hero
(Karryon)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

14 Februari 2019, 17:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Waktu traveling menggunakan pesawat, kamu pasti bakal merasakan keramahan dari para awak kabin yang mendampingi di perjalanan. Ada yang sekadar menyapa atau ada yang bolak-balik  jalan buat memperhatikan detail penumpang.

Ternyata hal ini ada alasannya loh. Bukan sekadar kepo atau berusaha ramah saja. Berikut ini alasan kenapa para awak kabin menyapa penumpang saat akan mulai penerbangan yang dirangkum dari laman Brightside pada 12 Februari 2019.

1. Tahu Kemampuan Fisik Penumpang

(Brightside)

Sekilas, awak kabin yang sudah terbiasa di penerbangan bisa tahu kemampuan fisik penumpangnya. Dengan memperhatikan detail fisik, mereka dapat memperkirakan mana penumpang yang butuh bantuan khusus dan mana yang berpotensi membantu evakuasi di saat emergency.
 
Hal ini juga berlaku untuk penumpang yang difabel. Awak kabin biasanya akan mengingat posisi duduk penyandang disabilitas. Mereka juga tidak akan ditempatkan di dekat pintu darurat agar tetap aman. Sebaliknya, mereka yang punya fisik kuat umumnya kedapatan tempat duduk dekat emergency exit agar bisa sigap membantu.

2. Mencegah Penumpang Mabuk

(Brightside)

Jangankan di pesawat, di tempat umum yang terbuka saja, orang yang mabuk bisa menimbulkan gangguan di sekitarnya. Entah itu, ngomong sendiri, tiba-tiba bersikap enggak menyenangkan atau aroma alkohol yang belum tentu bisa diterima orang lain.

Nah, sebelum penerbangan, biasanya awak kabin akan memperhatikan apakah ada penumpangnya yang mabuk. Kalau ada dan terlihat mabuk berat atau berpotensi mengganggu penerbangan, mereka enggak segan buat mencegah penumpang ini ikut dalam penerbangan.

3. Mencegah Penumpang Sakit

(Brightside)

Beberapa penyakit yang terkesan ringan, justru berpotensi menular saat kita ada di lingkup kecil. Hal ini juga berlaku saat di pesawat. Sambil menyapa penumpang, awak kabin akan mengecek apakah ada penumpang pesawat yang flu berat atau berpotensi menularkan penyakit.

Kalau kiranya kondisi penumpang itu cukup parah dan tanpa perlindungan apapun, ada kemungkinan mereka tidak disertakan dalam penerbangan. Hal in terpaksa dilakukan daripada beresiko menularkan penyakit ke penumpang lain.

4. Kehadiran Awak Kabin Lain

(Brightside)

Sebelum memulai penerbangan, awak kabin biasanya keliling untuk tahu apakah ada awak kabin lain yang ikut dalam penerbangan. Walaupun belum tentu kenal ya, tapi biasanya mereka tahu karakter orang yang sudah biasa dalam penerbangan.

Kehadiran awak kabin lain, menjadi keuntungan tersendiri. Karena bisa ikut membantu apabila ada keadaan darurat, memberi pertolongan pertama untuk penumpang atau kondisi lain yang  butuh seseorang berpengalaman.

5. Menenangkan Penumpang yang Aerofobia

(Brightside)

Pernah dengar istilah aerofobia? Kondisi ini dialami oleh mereka yang takut naik pesawat. Entah itu takut ketinggiannya, turbulensi atau sensasi lain yang umumnya muncul di penerbangan.

Awak kabin umumnya mengenali tanda-tanda penumpang yang aerofobia. Dengan menyapa penumpang, mereka bisa menenangkan atau memberi perhatian khusus selama di perjalanan.

6. Mengecek Bawaan Penumpang

(Brightside)

Kadang saat di pesawat, ada saja penumpang yang membawa barang berukuran besar. Hal ini berpotensi menunda penerbangan loh. Karena enggak jarang, mereka butuh waktu lama untuk menaruh bawaan ini di kabin pesawat.

Nah, hal inilah yang juga jadi perhatian awak kabin. Mereka jadi bisa sigap membantu penumpang yang membawa barang besar. Selain membutuhkan waktu lama buat penempatannya, barang yang besar juga berpotensi jatuh dan mencelakakan penumpang lain saat pesawat mengalami turbulensi. Jadi pastinya butuh perhatian khusus.

Itu tadi enam alasan kenapa awak kabin menyapa dan memperhatikan detail penumpang saat di penerbangan. Jadi, enggak perlu risih atau malah menghindar ya. Karena pastinya itu semua demi keselamatan dan kenyamanan di penerbangan.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments