hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

1 Februari 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Persoalan bau badan sudah tentu jadi hal yang paling dihindari banyak orang. Selain bikin malu, bau badan juga kerap bikin diri sendiri enggak nyaman dan kurang percaya diri dalam beraktivitas.

Memang sih, bau badan umumnya disebabkan oleh faktor genetis. Namun, bau badan juga bisa diperkuat oleh sejumlah makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Nah, berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang paling berpengaruh ke aroma tubuhmu, dilansir dari Brightside.

1Yoghurt vs susu

Yoghurt vs susu. (BRIGHTSIDE)

Yoghurt mengandung kultur aktif yang mampu menurunkan jumlah senyawa sulfida, penyebab bau badan. Selain itu, vitamin D yang ada dalam yogurt membantu melawan bakteri yang ada di mulut, sehingga mengurangi bau mulut. Di sisi lain, susu mengandung kolin yang bisa menyebabkan bau badan yang enggak sedap.

2Jus lemon vs wine

Jus lemon vs win. (BRIGHTSIDE)

Sama seperti bir, kandungan alkohol dalam wine juga bakal membuat bau badan kian menyengat. lebih baik minum campuran air dan lemon. Lemon membantu detoksifikasi tubuh karena sifat antioksidannya yang tinggi, sementara air dalam jus mengeluarkan racun.

3Teh herbal vs kopi

Teh herbal vs kopi. (BRIGHTSIDE)

Teh herbal adalah sumber antioksidan tinggi. Semakin sedikit racun yang dimiliki tubuh, semakin baik baunya. Kopi atau minuman berkafein di sisi lain bisa menyebabkan bau badan yang tajam.

4Apel vs kembang kol

Apel vs kembang kol. (BRIGHTSIDE)

Apel memiliki sifat deterjen yang alami sehingga dapat membantu melawan bau mulut. Kembang kol, di sisi lain, mengandung kolin, nutrisi seperti vitamin B yang bisa menyebabkan bau badan busuk.

5Jeruk vs buah labu

Jeruk vs buah labu. (BRIGHTSIDE)

Buah jeruk memang berbau harum dan mudah diserap tubuh, sehingga memberi bau harum juga pada tubuh. Sebaliknya, labu mengandung kolin yang dicerna menjadi trimetilamina. Akumulasi trimetilamina dalam tubuh bisa menyebabkan bau badan yang buruk.

6Kapulaga dan kayu manis vs bawang merah dan putih

Kapulaga dan kayu manis vs bawang merah dan putih. (BRIGHTSIDE)

Kapulaga dan kayu manis enggak hanya membuat makanan enak, tapi juga membuat bau tubuh lebih segar dan tahan lama. Sebaliknya, bawang putih dan merah mengandung senyawa sulfur organik yang menyebabkan bau badan enggak sedap.

7Seledri vs asparagus

Seledri vs asparagus. (BRIGHTSIDE)

Seledri membantu tubuh melepaskan feromon, sehingga membuat kamu tampak lebih menarik bagi lawan jenis. Asam asparagusis dalam asparagus yang dipecah menjadi senyawa belerang, justru bisa bikin kamu bau badan yang enggak diinginkan.

 

 

 

BRIGHTSIDE| WEB MD| ACADEMIC

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments