hero
(PIXABAY)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

11 Maret 2019, 07:50 WIB

INDONESIA

Kanker merupakan penyakit yang menakutkan bagi banyak orang. Pada dasarnya, kanker adalah penyakit yang menyebabkan sel di dalam tubuh tumbuh abnormal akibat berbagai faktor.

Di antaranya, faktor adanya virus, kebiasaan merokok, terpapar zat kimiawi, terpapar sinar matahari berlebih. Hingga konsumsi alkohol dapat menjadi beberapa penyebab kanker.

Makanan yang kaya akan antioksidan, mineral, dan vitamin diyakini mampu melawan kanker. Mengonsumsi makanan-makanan tersebut dapat mencegahmu dari bahaya kanker, terutama jika saat ini kamu mengalami kelebihan berat badan. Cobalah diet dan seimbangkan pola makan dengan makanan-makanan yang lebih bernutrisi.

1Allium

Bawang putih, salah satu bahan makanan antikanker yang mengandung zat allium. (PIXABAY)

Bawang putih adalah salah satu sumber zat allium terbaik. Allium memiliki efek anti tumor, antimikroba, dan membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Bawang putih juga membunuh H. pylori, bakteri yang terkait dengan kanker lambung. Bawang putih dapat mengurangi risiko kanker usus besar, kerongkongan, pankreas dan payudara.

2Glukosinolat

Brokoli, salah satu bahan makanan antikanker yang mengandung zat glukosinolat. (PIXABAY)

Sayuran seperti kol, kangkung, kembang kol dan brokoli mengandung glukosinolat. Zat ini mengaktifkan enzim, seperti sulforaphane, saat mereka melewati usus. Sulforaphane melawan H. pylori dan mendetoksifikasi polutan lingkungan.

Brokoli dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker. Mulai dari kanker prostat, paru-paru, usus besar, payudara, kandung kemih, hati, leher, kepala, mulut, kerongkongan, dan kanker perut.

3Likopen

Tomat, salah satu bahan makanan antikanker yang mengandung zat likopen. (PIXABAY)

Likopen adalah karoten yang memiliki warna merah cerah. Likopen dapat mengurangi risiko kanker prostat, menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara, paru-paru, dan endometrium dalam tes laboratorium.

Tomat adalah sumber likopen yang fantastis. Dengan memasak atau mengolahnya membuat likopen semakin tersedia bagi tubuh. Tambahkan beberapa tomat ke olahan brokoli dan bawang putih mu juga.

4Asam ellagic

Stroberi, salah satu bahan makanan antikanker yang mengandung zat asam ellagic. (PIXABAY)

Asam ellagic adalah polifenol dengan sifat antioksidan. Tumbuhan menghasilkan asam ellagic sebagai pertahanan melawan infeksi. Asam ellagic muncul paling efektif melawan kanker kulit, kandung kemih, paru-paru, kerongkongan dan payudara.

Pilih stroberi, anggur, blackberry, raspberry, cranberry, delima, jambu biji, pecan, dan kenari. Selain sebagai sumber vitamin C, buah-buahan ini juga kaya akan asam ellagic.

5Beta-karoten

Wortel, salah satu bahan makanan antikanker yang mengandung beta-karoten. (PIXABAY)

Karoten lain yang dibutuhkan untuk melawan kanker adalah beta-karoten. Kamu mungkin mengenalnya sebagai wortel, tetapi buah atau sayuran berwarna merah, kuning atau oranye mengandung beta-karoten. Sebagai antioksidan, beta-karoten melindungi membran sel dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Beta-karoten dapat melindungimu dari kanker serviks, payudara, mulut, faring dan laring, kerongkongan, dan perut. Zat tersebut terdapat di wortel, aprikot, brokoli, asparagus, jeruk bali, daun bawang, kangkung, bawang dan kentang manis.

6 Lutein

Bayam, salah satu bahan makanan antikanker yang mengandung zat lutein. (PIXABAY)

Lutein, juga jenis karoten, ditemukan dalam sayuran berdaun hijau gelap, terutama bayam. Lutein penting untuk penglihatan, tetapi dapat melindungi dari kanker kerongkongan, ovarium, endometrium, paru-paru, dan kolorektal.

Sayuran ini kaya serat dan mengandung folat. Keduanya diketahui dapat melawan kanker.

7Serat

Roti gandum, salah satu bahan makanan antikanker yang mengandung serat. (PIXABAY)

Serat membantu mengeluarkan limbah tubuh melalui usus dan membawa racun bersamanya. Dengan makan lebih banyak serat, kamu membersihkan usus lebih cepat. Serat juga membantumu merasa kenyang lebih lama dan penting untuk menurunkan berat badan. Serat dikaitkan dengan penurunan kanker kolorektal.

Salah satu sumber serat yang sangat baik adalah biji-bijian. Jika kamu makan roti, makanlah roti gandum. Roti putih hampir enggak memiliki serat dan diperlakukan sebagai gula dalam tubuh.

8Tanin

Teh hijau, salah satu bahan makanan antikanker yang mengandung zat tanin. (PIXABAY)

Salah satu polifenol yang sangat penting adalah tanin. Zat ini memiliki sifat melawan kanker, antivirus, antibakteri, dan anti-jamur. Teh hijau sangat kaya akan tanin dan telah terbukti mengurangi gula darah dan kadar insulin. Itu membuatnya sangat baik untuk mendukung penurunan berat badan.

Cobalah minum teh hijau setiap kali makan. Ini adalah cara mudah untuk membuatmu tetap terhidrasi dan memiliki banyak manfaat lain. Sumber lain termasuk kopi, delima, kesemek, cranberry, stroberi, blueberry, anggur, dan 70% cokelat kakao.

9Selenium

Ikan, salah satu bahan makanan antikanker yang mengandung zat selenium. (PIXABAY)

Selenium adalah antioksidan yang mengurangi beberapa jenis kanker. Ini melindungimu dari logam seperti merkuri, kadmium, perak, dan memperlambat pertumbuhan tumor. Studi menunjukkan bahwa selenium melawan kanker esofagus, paru-paru, hati, dan lambung.

Karena selenium bisa beracun, berhati-hatilah dalam mengonsumsi suplemen. Ikan, daging sapi, dan ayam yang mengandung selenium. Pastikan memilih daging tanpa lemak untuk mendorong penurunan berat badan.

10Vitamin E

Mangga, salah satu buah antikanker yang mengandung vitamin E. (PIXABAY)

Studi menunjukkan bahwa vitamin E melindungi tubuh terhadap kanker jika dimakan sebagai makanan, bukan dikonsumsi sebagai suplemen. Cara termudah untuk mendapatkan vitamin E adalah memilih minyak goreng dengan hati-hati.

Minyak gandum, minyak bunga matahari, dan minyak safflower adalah sumber yang sangat baik. Alpukat, mangga, dan beri juga sangat baik. Mengandung banyak sifat melawan kanker lainnya. Minyak sehat juga membantu menurunkan berat badan.

 

FOOD EAT SAFE| TUFTS NOW

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments