hero
(ANUNG ANINDITO)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

15 Februari 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kabar duka menyelimuti Presiden Republik Indonesia ke-6 , Susilo Bambang Yudhoyono dan keluarga. Sang istri, Ibu Ani Yudhoyono harus menjalani pengobatan di Singapura karena mengidap kanker darah.

Kanker darah sendiri merupakan jenis kanker sistem hematopoietik dan limfatik. Di mana jaringan tumor tumbuh di sumsum tulang menggantikan sel-sel sehat dengan yang abnormal.

Kondisi tersebut menyebabkan adanya peningkatan pendarahan, hingga pengembangan komplikasi infeksi. Proses patogenik yang berkembang di sumsum tulang belakang biasanya memengaruhi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Kanker darah merupakan jenis kanker sistem hematopoietik dan limfatik. Di mana jaringan tumor tumbuh di sumsum tulang menggantikan sel-sel sehat dengan yang abnormal. (MAXRESDEFAULT)

Setiap sel darah memiliki fungsi tertentu di dalam tubuh. Sel darah merah berfungsi mengantarkan oksigen ke organ dan jaringan tubuh. Sel darah putih atau leukosit terlibat dalam memerangi infeksi di dalam tubuh. Sementara, trombosit berperan mencegah pendarahan maupun dalam proses pembekuan darah.

Kanker darah terjadi karena adanya mutasi pada sel darah tunggal dan sel sumsum tulang. Yang mana sel termutasi tersebut berkembang menjadi lebih banyak secara pesat. Dan mulai memengaruhi sel sehat di dalam sistem tubuh.

Sel-sel termutasi inilah yang kemudian ikut menjangkit organ tubuh vital lainnya. Seperti kelenjar getah bening, dan jaringan lainnya, sehingga terjadi perubahan patologis yang serius. Ada banyak faktor penyebab kanker darah, namun beberapa di antaranya merupakan faktor umum yang memicu kanker terjadi seperti berikut ini.

1Penyebab kanker darah

Penyebab kanker darah. (QUORA)

Bahan kimia

Terkena paparan terus menerus terhadap unsur kimia yang bersifat karsinogen, atau pemicu kanker. seperti herbisida, pestisida, kandungan dalam rokok, atau unsur kimia lainnya yang berbahaya dan terus menerus dikonsumsi.

Radiasi

Terpapar radiasi seperti sinar X-rays, nuklir, atau radiasi dari material di industri maupun rumah sakit, dapat menyebabkan konsekuensi yang sangat serius.  Yang umumnya muncul dalam jangka panjang setelah paparan terjadi. Kerusakan yang disebabkan biasanya bergantung pada seberapa kuat dan berapa lama durasi radiasi yang dialami.

Virus

Penyebab kanker darah dapat dikaitkan dengan mikroorganisme onkogenik. Antara lain virus Epstein-Barr yang dapat menyebabkan terjadinya limfoma atau virus T-lymphotropic (HTLV-I), yang menyebabkan leukemia sel-T dan limfoma sel-T.

Genetik

Dalam beberapa kasus, faktor keturunan dapat menjadi penyebab terjadinya kanker darah. Seringkali penyakit yang diwariskan bersifat kronis. Ini berarti potensi onkologi telah berkembang selama bertahun-tahun.

Disfungsi  sel maupun pembuluh darah

Disfungsi pada sel maupun pembuluh darah, di antaranya sindrom myelodysplasti yang dapat memicu kanker.

2Gejala kanker darah

Gejala kanker darah. (BYJUS)

Nah, tanda-tanda penyakit kanker pun bisa beragam. Mulai dari yang sifatnya umum hingga spesifik. Beberapa di antara gejala tersebut tergantung pada jenisnya.

Kanker darah leukimia

Meski sulit dikenali karena enggak memiliki ciri-ciri yang terlalu spesiafik, namun terdapat sejumlah gejala yang bisa dideteksi. Beberapa di antaranya sering mengalami perdarahan, seperti mimisan, memar, dan gusi berdarah.

Selain itu, pengidapnya mengalami anemia, nyeri pada persendian atau di bagian tulang belakang. Selain itu sering mengalami sakit kepala yang intens, nafsu makan menurun, dan muncul keringat berlebih di malam hari.  

Kanker darah limfoma

Untuk gejala kanker darah limfoma yang umum adalah ditandai dengan demam dan menggigil. Kemudian, batuk yang enggak kunjung sembuh dan sesak napas hingga terasa nyeri di dada.

Perhatikan juga apakah ada tonjolan di bawah kulit atau tidak. Biasanya berada di sekitar leher, ketiak, dan selangkangan.

Selain itu, terasa gatal di seluruh tubuh, sakit perut, punggung atau nyeri tulang. Serta, selalu merasa lelah, lesu, dan enggak bersemangat.

Kanker darah myeloma

Kanker darah myeloma bisa menyebabkan banyak gejala di dalam tubuh, karena  jenis ini memengaruhi sistem imun. Gejalanya seperti sering mengalami perdarahan dan memar. Lalu, gangguan tulang dan kalsium sehingga menyebabkan tulang mudah patah.

Selain itu, penderitanya juga mengalami anemia, dan rentan terhadap infeksi. Gangguan atau kerusakan ginjal, hingga kaki bengkak.

NEWS TODAY| MEDICAL XPRESS

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments