hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

5 Februari 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Tangan adalah salah satu bagian tubuh pertama yang menunjukkan tanda-tanda penuaan. Tetapi, tangan juga dapat menunjukkan masalah kesehatan tertentu.

Para dokter mengatakan bahwa kondisi tangan bisa menunjukkan beberapa perubahan medis, yang terjadi di bagian lain dalam tubuh. Berikut adalah sejumlah gejala yang terlihat melalui tangan, dan bisa menjadi tanda-tanda gangguan kesehatan, seperti dilansir Brightside.

1Telapak tangan memerah

Telapak tangan memerah. (BRIGHTSIDE)

Dokter menjelaskan bahwa telapak yang memerah atau palmar erythema dapat menjadi tanda masalah hati. Terutama jika terjadi pada orang yang berusia di atas 50 tahun.

Biasanya kemerahan terletak di tepi luar telapak tangan karena adanya perubahan keseimbangan hormonal yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Rheumatoid arthritis juga bisa menjadi alasan untuk kemerahan pada telapak tangan.

Jika telapak tanganmu memerah, periksakan ke dokter untuk mengetahui alasan sebenarnya. Sementara itu, aturlah diet sehat dan kurangi asupan alkohol.

2Telapak tangan berkeringat

Telapak tangan berkeringat. (BRIGHTSIDE)

Ada beberapa penyebab telapak tangan berkeringat, antara lain keringat berlebih, stres, dan kerja tiroid yang terlalu aktif. Dalam kasus hiperhidrosis, alias keringat berlebihan, kamu dapat mencoba mengonsumsi antiperspirant yang kuat, atau prosedur medis lain yang disarankan.

Cobalah untuk membatasi asupan alkohol. Serta belajar mengendalikan tingkat stres dengan meditasi dan belajar teknik mengatur nafas.

3Telapak tangan kesemutan atau mati rasa

Telapak tangan kesemutan atau mati rasa. (BRIGHTSIDE)

Terkadang kamu akan terbangun dengan merasa seperti kehilangan kepekaan di bagian tubuh tertentu. Biasanya gejala yang disertai kesemutan ini akibat tekanan pada saraf sensoris untuk waktu yang lama dan butuh waktu sampai saraf kembali bekerja.

Dalam beberapa kasus, gejala terebut bisa menjadi tanda masalah yang lebih serius seperti osteochondrosis servikalsindrom carpal tunnertrombosis vena ekstremitas, cedera pleksus brakialis, anemia dan diabetes. Jika tanganmu sering mati rasa tanpa alasan yang jelas, berkonsultasi dengan dokter.

4Telapak tangan kering

Telapak tangan kering. (BRIGHTSIDE)

Alasan paling umum untuk kulit kering di tangan adalah dehidrasi dan defisiensi estrogenseiring terjadinya menopause. Untuk menghindari dehidrasi, minum cukup air dan gunakan krim pelembab tangan.

Sertakan minyak ikan, biji-bijian, dan kacang-kacangan dalam dietmu. Kunjungi dokter untuk terapi penggantian hormon yang akan membantumu mengontrol penurunan estrogen.

5Tangan gemetar

Tangan gemetar. (BRIGHTSIDE)

Gejala tangan gemetaran dapat menjadi pertanda masalah kesehatan yang serius, seperti Penyakit Parkinson. Jika kamu memiliki masalah serius, segera dapatkan saran medis.

Sementara itu, batasi asupan kopi dan alkohol berlebih, karena itu dapat menyebabkan gejala tangan gemetar. Alasan lain yang mungkin adalah kecemasan dan stres berat.

6Kuku lembek

Kuku lembek. (BRIGHTSIDE)

Kuku yang lemah atau retak bisa menjadi gejala defisiensi zat seng (zinc) dalam tubuh. Zat seng sangat penting untuk mempercepat penyembuhan luka, membantu sel membelah, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tambahkan beberapa makanan kaya seng ke pola makanmu, seperti gandum, kacang, dan daging. Jika level seng terlalu rendah dalam tubuh, coba juga mengonsumsi suplemen seng tambahan.

7Ujung dan pangkal jari membengkak

Ujung dan pangkal jari membengkak. (BRIGHTSIDE)

Jika jari-jari kamu terlihat seperti “stik drum”, di mana kuku dan jari membengkak bulat pada ujung dan pangkalnya, biasanya ini gejala kekurangan oksigen. Bisa juga ini gejala penyakit yang lebih serius seperti kanker paru-paru atau penyakit jantung. Segera konsultasikan ke dokter jika kamu mengalami tanda-tanda ini.

 

 

 

BRIGHTSIDE| SAGA

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments