hero
(PIXABAY)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

7 Februari 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Hati, ginjal, dan kandung kemih merupakan organ tubuh yang krusial. Sayangnya, banyak orang sering mengabaikan kondisi kesehatan ketiga organ tersebut dalam jangka panjang.

Enggak  jarang, di usia lanjut, orang kehilangan fungsi ginjalnya. Atau organ hati enggak lagi bekerja optimal.

Enggak mau dong ya, kayak gitu? Nah, coba kamu simak beberapa tips menjaga hati, ginjal, dan kandung kemih agar tetap sehat hingga tua nanti.

1 Jangan makan garam dan soda

 Jangan makan garam dan soda. (FOODUCATE)

Coba lakukan detoks ini dalam beberapa hari sekali. Di mana kamu berhenti mengonsumsi makanan asin, soda, dan makanan tinggi protein. Mungkin dua kali seminggu, agar kamu bisa semakin mengontrol nafsu makan.

2Minum lebih banyak teh, air, dan makan buah cranberries

Minum lebih banyak teh, air, dan makan buah cranberries. (WELL AND FULL)

Yup, cranberries adalah salah satu buah yang enak dan gampang buat dijadikan campuran menu sarapan, dessert, atau camilan sekali pun. Bahkan kamu juga bisa campurkan cranberries ke dalam teh, atau campurkan dengan air mineral menjadi infused water. Pokoknya, ingat selalu untuk perbanyak minum sehari-hari ya.

3Minum vitamin

Minum vitamin. (THE HEALTHSITE)

Ada banyak jenis vitamin pendukung yang dapat menopang kinerja ginjal. Seperti vitamin B6, omega3, dan potasium sitrat. Ketiganya dapat mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal.

4Seimbangkan kesehatan fisik dan mental

Seimbangkan kesehatan fisik dan mental. (LIVE LOVE LOVE LIVE)

Harus diingat bahwa stres dapat berdampak pula pada kesehatan tubuhmu. Cobalah melatih kemampuanmu mengontrol emosi dan stres melalui meditasi rutin, atau mengatur nafas.

Kamu juga bisa melakukan treatment hidroterapi menggunakan air. Untuk membantu sistem sirkulasi dalam tubuh dan membuat tubuh maupun pikiran lebih rileks.

5Bersihkan ginjal dalam 2 hari

Bersihkan ginjal dalam 2 hari. (PIXABAY)

Cobain deh program 2 hari pembersihan ginjal dengan cara hanya mengonsumsi jus buah maupun sayuran dalam satu hari penuh. Kamu bisa coba googling kombinasi menu jus yang bisa dipraktikkan mulai dari menu sarapan, makan siang, hingga makan malam. Tapi ingat, perhatikan juga kemampuan tubuhmu ya, atau kalau perlu konsultasi dulu dengan dokter.

6Olahraga kegel

Arnold Kegel mengembangkan latihan panggul ini pada tahun 1948 untuk membantu wanita dengan stres inkontinensia urin. Terutama setelah melahirkan atau menopause.

Jika dilakukan secara teratur, latihan ini dapat membantu mencegah kebocoran kandung kemih. Caranya sederhana, cukup kontraksikan otot-otot dasar panggulmu dan kemudian rilekskan. Lalu tahan masing-masing selama 10 hitungan. Lakukan 30 hitungan, masing-masing 10 kali sambil berdiri, 10 kali saat duduk, dan 10 kali saat berbaring.

7Latihan organ hati

Ada beberapa latihan yang juga bisa membantu mengoptimalkan kesehatan organ hati. Rasakan organ hatimu dengan menekan ke atas dan di bawah tulang rusuk di sisi kanan. Kamu dapat menekannya, menggosoknya, atau memukulnya dengan ringan 100 kali sehari agar tetap sehat.

Selain itu, kamu juga dapat mencoba gerakan 'belalai batang', di mana kamu memutar 'belalai kiri' ke kanan sekitar 15 kali di setiap sisi, untuk membantu hati. Seperti yang terlihat di atas, peregangan harian, dilakukan sekitar 5 jam seminggu, sangat bermanfaat bagi hati.

 

BRIGHTSIDE|THE SCIENCE OF NUTRITION

5

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments