hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

29 Maret 2019, 08:45 WIB

KOREA SELATAN

Kimchi, jjajangmyeon, ramyeon! Rangkaian kuliner khas Korea yang jadi favorit banyak orang. Namun, sama halnya dengan negara lain, agar lebih mantap, kamu juga enggak boleh melewatkan aneka kuliner unik Korea, loh. Ada sannakji, hidangan gurita yang disajikan hidup-hidup, ada juga bubur susu yang sudah aad sejak era Joseon hingga pupa ulat sutera sebagai camilan! Nah, berikut referensi kuliner unik yang harus kamu cicipi di Korea.

1. ​Kknatnip

Kknatnip alias daun perila.

Kknatnip atau daun perila memiliki aroma dan tekstur yang sering membuat orang asing merasa aneh. Namun,  daun perila ini sangat populer dan mudah ditemukan dalam masakan Korea, juga sering disajikan sebagai hidangan pendamping.

2. Mideodok

Mideodok alias sea squirt. 

Makanan laut lain sangat populer di Korea ialah mideodok alias sea squirt. Meskipun terlihat tidak menarik, sea squirt memilliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya ialah mengurangi kemungkinan tekanan darah tinggi dan memperlancar aliran darah. Hidangan ini hanya dapat ditemui di Korea, karena Korea merupakan satu-satunya negara yang menyajikan sea squirt sebagai makanan.

3. Tarakjuk

Bubur susu.

Tarakjuk biasanya lebih dikenal dengan nama bubur susu. Bubur ini dibuat dengan cara merebus beras halus dengan susu. Dulu makanan ini hanya disajikan untuk penguasa di jaman Joseon karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sekarang Tarakjuk dapat dinikmati oleh siapa saja tanpa terkecuali

4. ​Sannakji

Sannakji alias gurita hidup.

Yup, kamu pasti sudah tau, kalau orang Korea sangat menyukai makanan laut. Karena itulah,  banyak macam olahan kuliner yang memiliki bahan dasar makhluk laut. Salah satu olahan yang paling populer adalah sannakji. Sannakji adalah hidangan yang menyajikan gurita yang masih hidup. Gurita hidup bisa disajikan utuh atau dipotong-potong. Namun, yang harus kamu waspadai tentakel gurita tersebut biasanya masih bergerak-gerak saat disajikan. Biasanya sannakji dihidangkan dengan perpaduan wijen, minyak wijen, daun bawang dan saus ringan.

5. Kanjang Kejang

Asinan kepiting mentah.

Asinan bukanlah jenis hidangan yang asing lagi, tapi bagaimana jika yang diasinkan adalah makanan mentah? Rupanya Korea adalah satu-satunya negara yang memiliki asinan dari makanan mentah, tepatnya kepiting mentah, menu ini disebut Kanjang Kejang. Kepiting mentah diasinkan menggunakan kecap asin. Meskipun terdengar aneh, Kanjang Kejang merupakan salah satu makanan yang sangat populer di Korea karena keunikan tekstur dan rasanya.

6. ​Gobaegi

Oalhan siput khas di Korea.

Hidangan selanjutnya adalah gobaengi yang memiliki bahan dasar siput! Bahkan saking populernya makanan ini, jumlah siput yang ada di Korea tidak dapat menutupi banyaknya permintaan! Hidangan populer ini biasanya disajikan dalam salad pedas dengan campuran daun bawang, bawang, wortel, dan ketimun.

7. Dotori Muk

Agar-agar dari biji pohon ek.

Makanan yang mengandung gelatin memang sangat populer di seluruh penjuru Asia, tapi Korea merupakan satu-satunya negara yang membuat agar-agar dari bubuk biji pohon ek. Bahkan tidak banyak negara yang menggunakan biji pohon ek sebagai bagian dari masakan mereka. Faktanya, banyak orang di penjuru dunia yang mengasosiasikan biji pohon ek dengan makanan tupai. Bagaimanapun juga, agar-agar biji pohon ek sangat populer di Korea. Biasanya makanan ini disajikan sebagai hidangan pendamping yang dilumuri dengan kecap.

8. Beondagi

Pupa ulat sutera. 

Beondagi merupakan salah satu makanan ringan yang mudah ditemukan di Korea. Bondaegi merupakan pupa ulat sutera yang direbus atau dikukus dan biasanya disajikan dengan alcohol. Meskipun terdengan menjijikan, tapi makanan ini tidak terasa menjijikan sama sekali. Bahkan Bondaegi ada yang dijual dalam bentuk kemasan kaleng dan diimpor ke luar Korea.

KOREA BOO | TRIPZILLA

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments