hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

24 Januari 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Kamu pasti sering dengar istilah super food, jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan tubuh. Sebagian ada yang bisa dikonsumsi langsung, ada juga yang bisa dicampurkan ke menu sehari-hari. Nah, pastikan dalam menu kamu ada 10 bahan makanan ini, ya!

 

1. Lemon

Lemon. (FITNESS MAGAZINE)

Satu buah lemon memiliki kadar vitamin C yang lebih dari cukup untuk asupan harian kamu. Vitamin C dapat membantu meningkatkatkan kadar kolesterol baik, dan menguatkan tulang. Kandungan citrus flavonoid dalam lemon, juga berkhasiat memperlambat petumbuhan sel kanker.

2. Brokoli

Brokoli. (FITNESS MAGAZINE)

Satu tangkai brokoli ukuran sedang mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin K harian dan hampir 200 persen dosis vitamin C harian yang direkomendasikan. Keduanya adalah nutrisi penting pembentuk tulang. Jumlah yang sama juga membantu mencegah berbagai jenis kanker. Perlu diingat, 90 persen vitamin C brokoli bertahan dalam microwave, sementara mengukus atau memasak hingga mendidih hanya menyisakan 66 persen nutrisi brokoli.

3. Dark chocolate

Dark chocolotae. (FITNESS MAGAZINE)

Mengonsumsi seperempat ons dark chocolate setiap hari, berkhasiat menjaga tekanan darah kamu tetap stabil. Kadar kolesterol baik juga akan meningkat kalau kamu rutin mengonsumsinya.

4. Kentang

Kentang. (FITNESS MAGAZINE)

Jenis kentang merah mengandung 66 mikrogram folat pembentuk sel. Jumlah yang sama ditemukan dalam satu cangkir bayam atau brokoli. Sedangkan satu ubi jalar mengandung 8 kali lipat jumlah vitamin A pencegah kanker dan peningkat kekebalan tubuh yang dibutuhkan dalam sehari.

5. Salmon

Salmon. (FITNESS MAGAZINE)

Daging salmon dikenal sebagai sumber asam lemak omega-3 yang berkhasiat menurunkan risiko depresi, penyakit jantung dan kanker. Dengan rutin mengonsumsi salmon, kamu juga bisa terhindar dari penyakit Alzheimer.

6. Kacang kenari

Kacang kenari. (FITNESS MAGAZINE)

Kenari mengandung asam lemak omega-3 terbanyak dari semua golongan kacang-kacangan, yang dapat membantu mengurangi kolesterol. Omega-3 telah terbukti meningkatkan mood dan dapat melawan kanker. Mereka juga dapat melindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Usahakan untuk mengonsumsinya meski sedikit, misalnya usai makan besar. Antioksidan melatonin yang ditemukan dalam kacang kenari membantu mengatur tidur.

7. Alpukat

Alpukat. (FITNESS MAGAZINE)

Alpukat kaya akan lemak sehat yang dapat menurunkan kolesterol sekitar 22 persen. Satu buah alpukat mampu memenuhi setengah kebutuhan serat harian kamu. Alpukat juga mampu memenuhi 40 persen kebutuhan folat harian.

8. Bawang Putih

Bawang putih. (FITNESS MAGAZINE)

Bawang putih sangat ampuh menghambat pertumbuhan bakteri, termasuk E. coli. Allicin, senyawa yang ditemukan dalam bawang putih, bekerja sebagai antiinflamasi yang kuat dan telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Bawang putih segar yang dihancurkan melepaskan allicin paling banyak. Hanya saja, jangan dimasak terlalu matang. Bawang putih yang terpapar panas tinggi selama lebih dari 10 menit kehilangan nutrisi pentingnya.

9. Bayam

Bayam. (FITNESS MAGAZINE)

Bayam mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan penambah kekebalan yang penting bagi kesehatan mata. Penelitian terbaru menemukan bahwa di antara buah dan sayuran yang melawan kanker, bayam adalah salah satu yang paling efektif. Bayam bisa dicampurkan untuk smoothie apa pun. Cobalah mencampur 1 cangkir bayam, 1 cangkir wortel parut, 1 pisang, 1 cangkir jus apel, dan es sebagai smoothie, dan rasakan manfaatnya.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan. (FITNESS MAGAZINE)

Makan satu porsi kacang-kacangan (kacang polong, kacang polong, dan lentil) empat kali seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen. Kebiasaan yang sama juga dapat mengurangi risiko kanker payudara. Semakin gelap kacang, semakin banyak antioksidan yang dikandungnya. Satu studi menemukan bahwa kulit kacang hitam mengandung 40 kali jumlah antioksidan yang ditemukan dalam kulit kacang putih.

BRIGHTSIDE | FITNESS MAGAZINE

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments