hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

31 Januari 2019, 18:30 WIB

INDONESIA

Sebagai minuman, kopi sudah pasti jadi salah satu favorit jutaan orang di dunia. Selain sebagai minuman, kopi juga banyak diolah menjadi produk makanan, kosmetik hingga perawatan tubuh! Beberapa diantaranya pasti pernah kamu gunakan. Nah, ada produk apa saja yang menggunakan kopi sebagai bahan dasarnya? Check these out!

 

 

 

1 . Pewangi tangan

BRIGHTSIDE

Yup, siapa yang bisa menolak harumnya aroma kopi yang baru diseduh? Wanginya sangat menggoda. Karena itu, beberapa orang memanfaatkan kopi untuk menghilangkan bau menyengat di tangan. Caranya, gosokkan kopi di tangan, lalu bilas dengan air. Wangi kopi akan menggantikan bau menyengat yang sebelumnya menempel di tangan kamu.

2. Masker wajah

BRIGHTSIDE

Enggak hanya wangi dan rasanya yang enak, kopi juga memiliki sejumlah manfaat untuk kulit. Bubuk kopi menghilangkan sel-sel kulit mati dan memberikan efek anti-kerut karena kandungan antioksidannya. Ini menjadikan bubuk kopi salah satu produk terbaik untuk kulit. Kopi bubuk bisa digunakan langsung di kulit wajah, atau dibuat menjadi masker. 

3. Menghilangkan bau di lemari es

BRIGHTSIDE

Bau enggak enak di lemari es? Enggak perlu bingung, lawan dengan secangkir kopi dan masukkan ke dalam lemari es.  Aroma kopi ampuh menghilangkan bau amis ikan dan aneka makanan beraroma kuat lainnya.

4. Obat anti selulit

BRIGHTSIDE

Mayoritas krim anti-selulit yang dijual bebas memiliki satu bahan yang sama, yaitu kafein. Masalahnya adalah semuanya mahal! Jadi kalau memiliki kopi di rumah, mengapa tidak memanfaatkannya dengan baik? Perawatan anti selulit bisa dibuat sendiri. Caranya, campurkan kopi dengan minyak kelapa. Oleskan ke area yang ada selulitnya, lalu  pijat dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Bilas dengan air.

5. Membasmi kutu

BRIGHTSIDE

Karena aromanya yang kuat, kopi dapat digunakan sebagai perawatan DIY untuk mengusir kutu dari hewan peliharaan, misalnya anjing. Setelah memandikan anjing, gosok dengan sisa kopi bekas diminum. Ini juga membawa manfaat ekstra untuk mencegah anjing berbau kurang sedap.

6. Perawatan rambut

BRIGHTSIDE

Kopi memiliki sejumlah kegunaan untuk kecantikan. Selain baik untuk kulit, kopi juga bekerja luar biasa pada rambut. Tidak hanya membuat rambut berkilau, tetapi kafein juga merupakan obat yang bagus untuk mengatasi kerontokan karena merangsang pertumbuhan rambut dan membuatnya terasa lembut dan bergizi.

Seduh kopi yang jumlahnya harus cukup untuk menutupi semua rambut. Biarkan dingin lalu aplikasikan ke rambut. Pijat kulit kepala dengan gerakan memutar. Biarkan sekitar 20 menit lalu bilas dengan air. Gunakan seminggu sekali, dan rasakan manfaatnya.

7. Pengelupas sel kulit mati

BRIGHTSIDE

Kopi adalah pengelupas alami yang membantu menghilangkan sel kulit mati. Untuk membuat perawatan pengelupasan sendiri cukup campurkan kopi bubuk baik bekas ataupun baru, dengan minyak zaitun. Gunakan scrub untuk mengoleskannya pada area tubuh yang diinginkan. Biarkan sekitar 15 menit dan bilas dengan air hangat.

8. Penyegar udara

BRIGHTSIDE

Jika tidak tahan dengan aroma penyegar udara atau tidak ingin mengisi rumah dengan bahan kimia, menggunakan kopi sebagai penyegar udara alami akan menjadi pilihan terbaik untuk. Masukkan bubuk kopi bekas dan kering ke dalam stocking nilon yang tidak lagi digunakan dan letakkan di ruangan yang ingin disegarkan.

9. Dekorasi

BRIGHTSIDE

Lihatlah bentuk biji kopi ini. Cantik kan? Ditambah lagi, aroma kopi segar yang luar biasa, entah bagaimana dapat memberikan perasaan sejahtera. Biji kopi sering digunakan sebagai elemen dekoratif untuk memberikan tampilan yang bagus. Kamu bisa beli botol transparan (atau wadah kaca lainnya) dan isi dengan biji kopi. Letakkan botol di suatu tempat di atas perabot, seperti meja sudut. Selain kreatif juga dapat menyegarkan ruangan.

BRIGHTSIDE | HEALTHLINE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments