hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

9 Februari 2019, 06:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Siapa yang tak kenal Marvel. Saat ini, film bergenre superhero tengah menjadi tren yang disukai banyak penikmat film hingga masyarakat umum. Tren ini tak lepas dari peran Marvel Studios yang berhasil mengeluarkan para pahlawan super dari komik ke layar lebar.

Kisah-kisah pahlawan super Marvel memang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan komik lainnya. Superhero komik Marvel digambarkan memiliki kelemahan dan seringkali memiliki masalah pribadi, yang membuat pembaca maupun penonton bisa ikut bersimpati pada karakter tersebut.

Tren ini dimulai sejak kesuksesan trilogi 'Spider-Man' garapan sutradara Sam Rami. Kemudian berlanjut setelah Marvel Studios memutuskan untuk membawa semesta kisah Marvel yang dimulai dengan 'Iron Man' (2008).

Namun, kesuksesan ini sebenarnya diawali dengan perjuangan panjang, di mana Marvel sempat mengalami krisis untuk menciptakan film-film berkualitas. Seperti beberapa film superhero Marvel yang gagal tayang berikut ini.

1. 'Spider-Man 4'.

'Spider-Man 4'. (GRUNGE)

Trilogi 'Spider-Man' garapan sutradara Sam Raimi ini sebenarnya mendapat ulasan positif di dua film pertamanya. Namun, 'Spider-Man 3' mendapat banyak kritik. 'Spider-Man 4' yang sudah sempat memasuki tahap produksi akhirnya dibatalkan. 

Hal ini akibat Sony Pictures mendesak Raimi untuk segera menyelesaikan filmnya. Raimi pun mundur sebagai sutradara, yang menyebabkan film ini tidak pernah diselesaikan.

2. 'Punisher 2'.

'Punisher 2'. (GRUNGE)

Punisher merupakan salah satu karakter terumit dalam semesta Marvel. Jika digambarkan terlalu kejam, maka karakter ini kemungkinan tidak disukai penonton. Namun, jika terlalu digambarkan heroik, maka Punisher akan kehilangan jiwanya. 

'The Punisher' (2004) pun kurang mendapat ulasan yang baik dari penonton. Namun, film 'Punisher 2' tetap diproduksi. Sayangnya proses produksi ini diundur hingga bertahun-tahun hingga sang aktor, Thomas Jane memutuskan untuk keluar dari proyek dan film 'Punisher 2' tidak pernah selesai.

3. 'Daredevil 2'.

'Daredevil 2'. (GRUNGE)

Kini karakter Daredevil dikenal melalui serial televisinya yang mendapat banyak ulasan positif. Namun pada 2003, Daredevil sempat diangkat ke layar lebar dan diperankan aktor Ben Affleck. Sayangnya film ini dianggap kurang memuaskan. 

Namun sang sutradara, Mark Stephen tetap berniat untuk membuatkan sebuah sekuel. Stephen berencana membuat kisah di mana penjahat Kingpin berhasil membongkar identitas Daredevil kepada masyarakat dan menghancurkan hidupnya. Sayangnya film ini digantikan dengan 'Elektra' (2005) yang juga mendapat ulasan negatif.

4. 'Blade 2'.

'Blade 2'. (GRUNGE)

Film 'Blade' (1998) yang digarap sutradara Stephen Norrington dianggap sebagai genre horor-superhero yang ikut serta memulai tren film pahlawan super Marvel. Setelah film pertamanya rilis, rumah produksi berencana membuatkan film sekuel. Sekuel ini akan menceritakan kisah penjahat, Deacon Frost (Stephen Dorff). 

Norrington dan Dorff juga berencana untuk menciptakan trilogi yang menggambarkan bagaimana karakter Frost pertama kali digigit dan memiliki kekuatan super. Sayangnya, Norrington dan Dorff menolak trilogi mereka dihubungkan dengan kisah MCU. Hal ini membuat film 'Blade 2' dan trilogi Deacon Frost tidak pernah diproduksi.

5. 'Incredible Hulk 2'.

'Incredible Hulk 2'. (GRUNGE)

Bill Bixby dan Lou Ferrigno mengangkat Hulk ke layar kaca dalam serial televisi. Serial tersebut pun berkembang menjadi film tv yang juga menampilkan Thor. Film seri ini berakhir dengan 'Death of the Incredible Hulk' (1990), di mana sang raksasa hijau mati akibat jatuh dari pesawat terbang.

Namun, kematian Hulk sebenarnya bukan akhir dari cerita. Bixby dan Ferrigno berencana membuat film baru, di mana Hulk alias David Banner memalsukan kematiannya. Film ini direncanakan berjudul 'Revenge of the Incredible Hulk'. Sayangnya rencana ini gagal.

GRUNGE | MOVIE WEB

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments