hero
(HEALTHISTA)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

15 Januari 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kalau kamu lagi berusaha menurunkan atau menjaga berat badan, sebaiknya kamu perhatikan kebiasaan-kebiasaan yang kerap dilakukan di malam hari. Dilansir dari situs Brightside, inilah hal-hal yang enggak boleh kamu lakukan pada malam hari agar berat badan tidak semakin bertambah.

1Kurang tidur

Kurang tidur. (HAIKUDECK)

Kurang tidur bisa memengaruhi metabolisme tubuhmu menjadi lebih lambat. Kamu pun akan lebih sering merasa lapar dan tidak bersemangat berolahraga karena kerap merasa capek. Durasi tidur paling baik adalah 8 jam.

2Langsung tidur sehabis makan malam

Langsung tidur sehabis makan malam. (FOODCOMA)

Nah, kebiasaan ini bisa membuat lemak lebih mudah terakumulasi dalam tubuh. Ditambah lagi pencernaan kamu bisa bermasalah kalau kamu langsung tidur sehabis makan malam. Kamu baru boleh tidur malam sekitar 1,5 sampai 2 jam setelah makan.

3Makan gorengan

Makan gorengan. (PINTEREST)

Kandungan minyak dan kalori dalam makanan yang digoreng membuat lemak mudah menumpuk dalam tubuh. Itu karena saat malam, tubuh kamu enggak punya kesempatan lagi untuk membakar kalorinya. Untuk makan malam, biasakanlah pilih makanan yang dipanggang atau direbus saja, ya.

4Makan makanan pedas

Makan makanan pedas. (PINTEREST)

Makanan pedas memang nikmat buat makan malam, tapi ternyata enggak sehat untuk perncernaanmu. Apalagi setelah makan malam, tubuh kita tidak akan diasup makanan lain lagi. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa panas pada perut dan dada saat tidur.

5Sereal atau karbohidrat

Sereal atau karbohidrat. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu terlalu banyak makan karbohidrat dan gula saat makan malam, tubuh enggak akan punya cukup waktu untuk membakarnya secara maksimal. Akibatnya energi berlebih tadi tidak akan termanfaatkan.

Justru asupan tersebut malah akan menumpuk jadi lemak dalam tubuh. Lebih baik kamu makan buah segar, salad sayuran, makanan kaya protein, atau jus saat malam hari.

6Dessert saat makan malam

Dessert saat makan malam. (BRIGHTSIDE)

Kamu pasti tahu kalau dessert itu mengandung banyak sekali gula dan tepung yang menjadi sumber lemak. Kalori dalam dessert pun enggak akan terbakar maksimal kalau dimakan pada malam hari. Lebih baik pilih buah segar saja, rasanya tetap manis tapi enggak bikin kamu waswas sama berat badan.

7Makan snack setelah makan malam

Makan snack setelah makan malam. (NEWBIE)

Nah, ini juga bahaya nih buat berat badan kalau kamu hobi ngemil setelah makan malam. Terlalu banyak energi bisa membuat kamu susah tidur juga loh. Hindarilah biskuit, kue, atau permen setelah makan malam. Jangan makan snack yang lebih dari 200 kalori pada malam hari.

8Melewatkan makan malam

Melewatkan makan malam. (BRIGHTSIDE)

Diet bukan berarti enggak makan sama sekali loh. Justru kalau kamu melewatkan makan malam, kamu hanya akan memperlambat metabolisme tubuh. Setelah itu kamu pun akan merasa semakin lapar saat menjelang waktu makan selanjutnya.

Hal tersebut malah akan bikin kamu makan lebih banyak dari semestinya. Setidaknya makanlah seporsi buah segar untuk makan malam agar metabolisme tubuh tetap terjaga.

9Mengonsumsi alkohol dan kafein

Mengonsumsi alkohol dan kafein. (BRIGHTSIDE)

Baik alkohol maupun kafein sudah jelas tidak baik untuk kualitas tidur kamu. Ditambah lagi, keduanya mengandung kalori yang cukup tinggi.

Dari pada minum alkohol atau kopi di malam hari, pilihlah jus buah segar atau susu hangat. Dan biasakanlah menutup hari dengan meminum segelas air putih.

10Main gadget dan komputer sebelum tidur

Main gadget dan komputer sebelum tidur. (HEALTHISTA)

Cahaya biru yang berasal dari gadgetmu bisa memengaruhi kualitas kesehatan dan tidurmu juga loh. Gelombang frekuensi radio yang memancar dari gadget juga bisa membuat kamu cenderung kekurangan jam tidur. Pastikan seluruh gadget kamu sudah mati setidaknya satu jam sebelum tidur. 

 

 

 

BRIGHTSIDE| READER'S DIGEST

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments