hero
(5FUNFACTS)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

2 April 2019, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Singgah ke negara-negara orang, enggak melulu cari tahu soal tempat wisata dan kulinernya saja. Ada baiknya kamu juga perlu mengetahui kehidupan sosial, ekonomi, dan gaya hidup masyarakatnya. Salah satu hal yang bisa kamu kepoin adalah biaya huniannya. Siapa tahu, dari hanya sekedar berwisata, suatu saat nanti kamu bisa memiliki kesempatan untuk bisa berinvestasi di negara tersebut.

Ya, bicara mengenaik tempat tinggal, sebagian orang menginginkan untuk memiliki sebuah rumah mungil yang nyaman. Sedangkan sebagian lagi menginginkan tinggal di sebuah rumah besar yang dekat dengan laut.

Nah, saat ini enggak sulit untuk mewujudkan rumah impian di sejumlah negara tertentu. karena beberapa rumah bahkan dijual hanya $1 atau sekitar Rp14.232, dan atau setara semangkuk bakso, bahkan ada yang diberikan secara gratis lho.

Terlepas dari fakta itu, harga rumah di perumahan saat ini sangat mahal. Tetapi ada beberapa alternatif apalagi untuk mereka yang memiliki budget pas-pasan. Berikut sejumlah tempat yang menjual rumah dengan harga yang sangat murah.

1Roubaix, Perancis

Roubaix, Perancis. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu menyukai Perancis, mungkin kamu akan menyukai sebuah kota kecil yang terletak di Utara Perancis bernama Roubaix. Kota yang dekat dengan Belgia memiliki ekonomi yang stabil dan juga sangat cepat berkembang.

Di kota ini kamu dapat membeli sebuah rumah kecil dengan harga $1. Tapi, Kalau ingin membeli rumah di sana, kamu diharuskan untuk tinggal di rumah tersebut, seenggaknya 5 tahun.  Serta, menginvestasikan waktu dan uang untuk merenovasi properti yang ditinggalkan.

2Tokyo, Jepang

Tokyo, Jepang. (BRIGHTSIDE)

Bahkan di kota yang katanya sudah kelebihan populasi ini banyak sekali rumah kosong. Menariknya lagi, pemiliknya bersedia untuk memberikan properti mereka secara cuma-cuma kalau mereka enggak membutuhkannya lagi.

Hal ini karena ada takhayul unik di Jepang,  yang mengatakan jika sebuah rumah pernah mengalami bencana atau kejahatan, maka rumah itu berarti dikutuk. Kepercayaan ini enggak hanya berlaku di Tokyo, tapi menyebar ke seluruh Jepang.  Jadi, enggak hanya di Tokyo kamu bisa menemukan rumah yang sangat murah di Jepang.

3Okutama, Jepang

Okutama, Jepang. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu adalah orang yang menyukai alam dan ketenangan, di Jepang juga ada tempat lain yang bisa kamu tinggali. Okutama adalah kota yang dipercaya memiliki banyak hantu. Namun, kota ini memiliki pemandangan yang luar biasa.

Otoritas lokal di sana mengatakan bahwa mereka menyadari banyak anak muda yang tertarik pada tempat yang sunyi. Mereka juga mendesain sebuah program spesial untuk membuat Okutama menjadi lebih populer. Ada persyaratan khusus yang harus kamu penuhi jika ingin tinggal di sana.

Hanya orang yang berumur 43 tahun ke bawah yang boleh tinggal di sana. Peraturan lainnya yang enggak kalah unik adalah, kamu harus tinggal di sana selama 22 tahun kalau kamu ingin memilikinya.

4Buffalo, Amerika Serikat

Buffalo, Amerika Serikat. (BRIGHTSIDE)

Di Buffalo mereka memiliki kualifikasi jika kamu mau membeli properti dengan harga $1. Program tersebut bernama The Urban Homestead Program. Ya, program ini sudah cukup umum di Amerika Serikat, apalagi ketika ada tanah kosong.

Kalau kamu tertarik untuk tinggal di Buffalo, kamu harus seenggaknya menghabiskan waktu 3 tahun dan menginvestasikan sejumlah uang untuk renovasi. Tujuan dari program ini adalah agar pemerintah dapat membuat kota Buffalo menjadi lebih baik. Tanpa harus menginvestasikan banyak uang.

5Detroit, Amerika Serikat

Detroit, Amerika Serikat. (BRIGHTSIDE)

Kota yang merupakan kampung halaman rapper kenamaan, Eminem ini, sudah mengalami keadaan ekonomi stagnan yang cukup lama. Selain itu, kota ini juga identik dengan pengangguran, bangkrut, kriminal dan lain-lainnya. Namun, di tengah kesulitan yang menerpa kota ini beberapa orang memanfaatkannya untuk membeli properti dengan harga murah.

Penduduk Detroit sendiri telah kehilangan harapan bahwa kota mereka akan pulih kembali. Jadi sekarang, mereka mulai menjual properti dengan harga yang sangat murah. Masalahnya adalah enggak ada yang membutuhkan properti tersebut kecuali tunawisma.

6Liverpool, Inggris

Liverpool, Inggris. (BRIGHTSIDE)

Kota yang terletak di Inggris ini mulai ditinggalkan para penduduknya. Hal ini dikarenakan cepatnya perkembangan di Ibukota. Bahkan menurut statistik, sudah sekitar 200.000 rumah kosong sekitar 6 bulan belakangan. Oleh karena itu, pemerintah mencoba untuk membuat orang-orang pindah ke pinggiran Kota Liverpool untuk menempati rumah yang sudah ditinggalkan.

Jika kamu tertarik, peraturannya tapi cukup ketat. Salah satunya, kamu harus menjadi penduduk kota dan meninggali rumah tersebut setidaknya 5 tahun. Selain itu, kamu harus melakukan renovasi sesuai dengan standard kota.

7Candela, Italia

Candela, Italia. (BRIGHTSIDE)

Satu lagi, jika kamu merasa ragu-ragu untuk membeli rumah seharga $1. Maka mungkin kamu akan berubah pikiran kali ini, karena pemerintah Candela bahkan rela membayar kamu dan keluarga kalau mau pindah ke sana.

Penurunan jumlah penduduk terjadi secara drastis. Bayangin saja di tahun 1990 kota Candela dihuni sekitar 9,000 penduduk, tetapi pada  2019 hanya tinggal ada 2,700 penduduk saja. Lagi-lagi, penyebabnya adalah karena banyak penduduk mencari peruntungan di kota yang lebih besar.

 Imbasnya, Candela berhenti berkembang secara ekonomi. Parahnya lagi, pengangguran juga meningkat.  Walaupun begitu, otoritas kota yakin mereka mampu untuk mengembalikan Candela seperti dahulu.

Tapi, kalau kamu tertarik pindah ke sana kamu harus menjadi penduduk permanen Candela. Dan harus memiliki pemasukan seenggaknya $ 7,500/tahun atau Rp106.740.000. Kalau kamu pindah ke sana sendirian kamu akan mendapatkan $800 atau sekitar 11 juta rupiah. Tetapi kalau kamu pindah ke sana sekeluarga kamu akan mendapatkan $2,000 atau Rp28.464.000.

BRIGHTSIDE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments