hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

7 Februari 2019, 18:30 WIB

VENEZUELA

Ada ratusan ribu tempat di bumi yang belum dapat dijelajahi, terutama tempat-tempat yang terkubur di dalam air. Misalnya saja misteri lokasi kota Atlantis yang dipercaya memiliki peradaban sangat maju. Para ilmuwan dan arkeolog masih mencari kota Atlantis yang hilang yang tenggelam ke laut.

Sama seperti Atlantis, sejumlah kota dan artefak arkeologi telah tenggelam dalam air baik oleh kekuatan alam atau karena diperlukan untuk pengembangan populasi. Berikut ini adalah koleksi tempat bersejarah yang telah terkubur di bawah air dan sekarang muncul kembali!

 

1. Desa Epecuen, Buenos Aires

Desa Epecuen. (DAILY MAIL UK)

Beberapa mil barat daya dari Buenos Aires,  Desa Epecuen muncul kembali setelah lebih dari 50 tahun di bawah air. Pada tahun 1920-an, Desa Epecuen dibangun di tepi danau air asin "Lago Epecuen" dan menjadi rumah bagi lebih dari 5.000 orang pada akhir tahun 1970-an. Seiring perjalanan waktu, cuaca makin abnormal dan curah hujan jadi lebih tinggi dari biasanya. Akibatnya, danau air asin mencapai tembok bendungan dan terjadi abrasi. Dan di tahun 1993, Desa Epecuen tenggelam.

Puluhan tahun kemudian, cuaca mulai berubah lagi dan menyebabkan airnya berkurang pada tahun 2009.  Sekarang,  desa ini secara ajaib muncul kembali dari perairan.

2. Potosi, Venezuela

Salah satu Gereja yang menjadi bagian kota Potosi. (BRIGHTSIDE)

Tidak ada kekuatan di dunia yang dapat bersaing dengan kekuatan alam dan dalam hal ini, fenomena El Nino muncul kembali di seluruh kota yang tenggelam selama lebih dari 30 tahun. Potosi adalah kota kecil di Venezuela yang sengaja dibanjiri oleh pemerintah setempat untuk membangun bendungan listrik tenaga air pada tahun 1985.

Sekitar 30 tahun kemudian, ketinggian air turun secara signifikan karena kekeringan yang dibawa oleh fenomena El Nino. Inilah menyebabkan seluruh kota kembali terlihat. Gereja kota yang terendam air tidak menyisakan apa pun kecuali salib yang sekarang sepenuhnya terlihat dari samping kuburan terdekat.

3. . Jal Mahal, Jaipur, India

Jal Mahal, istana air yang menakjubkan indahnya. (BRIGHTSIDE)

Jal Mahal dikenal sebagai Istana Air, adalah sebuah istana yang terletak di tengah Danau Man Sagar di kota Jaipur, India. Tidak ada yang tahu kapan istana dibangun, tetapi lantai dan dinding batu pasir merah menandakan bahwa itu dibangun sekitar 300 tahun yang lalu. Bangunan yang memiliki 5 lantai ini, 4 lantai diantaranya terendam di bawah air.

Pemerintah Rajasthan memulai proyek renovasi 6 tahun dengan arsitek terbaik di negara itu untuk mengembalikannya ke kejayaan masa lalu. Sekarang terbuka untuk umum dan wisatawan dapat mengunjungi balkon dan menjelajahi kastil dengan wisata perahu.

4. Gereja Saint Nichols, Danau Mavrovo

Gereja Saint Nichols kini bisa dilihat. (BRIGHTSIDE)

Tidak jauh dari Pegunungan Balkan di Makedonia, terdapat Danau Mavrovo, sebuah taman nasional yang terkenal dengan gereja Saint Nichols yang tenggelam. Gereja kuno ini dibangun pada tahun 1850-an dan berdiri selama lebih dari 150 tahun, sampai pemerintah Yunani memutuskan untuk membangun danau buatan di sekitarnya untuk memasok air ke pembangkit listrik setempat.

Pada tahun 2003 gereja sepenuhnya terendam air, tetapi karena perubahan iklim di daerah itu, sekarang danau mendangkal dan gereja kembali terlihat. Pada bulan-bulan musim panas, lebih dari setengah gereja dapat terlihat.

5. Xuanping, Tiongkok

Xuanping, kini kembali ke permukaan. (BRIGHTSIDE)

Gambar-gambar ini menunjukkan kekuatan alam yang luar biasa: gempa berkekuatan 8 SR menyebabkan satu desa tenggelam di bawah air pada tahun 2008. Desa Xuanping menjadi kota hantu setelah insiden mengerikan dengan lebih dari 10 bangunan (termasuk rumah, sekolah, dan kantor) terendam air. Bertahun-tahun kemudian, Xuanping mulai muncul dari air.

Kemunculan kembali kota ini disebabkan oleh turunnya permukaan air dari 712 meter menjadi 703 meter di atas permukaan laut dan terus menurun setiap tahun. Semoga orang-orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena peristiwa yang tidak terduga ini akan dapat kembali ke rumah mereka dan membangun komunitas mereka lagi.

6. Pulau Penyu, Sungai Muodaoxi

Begini penampakan pulau penyu. (BRIGHTSIDE)

Setiap tahun selama musim semi, ribuan wisatawan mengunjungi Waduk Gorges untuk melihat pulau berbentuk kura-kura yang muncul kembali dari perairan Sungai Muodaoxi. Ini terjadi karena perairan Sungai Muodaoxi dikendalikan oleh Waduk Gorges.

Selama musim semi, waduk memasok air yang telah dikumpulkan selama musim dingin ke daerah sekitarnya yang menyebabkan tingkat air turun hingga memperlihatkan pulau yang indah! Pulau ini tenggelam di bawah air selama 9 bulan dalam setahun dan sepenuhnya terlihat di musim semi ketika ketinggian air turun hingga 168 meter.

7. Kuil Santiago, Meksiko

Kuil Santiago kini bisa kamu nikmati keindahannnya. (BRIGHTSIDE)

Kuil gaya kolonial Santiago mulai muncul dari perairan dalam sungai Meksiko, Chiapas pada 2010. Gereja pada awalnya dibangun oleh para biksu di pertengahan abad ke-16 tetapi kemudian tenggelam di bawah air pada tahun 1966, ketika waduk Nezahualcoyotl kebanjiran pada 1966.

Perunahan iklim dan kekeringan yang terjadi di Meksiko selama 10 tahun terakhir, membuat Kuil Santiago muncul kembali dari air, karena ketinggian air turun 82 kaki.

BRIGHTSIDE | DAILY MAIL UK

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments