam, susu, salmon, tuna, dan daging kambing.

7Jaringan gigi menguning

Jaringan gigi menguning. (BRIGHTSIDE)

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D sering menderita periodontitis. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin D sangat penting untuk kesehatan gigi. Makanlah produk susu, beras merah, tomat, kacang, ikan, jeruk, dan anggur.

8Bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah. (BRIGHTSIDE)

Retak di sudut-sudut mulut menandakan bahwa tubuh kekurangan vitamin B3, B2, dan B12 yang kaya akan zat besi dan seng. Cobalah makan lebih banyak unggas, salmon, telur, dan kacang. Gabungkan juga dengan sayuran, karena vitamin C membantu melawan infeksi dan meningkatkan metabolisme zat besi.

 

BRIGHTSIDE| HEALTHLINE| LIVE STRONG

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments