hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

8 Februari 2019, 18:30 WIB

INDONESIA

Penerbangan jarak jauh dengan kelas ekonomi bisa jadi sangat menantang. Kenapa? Karena kamu harus duduk untuk waktu yang lumayan lama, bisa mencapai belasan jam! Jadwal tidur dan makan sudah pasti terganggu. Karena itulah, persiapkan diri kamu lebih detil agar tetap nyaman saat terbang jarak jauh. Ada sedikitnya 10 tips yang bisa kamu lakukan, tanpa biaya mahal dan bebas ribet.

 

1. Bawa bola tenis

BRIGHTSIDE

Saat duduk, letakkan bola tenis di bagian belakang punggung. Sensasi tekanan dari bola tenis ni akan membantu memijat otot yang kaku dan mencegah nyeri punggung bawah selama penerbangan.

2. Rencanakan kapan waktu yang pas untuk ke toilet

BRIGHTSIDE

Waktu yang ideal untuk menggunakan kamar mandi pesawat adalah setelah pramugari menyajikan makanan dan pindah dari lorong.

Orang-orang biasanya menunggu sampai nampan mereka dikumpulkan sebelum bangkit dari kursi mereka dan menuju toilet. Jadi, sementara penumpang lain sibuk dengan makanan mereka dan menunggu nampan mereka dibawa pergi oleh kru, nikmatilah waktu di kamar mandi tanpa harus buru-buru karena antrean penumpang lain.

3. Kosongkan area kaki

BRIGHTSIDE

Kelihatannya memang lebih mudah untuk menjaga barang-barang dekat dengan kamu selama penerbangan. Tetapi, jika semua tas dijejalkan di bawah kursi depan, tidak ada ruang yang cukup untuk kaki. Padahal untuk mencegah kaki dan betis kamu bengkak, kaki perlu ruang lebih besar.

4. Bawa snack tambahan

BRIGHTSIDE

Makanan pesawat biasanya rendah protein dan tinggi karbohidrat. Jadi, jika peduli dengan kesehatan atau ingin tetap pada jadwal makan kamu seperti biasa, bawalah makanan ringan sendiri. Ambil sekantong almond atau aprikot kering, wortel atau batang mentimun, apel, pisang, atau batang protein. Pilih apa pun yang disuka dan makanlah pada waktu yang disuka juga.

5. Kenakan Pakaian berlapis dan jaga kaki tetap hangat

BRIGHTSIDE

Beberapa pesawat terlalu panas sementara yang lain, sebaliknya, terlalu dingin. Agar mudah beradaptasi dengan perubahan suhu ini, selalu kenakan beberapa lapis pakaian. Kamu tinggal melepas atau memakainya sesuai kondisi di dalam pesawat. Lepas sepatu dan kenakan kaus kaki yang nyaman agar tetap hangat.

6. Jaga kualitas tidur

BRIGHTSIDE

Jika berencana untuk tidur selama penerbangan, jangan lupakan masker mata karena itu akan membantu menghalangi semua cahaya di sekitar yang sangat mengganggu. Headphone atau penyumbat telinga peredam bising juga akan berguna, terutama jika ada bayi yang berteriak  atau orang-orang berbicara terlalu keras.

Saat tidur, pastikan bahwa sudah mengenakan sabuk pengaman di atas selimut atau lapisan pakaian luar sehingga saat lampu menyala, pramugari akan dan tidak akan mengganggu tidur anda.

7. Bawalah botol air kosong

BRIGHTSIDE

Untuk mencegah sakit kepala dan kelelahan yang disebabkan oleh dehidrasi, harus minum cukup. Meskipun dapat meminta pramugari untuk membawakan air  lagi dari waktu ke waktu, lebih baik bawa botol kosong sendiri sebelum naik.

8. Jaga kebersihan tubuh

BRIGHTSIDE

Bahkan selama penerbangan yang panjang, cobalah untuk tetap pada rutinitas harian seperti gosok gigi, cuci muka, dan jangan lupa untuk melembabkan kulit. Ini akan membuat merasa lebih nyaman sebelum tertidur dan segar di pagi hari.

9. Gunakan bantalan kursi

BRIGHTSIDE

Memiliki bantal perjalanan sendiri yang dapat menopang leher dan melindungi dari cedera saat lepas landas atau turbulensi, sangat membantu kamu tetap nyaman ketika terbang di kelas ekonomi. Agar makin nyaman, bawa juga bantalan kursi di pesawat. Bisa diletakkan tepat di kursi atau digulung untuk membuat bantal tambahan untuk lengan atau punggung.

10. Lakukan beberapa gerakan yoga

BRIGHTSIDE

Untuk melindungi kaki dari pembengkakan dan mencegah sakit punggung, lakukan serangkaian latihan berikut setidaknya setiap 2 jam selama penerbangan jarak jauh:

Jalin jari-jari dan angkat telapak tangan. Angkat lengan ke arah langit-langit dan rentangkan tulang punggung selama mungkin.

Pertahankan jari-jari terjalin dan lengan terentang, perlahan-lahan putar ke kanan. Kemudian kembali ke tengah dan putar ke sisi kiri. Ulangi 3-4 kali.

Tempatkan siku di atas kursi di depan tentang jarak bahu. Rilekskan kepala dan biarkan jatuh melalui lengan atas sampai terasa peregangan di punggung dan leher.

Jaga agar tulang belakang tetap lurus, miringkan kepala ke kanan. Letakkan tangan kanan di atas kepala dan tekan dengan lembut untuk memperdalam peregangan. Tahan selama beberapa detik, lalu ulangi di sisi kiri.

Luruskan kaki kanan dan regangkan sejauh mungkin. Kemudian ulangi dengan kaki lainnya.

Nah, tips ini mudah untuk kamu lakukan kan? Selamat jalan-jalan, ya!

BRIGHTSIDE

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments