hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

4 Februari 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Kunci dari terjaganya berat badan di titik ideal, adalah dengan melakukan kebiasaan baik secara konsisten. Diet ekstrem hanya akan membuat berat turun seketika, namun jika kamu kembali ke pola makan awal, berat badan juga akan kembali naik. Karena itu, sebenarnya, ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan agar berat badan tetap ideal tanpa menyiksa diri dengan diet ketat.

1. Makan dan mengunyah pelan-pelan

Makanlah pelan-pelan. (BRIGHTSIDE)

Menurut penelitian, orang yang makannya cepat, cenderung akan lebih cepat naik berat badannya dibandingkan orang yang makannya pelan. Makan dan mengunyah dengan pelan akan membuat kamu merasa kenyang meski makan sedikit.

2. Minum air dengan teratur

Minum air putih dengan teratur. (BRIGHTSIDE)

Semua tahu dong betapa pentingnya air putih untuk kesehatan tubuh. Karena itu untuk membuat tubuh terasa kenyang alami, minumlah air putih secara teratur. Dengan cara ini, tubuh enggak akan kelebihan kalori akibat ngemil berlebihan. Minumlah setengah liter 30 menit sebelum makan.

3. Sajikan makanan enggak sehat di piring merah

Letakkan makanan enggak sehat di piring merah. (BRIGHTSIDE)

Tahukah kamu sebuah penelitian menemukan kalau orang yang makan dan minum dari piring merah cenderung makan lebih sedikit dari piring berwarna lainnya. Karena itu, taruhlah makanan enggak sehat di piring merah, agar kamu makannya sedikit.

4. Hindari minuman manis

Hindari minuman manis! (BRIGHTSIDE)

Menambahkan gula adalah penyebab terbesar untuk sejumlah masalah kesehatan seperti diabetes, obesitas hingga penyakit jantung. Minum satu kaleng soda, yang mengandung sekitar 52 g gula, akan menyebabkan anda melebihi batas gula tambahan yang disarankan harian 37,5 gram untuk pria dan 25 gram untuk wanita. Sebaliknya, minumlah minuman sehat seperti teh hijau, kopi, atau jus buah segar.

5. Konsumsi 2 butir telur perhari

Makan telur rebus 2 butir sehari. (BRIGHTSIDE)
Rutin mengonsumsi telur rebus 2 butir sehari, menjaga kamu tetap kenyang untuk jangka waktu lebih lama. Hal ini disebabkan kandungan protein dalam telur yang tinggi.

6. Jangan lewatkan sarapan

Mengingat pagi yang ribet, kadang-kadang kita mungkin melewatkan. Praktik ini merugikan kesehatan kita secara keseluruhan. Sarapan akan memberi kamu energi yang cukup untuk memulai hari, tetapi juga menurunkan kemungkinan terkena diabetes, menambah berat badan, dan mengembangkan penyakit jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa sarapan membantu penurunan berat badan.

7. Makan lebih dari 3 kali sehari dalam porsi kecil

Bagilah makanan perhari jadi 6 porsi kecil. (BRIGHTSIDE)

Daripada makan 3 kali dalam sehari, lebih sehat makan 6 kali dalam porsi kecil. Memisahkan makanan dalam porsi kecil-kecil, mempersingkat interval antara sarapan, makan siang, dan makan malam. Berdasarkan penelitian, semakin lama kamu menunggu untuk makan, semakin besar kemungkinan kamu akan makan berlebihan. 

BRIGHTSIDE | HEALTH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments