hero
(Wirecutter)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

8 Februari 2019, 17:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Di dalam smartphone, selalu terdapat fitur yang diciptakan untuk memudahkan penggunanya. Sayangnya, enggak semua orang mengerti dan paham apa saja dan bagaimana menjalankan fitur tersebut.

Tapi jangan khawatir, kali ini NET.Z akan membahas tentang enam fitur smartphone yang jarang diketahui tapi punya banyak manfaat yang dirangkum dari laman Brightside berikut ini:

1. Navigasi Keyboard iPhone

(Brigtside)

Baru-baru ini, pengguna Twitter menemukan fitur rahasia yang memberi kemudahan buat pengguna saat mengirim SMS di iPhone. Yaitu sistem navigasi pada keyboard yang memudahkan penggunaan kursor.

Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu menahan bagian manapun dari teksmu. Itu akan membuat lebih mudah untuk menggunakan kursor saat mengirim pesan teks.

2. Find My Device

(Brightside)

Nah, kalau fitur yang satu ini mungkin udah enggak begitu asing ya di telinga kita. Soalnya, sudah mulai banyak orang yang menggunakan fitur ini ketika kehilangan atau lupa meletakan ponsel kamu.

Enggak cuma digunakan untuk menemukan smarphone, fitur ini rupanya juga bisa digunakan untuk menelepon dan menghapus semua data jika diperlukan.

3. Mode Malam

(Brightside)

Pasti banyak dari kamu yang enggak sadar kalau sejumlah smartphone punya fitur mode malam kan? Yup, fitur yang lebih banyak terdapat di ponsel Android ini akan menerapkan filter di layar untuk mengurangi cahaya yang dipancarkan oleh layar ponsel kamu. Tentunya fitur ini bisa membuat mata kamu lebih aman saat mengakses ponsel di kondisi gelap.

4. Screencapture Tanpa Menekan Tombol

(Brightside)

Siapa yang suka kesusahan untuk screencapture layar ponsel karena harus menekan tombol home dan power bersamaan? Nah, kalau kamu sering mengalami hal ini ada satu cara praktis dan mudah untuk screencapture layar ponsel loh.

Bagi kamu pengguna Android, kamu hanya perlu menggesek dengan telapak tangan mereka di sepanjang layar Android. Nah, kalau misalnya masih enggak bisa, fitur ini mungkin dinonaktifkan pada ponsel kamu. Jadi buka pengaturan, lalu pilih 'Perangkat Saya', kemudian pilih 'Moyions and Gestures', dan nyalakan 'Palm Motion'.

5. Menemukan Game Tersembunyi

(Brightside)

Tahu enggak sih, ternyata Google telah menciptakan sebuah fitur khusus bernama telur paskah. Nah, fitur ini dapat menemukan game tersembunyi yang dapat kamu temukan dengan memasukkan kode tertentu di keyboard ponselmu.

6. Atur Jadwal On dan Off Ponsel

(Wired)

Buat kamu yang enggak mau kecanduan sama smartphone, fitur schedule on dan off ini kayaknya bisa banget kamu gunakan deh. Karena dengan fitur ini, ponsel kamu akan menyala dan mati dengan sendirinya sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Untuk mengaktifkan fungsi ini, kamu harus pengaturan dan pilih 'Sistem', pilih 'Pengaktifan & Mematikan Terjadwal'.Setelah itu kamu bisa memilih sendiri waktu untuk menghidupkan dan matikan smartphone-mu.

BRIGHTSIDE

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments