hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

14 Februari 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Kelaparan tengah malam pasti sering kamu alami dong? Hal ini wajar banget, tapi kalau sering ngemil malam-malam, berat badan dipastikan bertambah. Makan saat larut malam membuat tubuh sulit mencerna secara baik. Akibatnya gula akan mengendap. Makan lebih banyak kalori di malam hari juga memicu obesitas, peningkatan peradangan, dan risiko lebih besar terkena penyakit jantung dan diabetes.

Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan rasa lapar ang datang tiba-tiba di malam hari.

1. Makan teratur

Jangan lupa sarapan. 

Pola makan yang teratur tidak hanya membuat tubuh sehat dan ideal tetapi bisa mengurangi keinginan ngemil. Satu hal yang penting adalah jangan melupakan sarapan. Sarapan akan membuat energi dalam tubuh terjaga.

2. Jangan menahan lapar

Yup, jangan pernah menahan lapar, atur pola makanmu dengan porsi yang biasa baik pada sarapan, makan siang dan makan malam. Kemudian, ganti camilan dengan buah, dua jam sebelum makan. Perbanyak minum air putih dan hindari konsumsi makanan dan minuman manis berlebih.

3. Mengatur waktu berhenti makan

Kamu harus menentukan kapan saatnya berhenti makan. Ini bermanfaat dan bisa membuat metabolisme tubuhmu bekerja secara optimal. Kamu bisa berhenti makan pada pukul 20.00 atau 21.00. Idealnya adalah tiga jam sebelum waktu tidur. Dengan demikian tubuh akan mencerna makananmu tepat sebelum kamu merasa lapar lagi.

4. Evaluasi diri, apakah kamu benar-benar lapar?

Coba ganjel lapar kamu dengan secangkir teh.

Kamu bisa menanyakan pada dirimu sendiri apakah kamu benar-benar lapar atau hanya sekedar melampiaskan kepuasaan karena sesuatu yang lain, seperti stres. Coba lawan rasa laparmu dengan menikmati secangkir teh. Teh memang bisa membuat tubuhmu lebih rileks dan tenang.

5. Mengatur porsi ngemil

Siapkan cemilan sehat. 

Kamu bisa menyiapkan buah, secangkir sup atau yoghurt untuk dikonsumsi antara waktu makan malam dan tidur. Dengan camilan sehat, kamu bisa mengatur rasa lapar daripada terus memuaskan nafsu makan.

Nah, tips di atas bisa kamu coba ketika rasa lapar dan keinginan ngemil datang di malam hari. Selamat mencoba!

WASHINGTON POST | BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments