hero
(Business Pro)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

7 Maret 2019, 17:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Bagi kamu yang tidak memiliki naluri bisnis, maka mencari kerja adalah salah satu pilihan yang ditempuh setelah lulus kuliah. Nah, sebagian fresh graduate, menyusun CV dan mendapat pekerjaan adalah urusan yang tricky. Minimnya pengalaman kerja membuat banyak perusahaan tidak sembarangan dalam  menerima calon karyawan fresh graduate, apalagi untuk tingkat asisten manajer ke atas. 

Ada cara untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan tapi belum tentu diterima kalau surat lamaran dan CV kamu jelek. Lalu bagaimana menyusun CV dan surat lamaran yang baik sehingga perusahaan terpikat? Berikut tipsnya:

1. Riset Perusahaan yang Kamu Lamar

 

Meneliti calon perusahaan yang akan kamu lamar adalah langkah pertama yang penting. Kamu harus mengetahui dengan benar perusahaan tersebut berbisnis di bidang apa, target konsumen atau kliennya seperti apa. Selain itu juga produk dan jasanya bagaimana serta apa saja yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan dari perusahaan tersebut.

2. Mengajukan Idemu untuk Calon Perusahaan

 

Tulis ide atau strategi kamu bagaimana meningkatkan kreativitas, produksi dan efisiensi perusahaan yang kamu lamar. Ide atau strategi yang inovatif dan realistis bisa ditulis di paragraf awal surat lamaran. Surat lamaran pun tidak perlu panjang-panjang. Cukup tiga sampai empat paragraf saja dalam satu lembar.
 

3. Jelaskan Kemampuanmu yang Tidak Biasa di CV


Jangan lagi menulis kamu bisa menggunakan komputer, bahasa Inggris atau pekerja keras karena deskripsi tersebut sudah basi. Beberapa hal tersebut memang kemampuan dasar karyawan yang mesti dimiliki.

Tulis kemampuan kamu yang tidak biasa, misal mahir bahasa Cina atau piawai dengan desain grafis. Bisa juga pengalaman kegiatan sosial kamu, seperti menjadi relawan banjir atau pengajar di rumah singgah bagi anak-anak jalanan.
 

4. Susun CV Kamu dengan Menarik, Singkat dan Jelas

 

CV tidak perlu berlembar-lembar. Cukup identitas pribadi, email dan telepon yang bisa dihubungi, pendidikan terakhir serta kemampuan yang tidak biasa. Jangan lupa buat layout dan desain CV kamu dengan menarik, mudah dibaca dan menonjolkan kelebihan kamu. Selain itu juga jangan typo.

5. Gunakan ‘Subject Email’ yang Memancing HRD

 

Bila kamu mengirim lamaran kerja menggunakan email, maka gunakan ‘Subject Email’ yang membuat HRD tertarik meng-klik surat elektronik kamu. Ingat, jangan memakai kata atau kalimat yang tidak sopan untuk ‘Subject Email’.

6. Gunakan Nama akun Email yang Pantas


Jangan memakai nama akun email yang terkesan alay, memakai nama binatang, tumbuhan, produk atau tokoh tertentu. Pakai nama kamu atau singkatan nama kamu.

7. Pasang Foto Menarik dan Sopan


Foto untuk melamar kerja harus yang menarik dan sopan. Gunakan pas foto saat kamu tersenyum. Jangan foto ketika kamu liburan di pantai, menunjukkan ekspresi seperti ABG centil atau pose-pose tidak senonoh.
 
BERBAGAI SUMBER

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments