hero
(ISTIMEWA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

24 Januari 2019, 22:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 dikenang sebagai kontestasi politik “terkeras” sepanjang sejarah pilkada di Indonesia. Saat itu, Basuki Tjahaya Purnama yang berpasangan dengan Djarot Saiful Hidayat bersaing ketat dengan Anies Baswedan – Sandiaga Uno serta Agus Harimurti Yudhoyono – Silviana Murni. Ahok kemudian kalah di arena politik ini, bahkan divonis bersalah dalam kasus penistaan agama yang mengantarnya masuk tahanan. Kini, Ahok telah bebas. Apa kata para rival politiknya di Pilgub DKI 2017 lalu? Ini rangkumannya.

1Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat kepada Basuki Tjahaya Purnama yang telah menghirup udara bebas mulai hari ini. Anies pun memastikan bahwa DKI akan terbuka bagi Ahok untuk mengurus semua keperluan yang terkait dengan pemerintah.

Basuki Tjahaya Purnama (kiri) dan Anies Baswedan (kanan). (NET)

Anies juga menyebut jika Balai Kota selalu terbuka untuk Ahok bila ingin datang. Meski demikian, Anies belum bisa memastikan rencana bertemu antara dirinya dengan Ahok. 

“Saya mengucapkan selamat dan kami di Pemprov DKI Jakarta siap melayani apa pun yang menjadi kebutuhan warga seperti warga lainnya. Nanti ketika aktif sebagai warga Jakarta perlu mengurus apapun, Pemprov melayani sama dengan warga yang lain,” ujar Anies.

2Sandiaga Uno

Sandiaga Uno (paling kiri) dan Ahok (paling kanan) saat debat jelang Pilkada DKI Jakarta. (NET) 

Cawapres nomer urut 02 Sandiaga Uno mengucapkan selamat kepada Ahok, Kamis siang. Hal ini disampaikan oleh Sandi usai berdialog dengan ratusan korban kebakaran di Tomang, Jakarta Barat. 

Sandi mengaku belum mengagendakan pertemuan dengan Ahok. Sandi paham Ahok kini masih sibuk bertemu dengan keluarga dan sejumlah agenda penting lainnya.

“Saya hanya mendoakan yang terbaik tentunya kepada Pak Ahok, mitra berdemokrasi pada saat Pilgub DKI dan tentunya saling mendoakan dan berharap yang terbaik buat beliau,” tukas Sandiaga Uno. 

3Agus Harimurti Yudhoyono

Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) dan Annisa Pohan (kanan) usai mengikuti proses pencoblosan Pilkada DKI Jakarta di TPS 6, Rawa Barat, Jakarta, Rabu (15/2). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan ikut bergembira dengan bebasnya Ahok. Hal ini dikatakan oleh AHY usai menemui ribuan kader Partai Demokrat di Lamongan, Jawa Timur, Kamis siang. Meski pernah bersaing memperebutkan kursi Gubernur DKI beberapa tahun lalu, AHY mengapresiasi kebebasan mantan rival politiknya itu. 

“Saya mengucapkan selamat kepada Pak Basuki Tjahaya Purnama. Tentunya selamat datang kembali di tengah-tengah kehidupan masyarakat dan saya terus berharap bahwa beliau sebagai warga negara bisa berkontribusi memberikan gagasan kepada negeri kita yang tercinta ini,” kata AHY.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments