hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

31 Januari 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Berdasarkan sebuah penelitian, hampir setengah dari populasi manusia dewasa di dunia ini kerap mengalami sakit kepala, setidaknya setahun sekali. Ada banyak jenis sakit kepala seperti migrain, sakit kepala cluster, hingga sakit kepala yang timbul karena ketegangan, masalah penglihatan atau sinus. Sakit kepala akibat ketegangan adalah yang paling umum dirasakan dan memengaruhi kebanyak orang.

Karena sakit kepala datang enggak diundang, bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Berikut ini daftar 10 teknik yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkannya.

1Terapi suhu

Terapi suhu. (BRIGHTSIDE)

Mandi air hangat membantu mengendurkan otot yang tegang dan dapat meredakan sakit kepala. Kalau hanya punya sedikit waktu untuk mandi, bisa juga menggunakan kompres air panas.

2Aromaterapi

Aromaterapi. (BRIGHTSIDE)

Aroma minyak esensial tertentu, terutama lavender, dapat menenangkan sakit kepala. Pijat dengan lembut minyak di dahi dan pelipis. Kemudian berbaringlah di ruangan yang tenang dan gelap, usahakan badan lebih rileks.

Minyak peppermint juga bermanfaat dalam mengobati sakit kepala. Hal ini senada dengan hasil penelitian yang dilakukan di Shiraz University di Iran, terbukti efektif dalam mengobati migrain.

3Minum air

Minum air. (BRIGHTSIDE)

Dehidrasi adalah penyebab umum sakit kepala. Untuk mencegah sakit kepala ini, jaga agar tubuh terhidrasi dengan baik. Tetapi perlu diingat bahwa overhidrasi dapat menyebabkan hiponatremia, suatu kondisi di mana natrium hadir dalam darah menjadi terlalu encer. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, mual, dan kembung.  Gejala yang sulit dibedakan dengan gejala dehidrasi.

4Obat herbal

Obat herbal. (BRIGHTSIDE)

Jahe telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati sakit kepala termasuk migrain. Studi terbaru juga telah membuktikan kemanjurannya. Jika sakit kepala, kamu bisa minum jus jahe yang disiapkan dengan mencampurkan setengah sendok teh bubuk jahe ke dalam air hangat.

5Memijat area jempol tangan

Memijat area jempol tangan. (BRIGHTSIDE)

Titik-titik ini terletak di antara jempol dan telunjuk. Temukan daerah itu dan cubitlah dengan kuat selama sekitar 10 detik.

Setelah 10 detik, lepaskan cubitan dan pijat area ini menggunakan jempol tangan yang lain. Dengan menggerakkannya dalam gerakan memutar. Gerakkan searah jarum jam selama 10 detik dan kemudian berlawanan arah jarum jam selama 10 detik berikutnya.

Ulangi proses ini di tangan satunya lagi. Titik akupresur ini sangat membantu dalam meredakan ketegangan di kepala dan leher yang sering dikaitkan dengan sakit kepala.

6Memijat Poin Yin Jiao

Memijat Poin Yin Jiao. (BRIGHTSIDE)

Titik ini berlokasi di balik tulang menonjol di pergelangan kakimu. Tekan titik itu dan pijat selama 4-5 detik untuk memberikan efek menenangkan pada tubuh.

7Menekan titik gerbang kesadaran

Menekan titik gerbang kesadaran. (BRIGHTSIDE)

Ini adalah sepasang titik yang terletak di daerah berongga antara 2 otot leher vertikal di pangkal tengkorak. Dengan menggunakan jari telunjuk dan tengah dari kedua tangan, tekan dengan kuat pada kedua sisi selama sekitar 10 detik.

Setelah itu, lepaskan dan ulangi. Menekan titik ini ditujukan agar bisa mengurangi sakit kepala yang disebabkan karena ketegangan di leher. Dan juga bisa membantu mengatasi migrain.

8Memijat titik bambu

Memijat titik bambu. (BRIGHTSIDE)

Titik-titik ini terletak di kedua sisi hidung di palung di mana jembatan hidung bertemu dengan punggungan alis. Gunakan jari telunjuk untuk memberikan tekanan kuat pada kedua sisi secara bersamaan selama sekitar 10 detik. Lepaskan tekanan dan ulangi.

Menerapkan tekanan pada titik-titik ini efektif dalam meredakan sakit kepala. Yang disebabkan oleh lelah mata dan sinus.

9Memijat titik bahu belakang

Memijat titik bahu belakang. (BRIGHTSIDE)

Titik ini terletak di antara bahu dan pangkal leher. Dengan menggunakan jempol, pijat lokasi ini di sisi kiri. Gerakkan jempol dengan arah memutar selama sekitar 1 menit.

Setelah 1 menit, lakukan hal yang sama di sisi kanan. Ini dapat mengurangi kekakuan di leher dan bahu.

10Memijat titik pinggir dahi

Memijat titik pinggir dahi. (BRIGHTSIDE)

Titik ini terletak di sudut luar setiap mata. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk memijat titik ini dengan lembut di kedua sisi mata secara bersamaan sampai merasa lega. Pijatan ini dapat membantu untuk menghilangkan rasa sakit akibat sakit kepala migrain.

BRIGHTSIDE| NCBI

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments