hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

4 Februari 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Akupresur merupakan salah satu teknik terapi alternatif yang berasal dari Cina. Berbeda dari akupuntur yang menggunakan jarum, akupresur cukup mengandalkan jari tangan dan alat untuk menekan bagian-bagian tubuh tertentu.

Terdapat titik-titik pada tubuh yang berkaitan langsung dengan kondisi kesehatan tubuh. Dan, teknik akupresur ini dapat membantu memulihkan kondisi tubuh. Termasuk juga membantu kamu yang ingin menurunkan berat badan. Karena ternyata ada titik-titik khusus dalam akupresur yang bisa membantu menyukseskan diet. Seperti dilansir dari Brightside berikut ini.

1Titik telinga

Titik telinga. (BRIGHTSIDE)

Titik ini merupakan titik utama pengontrol nafsu makan. Letakkan ibu jari di bagian depan daun telinga. Lalu, buka tutup rahang mulutmu dan rasakan titik yang paling bergerak maksimal saat rahang menutup dan membuka.

Tekan titik tersebut selama 1-3 menit sebanyak 2 kali sehari. Menurut ilmu akupresur, telinga, tangan, dan kaki adalah bagian tubuh yang memiliki reflek energi terbesar dalam tubuh. Menstimulasi salah satu titik di telinga ini bisa membantumu dalam mengurangi berat badan.

2Titik di atas bibir

Titik di atas bibir. (BRIGHTSIDE)

Titik ini terletak di antara hidung dan bibir bagian atas, persis di tengah. Tekanlah titik tersebut 1-5 menit sebanyak 2 kali sehari setiap kali kamu merasa lapar atau gelisah.

3Titik lutut

Titik lutut. (BRIGHTSIDE)

Menekan titik ini tidak hanya membantu memperlancar pencernaan, tetapi juga meredakan kram perut saat menstruasi. Titik ini terletak 5 cm di bawah tempurung lutut, sedikit ke arah pinggir kaki bagian luar.

Tekan titik ini dengan jari telunjuk selama 2 menit setiap hari untuk membantu pencernaan berfungsi dengan baik. Saat ditekan, mungkin kamu akan merasakan sedikit rasa sakit, namun hal itu wajar.

4Titik sikut

Titik sikut. (BRIGHTSIDE)

Untuk menemukan titik ini, ambil jarak sepanjang ibu jari, dari pertemuan tulang sikut ke arah bagian dalam lipatan sikut. Tekan titik ini dengan ibu jari selama 1 menit setiap hari. Akupresur pada titik ini dapat mencegah tubuh menyimpan terlalu banyak air. Dan, membantu usus berfungsi dengan baik.

5Titik pergelangan kaki

Titik pergelangan kaki. (BRIGHTSIDE)

Titik ini terletak pada kaki bagian dalam, 5 cm di atas pergelangan kakimu. Berikan tekanan dengan ibu jari selama 1 menit setiap hari dan lepaskan tekanan perlahan. Ingat, jangan lakukan akupresur pada titik ini apabila kamu sedang hamil!

Cobalah mempraktikan tekanan pada titik-titik tersebut setiap hari, dan kamu akan merasakan perubahan pada tubuhmu. Teknik akupresur ini cukup efektif untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu mengnotrol selera makanmu saat sedang diet.

 

 

 BRIGHTSIDE| SHAPE MAGAZINE| TIMES OF INDIA

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments