hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

19 Februari 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Urusan menjaga berat badan memang enggak ada habisnya dibahas. Buat yang berat badannya sudah ideal, harus tetap menjaga gaya hidup agar tetap ideal. Sedangkan yang berat badannya berlebih, mau enggak mau harus mengubah gaya hidup agar mendapat berat badan ideal. Sayangnya, kadang niat mengubah gaya hidup terhalang sejuta alasan. Nah, sebenarnya ada beberapa tips sederhana yang enggak butuh usaha ekstra untuk menurunkan berat badan secara perlahan.

1. Lebih banyak bergerak

Kerjakan pekerjaan di rumah sendiri. (BABY CENTER)

Prinsip utama turunnya berat badan sangat sederhana, yaitu kalori yang dibakar harus lebih besar dari yang dikonsumsi. Latihan fisik dapat membantu banyak, namun seringkali kita malas melakukannya. Nah, agar enggak terasa seperti rutinitas, coba deh lakukan pekerjaan rumah sehari-hari sendiri. Tanpa sadar kita sudah banyak bergerak kan? Atau sambil nonton tv, coba sambil melakukan squat atau plank.

2. Minum air dingin

Satu gelas air dingin menghilangkan 8-15 kalori. (BRIGHTSIDE)

Jika tidak ada kontraindikasi, minumlah air dingin. Minum air dingin akan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori. Tubuh akan kehilangan sekitar 8-15 kalori jika minum satu gelas air, dan jumlah total kalori yang hilang pada siang hari akan sangat signifikan. Bahkan ada yang disebut "diet es" yang menyarankan untuk makan makanan dingin sehingga tubuh harus menghangatkannya dan menghabiskan lebih banyak kalori.

3. Berjalan kaki singkat

Biasakan berjalan kaki yuk. (BRIGHTSIDE)

Tidak sulit untuk berjalan lebih banyak. Parkirkan mobil beberapa blok jauhnya dari kantor atau berjalan-jalan setelah makan siang di hari yang cerah. Tindakan ini membakar kalori dan meningkatkan kerja pembuluh darah. Ubah kegiatan ini menjadi ritual sehari-hari dan rasakan tubuh mulai merasa lebih baik.

4. Sajikan makanan di piring yang lebih kecil

Gunakan piring yang lebih kecil saat makan. (BRIGHTSIDE)

Salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi porsi makan. Sebenarnya mudah menipu mata dan perut. Potong makanan kecil-kecil dan sajikan dalam piring yang lebih kecil sehingga porsi terlihat lebih besar.

5. Konsumsi apel

Konsumsilah apel 15 menit sebelum makan. (BRIGHTSIDE)

Apel, terutama yang asam, merangsang produksi asam lambung dan meningkatkan nafsu makan. Tetapi mereka memiliki efek yang luar biasa: jika kita mengonsumsi apel 15 menit sebelum makan, jumlah total kalori per hari berkurang hingga 150-200 kalori. Beberapa ahli gizi mengatakan bahwa kita makan lebih sedikit karena perut kita sudah kenyang sebagian, yang lain mengatakan bahwa itu semua karena tingginya jumlah serat dalam apel yang mempercepat metabolisme.

6. Atur camilan secara perlahan

Pilih salah satu camilan yang paling kamu suka saja, lalu kurangi porsinya. (BRIGHTSIDE)

Makanan manis sebagai camilan tentu sulit jika langsung dihilangkan begitu saja dari menu kita. Untuk mengatasinya, enggak perlu drastis langsung menghindari makanan tersebut. Coba dimulai dengan memilih camilan yang paling disukai, lalu kurangi porsinya perlahan. Misalnya antara coklat dan muffin, kamu lebih susah meninggalkan coklat. Maka pilihnya coklat sebagai camilan, tapi kurangi porsinya.

7. Tambahkan rempah dalam makanan dan minuman

Tambahkan aneka rempah dalam makanan dan minuman. (BRIGHTSIDE)

Rempah memilik banyak dampak positif, terutama untuk metabolisme tubuh kita. Karena itu, jangan lupa tambahkan aneka rempah dalam masakan kita untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Rempah yang bisa kita pakai adalah kayu manis, kunyit, lada merah dan jahe. Kayu manis bermanfaat untuk menurunkan gula darah. Jahe bermanfaat untuk memperbaiki kulit dan memiliki pengaruh besar pada pencernaan. Lada merah untuk meningkatkan kerja pembuluh darah dan mengurangi retensi air. Sedangkan kunyit bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kerja kantong empedu.

8. Konsumsi vitamin yang meningkatkan metabolisme

Vitamin D, ampuh mempercepat metabolisme. (BRIGHTSIDE)

Mengapa lebih mudah menurunkan berat badan di musim panas? Itu terjadi karena di musim panas, tubuh kita kaya vitamin D yang mempercepat metabolisme kita. Jika musim hujan datang, sertakan vitamin D dalam makanan dengan makan lebih banyak ikan, mentega, hati ikan cod, dan telur. Ngomong-ngomong, jangan lupa tentang kromium yang dapat menurunkan kadar insulin dan mengurangi nafsu makan. Ikan, bawang perai, makanan laut, lentil, dan kacang-kacangan adalah sumber kromium yang baik.

9. Manfaatkan fitur warna

Gunakan piring biru tua. (BRIGHTSIDE)

Ternyata warna memiliki dampak pada selera makan kita, dan warna yang paling tidak menyenangkan adalah biru tua. Dikatakan bahwa makanan terlihat kurang menggoda di piring biru dan karenanya membuat kita makan lebih sedikit. Warna lain juga memiliki fitur sendiri. Pink dianggap sebagai yang paling harum dan dapat meningkatkan aroma pencuci mulut. Piring putih dianggap netral, sementara oranye dan kuning dapat meningkatkan nafsu makan.

10. Aroma yang membantu menurunkan berat badan

Aroma buah tertentu berpengaruh pada nafsu makan. (BRIGHTSIDE)

Beberapa aroma berdampak pada nafsu makan. Bahkan ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa orang yang menghirup aroma peppermint, apel, pisang, dan grapefruit ingin makan lebih sedikit. Terlebih lagi, beberapa aroma bunga juga memengaruhi selera kita. Termasuk aroma lavender, mawar, dan melati. Dikatakan bahwa mereka dapat mengendalikan nafsu makan kita dan membuat kita merasa bahagia dan tenang.

Coba lakukan tips di atas untuk perlahan mengikis berat badan yang berlebih. Ingat ya, ini untuk penurunan berat badan secara perlahan, bukan mendadak kurus. Jadi harus sabar.

BRIGHTSIDE | HEALTH

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments