hero
(POEMS BY MZONDI LUNGU)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

14 Februari 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Depresi merupakan salah satu penyakit psikis yang sangat serius, meski gejalanya bisa terlihat sangat sederhana. Rasa lelah berkepanjangan, kesedihan, dan merasa lemah secara mental maupun fisik adalah beberapa karakter dari penyakit ini.

Hanya dokter yang dapat mendiagnosa depresi secara akurat. Namun, kamu bisa mengamati beberapa gangguan emosi berikut ini yang bisa menjadi gejala tersembunyi dari depresi.

1Pemikiran filosofis

Pemikiran filosofis. (THE DISTILLED MAN)

Orang yang mengalami depresi memiliki kecenderungan membahas hal-hal yang bersifat abstrak dan filosofis. Seperti mencari, mempertanyakan, dan membicarakan makna hidup dan sebagainya. Psikologis menyatakan, orang yang memiliki pemikiran yang nyata dan jelas biasanya adalah orang yang bahagia. 

2Mencari alasan

Mencari alasan. (TWITTER/ metelga)

Orang yang depresi biasanya sering menyampaikan alasan-alasan yang meyakinkan untuk menghindari orang sekitarnya. Biasanya, mereka menghindar agar enggak ada yang mengetahui kondisi emosi dan hasrat mereka yang sesungguhnya. 

3Enggak mampu bereaksi dengan tepat

Enggak mampu bereaksi dengan tepat. (MAGNOLIA PICTURES WARNER BROTHERS)

Depresi dapat membuat seseorang mengintrepretasi lingkungan sekitarnya dengan cara yang berbeda. Mereka bisa setuju dengan semua orang, atau tidak menunjukkan ekspresi dan opini sama sekali. Bahkan menjadi enggak sensitif terhadap hinaan atau rasa sakit sama sekali pada tahap depresi yang dalam.

4Penyakit psikosomatis

Penyakit psikosomatis. (MAGNOLIA PICTURES WARNER BROTHERS) 

Dalam kondisi depresi, seseorang bisa mengalami cemas berlebih terhadap kondisi tubuhnya sendiri. Seperti merasa nyeri, sakit kepala, sulit bernafas, sakit gigi, dan sebagainya di saat sebenarnya kondisi mereka baik-baik saja. Kondisi cemas berlebih seperti ini disebut juga sebagai penyaikit psikosomatis, yang merupakan gejala seseorang mengalami gangguan psikis. 

 

5Bersikap obsesif

Bersikap obsesif. (WARNERBROS) 

Saat depresi, seseorang bisa jadi sangat tergila-gila terhadap sesuatu hal. Mereka bisa memikirkan sesuatu atau orang lain dengan sangat intensif. Membicarakannya, bahkan berusaha mendapatkannya dengan segala cara hingga menjadi apatis terhadap lingkungan sekitarnya. 

6Penampilan berantakan

Penampilan berantakan. (FOX) 

Orang yang depresi biasanya mulai kehilangan kemauan untuk menjaga kebersihan tubuh dan penampilannya. Orang yang awalnya sagat rapi dan bersih sekalipun, bisa menjadi sangat cuek terhadap kondisinya bila mengalami depresi. 

7Memamerkan kebahagiaan

Memamerkan kebahagiaan . (PINTEREST)

Orang yang depresi bisa terlihat seperti orang yang paling bahagia dan sangat enggak bermasalah dalam kesehariannya. Mereka menghindari obrolan serius dan mudah menertawakan topik yang bermakna. Hanya melalui pembicaraan panjang dan privat, kamu bisa membantu orang yang mengalami depresi tersebut untuk terbuka terhadap perasannya sendiri.

Oleh karena itu, jangan sekali-kali meremehkan dan menertawakan permasalahan seseorang. Cobalah memahami mereka dan ambilah jarak untuk mengamati perubahan sikap mereka selama beberapa waktu. Setelah itu, ajaklah mereka berbicara dari hati ke hati dan sarankanlah untuk menemui dokter sesegera mungkin.

 

BRIGHTSIDE| BBC

 

 

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments