hero
(BEN GREENFIELDS FITNESS)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

12 Maret 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Enggak sedikit orang mengalami sembelit dan menganggapnya sebagai penyakit. Jangan salah, sembelit sejatinya adalah gejala, bukan penyakit itu sendiri.

Meski sering dianggap sepele, sembelit bisa jadi gejala penyakit lain yang lebih serius. Seperti hipotiroidisme, diabetes, kanker usus besar, diverticulitis, radang usus, dan sebagainya. Bahkan, di Amerika Serikat, penderita sembelit atau konstipasi bisa menghabiskan uang sampai US$250 juta hanya untuk mengatasi gejala penyakit ini.

Metode pengobatan sembelit memang bergantung pada penyebab durasi seseorang mengalaminya. Namun, ada sejumlah tips sederhana yang dapat kamu lakukan dengan mudah di rumah. Untuk mengatasi maupun mencegah sembelit. Tetapi ingat, jika kamu sudah mengalami gejala ini berkepanjangan, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

1Air putih

Air putih. (BRIGHTSIDE)

Sembelit terjadi karena dehidrasi di usus besar. Menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik berarti lebih banyak air yang terjaga di usus besar sehingga membuat tinja lebih lunak dan keluar lebih mudah. Dianjurkan untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari agar metabolisme tubuh bekerja dengan lancar. 

2Yoghurt

Yoghurt. (BRIGHTSIDE)

Probiotik, bakteri menguntungkan yang ditemukan dalam yoghurt, dapat meringankan masalah pencernaan.

3Pisang

Pisang. (BRIGHTSIDE)

Pisang mentah dapat menyebabkan sembelit, tapi sebaliknya, pisang matang dapat membantu meringankan sembelit. Jadi, jika kamu menderita sembelit, makanlah pisang matang. Tetapi jika sering buang air besar, makanlah pisang yang belum matang.

4Plum kering

Plum kering. (YOUTUBE)

Mengonsumsi buah plum kering dapat meringankan sembelit. Plum kaya akan serat dan sorbitol, yang merupakan pencahar alami.

Anak-anak yang enggak menyukai rasa buah plum dapat makan es buah plum. Atau meminum jus plum yang dicampur dengan jus lain untuk menyembunyikan rasanya.

 

5Akupresur

Akupresur. (BRIGHTSIDE)

The Conception Vessel 6 terletak pada 3 jari di bawah pusar. Untuk merangsang ususmu, gunakan jari-jari untuk menekan kuat area ini selama 30 detik. Ketika kamu merangsang, tutup matamu dan bernafaslah dengan normal.

6Aromaterapi

Aromaterapi. (BRIGHTSIDE)

Lemon, jeruk, rosemary, kemangi manis, adas, dan peppermint adalah aroma terbaik untuk mengatasi sembelit.

7Olahraga

Olahraga. (BRIGHTSIDE)

Rutin berjalan kaki selama 10 hingga 15 menit sehari dapat secara signifikan meningkatkan efektivitas sistem pencernaan.

 

BRIGHTSIDE| ACUPRESSURE| NCBI

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments