hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

25 Januari 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kamu ingin rambut tebal dan cepat panjang? Mungkin kamu sudah coba banyak cara seperti memakai shampo khusus, masker rambut, atau rutin memotong ujung-ujung rambut. Tapi rambut masih tak kunjung memanjang.

Ternyata, asupan nutrisi ke dalam tubuh juga berpengaruh loh. Berikut makanan yang berguna untuk memanjangkan dan menebalkan rambut.

1Salmon

Salmon. (PIXABAY)

Kandungan omega 3 dalam ikan salmon dapat memperkuat folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin B12 dan zat besinya juga mempercepat masa pertumbuhan rambut. 

2Tiram

Tiram. (PIXABAY)

Tiram adalah makanan dengan kandungan zinc yang sangat tinggi, yang membut rambut cepat tumbuh dan berkilau. Tapi, kalau bosan makan tiram, kamu bisa mengganti menu dengan menggunakan hati sapi yang juga kaya akan kandungan zinc.

3Ayam

Daging ayam. (PIXABAY)

Kandungan protein dalam ayam sangat dibutuhkan untuk produksi keratin. 80 persen batang rambut kita terbuat dari keratin. Kurangnya asupan protein selama lebih dari tiga bulan bisa menghentikan pertumbuhan rambut dan membuat rambut cepat rontok. 

4Telur

Telur. (PIXABAY)

Bukan rahasia kalau telur adalah makanan yang kaya protein. Selain protein, telur juga mengandung biotin yang dapat mencegah kerontokan rambut. 

5Kacang almond

Kacang almond. (PIXABAY)

Almond mengandung vitamin E yang dapat mengaktifkan pertumbuhan dan menguatkan rambut. Mengonsumsi 15-20 butir almond sudah memenuhi 70 persen kebutuhan vitamin E sehari-hari. Almond juga mengandung biotin, asam lemak, dan vitamin B. 

6Biji labu kuning

Biji labu kuning. (BBCGOODFOOD)

Kandungan vitamin B1, B2, B3 dan B4 dalam biji labu kuning berguna untuk menumbuhkan rambut. Sedangkan kandungan vitamin B5 dan B6 dapat menyehatkan kulit kepala. Kerontokan rambut yang parah dapat diatasi dengan mengonsumsi minyak labu kuning. 

7Kacang lentil

Kacang lentil. (GARLIC & ZEST)

Kacang lentil merupakan sumber zat besi yang sangat kaya yang dapat membantu pertumbuhan rambut sehat. Dalam kacang lentil juga terkandung zinc dan zat kolin yang bermanfaat untuk perawatan kesehatan rambut. 
 
BRIGHTSIDE | DAILY STAR

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments