hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

29 Januari 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Selama ini, manusia telah berusaha memecahkan misteri mimpi. Bahkan, ada disiplin studi khusus tentang mimpi yang disebut oneirology.

Namun, bagi mereka yang lebih suka sisi esoteris ketimbang sains, biasanya memilih untuk menafsirkan mimpi berdasarkan buku-buku mimpi. Dan meyakini bahwa lewat mimpi, masa depan bisa diprediksi.

Dilansir dari Brightside, para psikolog pun berpikir bahwa mimpi dapat secara akurat mencerminkan kondisi seseorang saat itu. Dan bahwa alam bawah sadar sedang mencoba memberi tahumu sesuatu melalui mimpi dari waktu ke waktu.

1Mimpi terjatuh

Mimpi terjatuh. (BRIGHTSIDE)

Saat dewasa, seseorang akan lebih sering mimpi terjatuh daripada terbang. Menurut psikolog Ian Wallace, mimpi tentang jatuh melambangkan rasa takut akan kehilangan kendali.

Bisa jadi, kamu sedang mengalami kesulitan mengendalikan sesuatu dalam hidupmu. Karena beberapa perubahan drastis yang belum siap kamu hadapi. Misalnya di bidang pekerjaan, hubungan asmara, keuangan, kesehatan, dan sebagainya. Sehingga kamu merasa tertekan atau rentan setiap saat.

2Mimpi gigi copot, terluka, atau mati

Mimpi gigi copot, terluka, atau mati. (BRIGHTSIDE)

Seorang pakar mimpi, Patricia Garfield, menghubungkan mimpi tentang rontoknya gigi dengan kemarahan tersembunyi. Ketika menahan marah, kamu akan menekan rahang dan gigi mungkin mulai berderit dan menggiling. Mimpi ini mungkin menandakan bahwa ini saatnya untukmu menghilangkan perasaan negatif.

Selain itu, kamu mungkin sering bermimpi di mana seseorang yang dekat denganmu terluka, sakit, atau sekarat. Mimpi-mimpi itu menyebabkan kecemasan yang kadang hanyalah ketakutanmu akan masa depan. Dan perubahan yang enggak terhindarkan, yang terjadi pada orang-orang terdekatmu.

Sementara, kalau kamu memimpikan kematianmu sendiri, itu berarti sebagian hati dan pikiranmu masih tertinggal di masa lalu. Sehingga sudah saatnya move on, memberi ruang pada sesuatu yang baru.

3Mimpi gagal tampil di depan publik

Mimpi gagal tampil di depan publik. (BRIGHTSIDE)

Suatu hari kamu mengikuti ujian dan tiba-tiba menyadari bahwa kamu enggak mengingat apa pun atau enggak dapat mengatakan apa-apa saat berdiri di depan banyak orang. Mimpi-mimpi ini mungkin dialami enggak hanya oleh siswa dan anak-anak sekolah, tetapi juga oleh orang-orang yang sudah lama lulus lho. Kemungkinan kamu mengalami stres sesaat sebelum tidur atau sangat khawatir tentang sesuatu. Dalam hal ini, lebih baik istirahatkan pikiran dan bersantailah!

4Mimpi salah baju

Mimpi salah baju. (BRIGHTSIDE)

Pernahkah bermimpi, kamu muncul di tempat umum mengenakan pakaian yang enggak pantas atau malah enggak mengenakan pakaian sehelaipun? Dalam situasi ini, penting untuk memperhatikan perasaan yg kamu alami ketika kamu merasa malu dalam mimpi.

 "Ini berarti kamu merasa rentan terhadap pekerjaan baru atau dalam hubungan baru dan takut bahwa orang lain akan tahu kelemahanmu,"ungkap Ian Wallace, seorang Psikolog asal Amerika.

 Namun, jika enggak merasa malu dalam mimpimu, tetapi alih-alih merasa bangga pada diri sendiri, artinya pun berlawanan. Mungkin kamu merasakan kurangnya pengakuan, kekaguman, dan ingin orang lain melihat bakatmu.

5Mimpi dikejar-kejar

Mimpi dikejar-kejar. (BRIGHTSIDE)

Mimpi semacam ini memiliki beberapa arti berbeda. Seorang ahli di bidang mimpi, Lauri Loewenberg mengatakan bahwa orang yang cenderung menghindari konflik atau menyebabkan masalah akan bermimpi sedang dikejar-kejar. Dan kemungkinan mimpi tersebut akan datang lagi dan lagi sampai masalah yang dihindari tersebut kamu hadapi hingga selesai.

Perhatikan hal yang mengejarmu karena itu melambangkan perasaan atau situasi yang enggak menyenangkan. Yang kamu coba hindari dalam kehidupan nyata. Itu bisa berupa hutang atau kecanduan.

Atau, apakah di dalam mimpimu, kamu merasa dikejar oleh orang yang dikenal? Mimpi tersebut bisa jadi menunjukkan orang lain atau bahkan bagian dari kepribadianmu sendiri yang sulit mengakui hal baik dari dalam dirimu. Seperti bakat atau aspirasi tersembunyi.

6Mimpi bencana besar

Mimpi bencana besar. (BRIGHTSIDE)

Mimpi-mimpi ini mungkin mengindikasikan masalah pribadi yang enggak terkendali atau akibat merasa terancam oleh sesuatu. Tentu saja, pesan konstan di media tentang bencana dan tindakan terorisme memperburuk situasi juga. Sebagai hasilnya, kamu mulai merasa rentan di dunia nyata, kepikiran, hingga terbawa mimpi.

7Mimpi kondisi barang atau kendaraan rusak

Mimpi kondisi barang atau kendaraan rusak. (BRIGHTSIDE)

Pernahkah kamu bermimpi sedang mencoba menggunakan beberapa gadget atau perangkat dan tiba-tiba langsung rusak? Misalnya, ponsel berhenti beroperasi dan kamu enggak bisa menelepon siapa pun. Atau kamu mengendarai mobil yang rusak mendadak. Menurut Patricia Garfield, mimpi-mimpi ini lebih sering dialami oleh wanita. Dan melambangkan kekhawatiran tentang hubungan atau hilangnya hubungan emosional dengan seseorang.

8Mimpi hamil

Mimpi hamil. (BRIGHTSIDE)

Seaneh kedengarannya, namun ternyata bukan hanya wanita yang bisa bermimpi tentang kehamilan. Seorang psikolog bernama David Bedrick mengatakan kehamilan melambangkan sesuatu yang baru tumbuh di dalam diri kita.

 Secara enggak sadar bermimpi tentang ‘hamil’ atau ‘melahirkan’ artinya kamu sedang memiliki proyek kreatif baru yang menarik. Bisa apa saja, mulai dari menulis buku hingga memperbaiki rumah. Sudah waktunya untuk menetapkan tujuan dan menunjukkan kepada dunia bagaimana kamu dapat mengambil peran baru ini.

9Mimpi terlambat

Mimpi terlambat. (BRIGHTSIDE)

Mimpi yang membuatmu berlari setelah kereta berangkat atau terlambat untuk pertemuan penting dapat terjadi cukup sering. Menurut seorang ahli mimpi, Michael R. Olsen, mimpi ini dapat melambangkan rasa takut kehilangan sesuatu yang sangat penting dalam hubungan percintaan, keluarga, ataupun pekerjaan.

10Mimpi ruangan asing

Mimpi ruangan asing. (BRIGHTSIDE)

Mimpi tentang kamar baru adalah tentang pengetahuan diri. Jika kamu menemukan dirimu di rumah yang enggak dikenal dalam mimpi, itu berarti kamu enggak mengenal dirimu dengan baik dan mencoba mengabaikan beberapa sisi karaktermu. Ruang asing yang terpisah melambangkan bahwa kamu memiliki bakat, keterampilan, atau peluang tersembunyi yang selama ini enggak kamu gunakan.

 

BRIGHTSIDE| INDEPENDENT.UK

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments