hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

25 Januari 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Memiliki tubuh langsing minim lemak menjadi idaman hampir semua orang. Karena itu, berbagai cara dilakukan. Namun, tahukah kamu, dengan turunnya kadar lemak dalam tubuh, ada banyak dampak positif lainnya yang terasa? Kadang ada beberapa hal yang enggak diduga bisa terjadi ketika tubuh kamu makin langsing! Ini dia diantaranya.

1. Energi meningkat

Setelah berat badan turun, kamu bisa merasakan kondisi tubuh makin fit. Hal ini disebabkan makin ringannya beban tubuh, sehingga enggak perlu banyak energi. Penurunan berat badan meningkatkan efisiensi oksigen, jadi enggak perlu khawatir kehabisan nafas saat naik turun tangga.

2. Ingatan makin tajam

Ingatan makin tajam ketika tubuh kehilangan lemak berlebih. (BRIGHTSIDE)

Otak adalah organ lain yang mendapat manfaat dari penurunan berat badan. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa menghilangkan kelebihan lemak dapat meningkatkan kemampuan kognitif terkait dengan perencanaan, penyusunan strategi, dan pengorganisasian. Setelah berat badan turun, otak juga menjadi lebih aktif ketika menyimpan ingatan baru dan karena itu membutuhkan lebih sedikit sumber daya untuk mengingat kembali informasi yang diperlukan.

3. Kulit jadi lebih bersih

Kulit jadi makin bersih dan sehat. (BRIGHTSIDE)

Turunnya berat badan tidak hanya membuat tubuh terasa lebih sehat, tetapi juga memberi perubahan besar dalam penampilan. Kulit jadi lebih bersih dan berhenti mengelupas, rambut menjadi lebih tebal, dan kuku menjadi lebih kuat.

4. Meringankan alergi

Berat badan ekstra membuat sistem pernafasan memburuk, apalagi bagi penderita alergi musiman. Ketika badan melangsing alergi yang dialami jadi lebih ringan karena saluran pernapasan menjadi jernih. Dalam beberapa kasus bahkan tidak perlu lagi menggunakan inhaler dan minum obat anti alergi musiman.

5. Kaki jadi lebih kecil

Ketika menurunkan berat badan ekstra, tubuh kehilangan lemak termasuk pada kaki juga. Jadi, jangan panik ketika sepatu favorit mulai kendor. Sebaliknya, berbahagialah karena sekarang lebih mudah untuk menaikan sepatu bot di sekitar betis. Dan jangan lupa untuk mengukur ulang cincin karena jari akan menjadi lebih ramping juga.

6. Siklus menstruasi berubah

Siklus menstruasi turut berubah seiring hilangnya lemak. (BRIGHTSIDE)

Tingkat hormon berhubungan erat dengan berat badan. Jadi ketika kehilangan atau menambah lemak ekstra, sistem endokrin juga mengalami perubahan tertentu. Naik turunnya kadar estrogen dan testosteron dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi.

7. Berhenti mendengkur

Para peneliti telah menemukan bahwa kehilangan setidaknya 5% dari berat badan dapat membantu tidur lebih baik dan lebih lama sepanjang malam. Ternyata penurunan berat badan yang sedikit pun mengurangi kelebihan berat di sekitar leher yang biasanya menyumbat saluran udara bagian atas dan memperparah gejala sleep apnea dan mendengkur. Dengan tidak terbangun di tengah malam, kualitas tidur menjadi jauh lebih baik dan pada gilirannya, membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

BRIGHTSIDE | MNN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments