hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

11 Januari 2019, 14:00 WIB

INDONESIA

Kopi sudah menjadi salah satu minuman yang jadi favorit banyak orang sejak lama. Selain rasanya yang enak, berbagai manfaat kopi juga tersemat. Variasi minuman kopi banyak banget, nah agar kamu tetap mendulang manfaat kopi, pastikan mengonsumsinya dengan benar. Berikut ada beberapa hal yang bisa memaksimalkan manfaat kopi:

1. Hindari Pemakaian Pemanis Buatan dan Gula Rafinasi

Hindari gula terlalu banyak ya. (BRIGHTSIDE)

Sebenarnya, minum kopi itu menyehatkan, tapi kopi bisa jadi berbahaya kalau kamu memasukkan banyak gula di dalamnya. Tak sedikit varian kopi berisi pemanis buatan atau gula rafinasi, misalnya Iced Caramel Macchiato dan White Chocolate Mocha yang masing-masing mengandung gula sebanyak 34 gram dan 49 gram. Tingginya kadar pemanis buatan dapat menimbulkan beragam penyakit seperti obesitas dan diabetes. Jadi, sebaiknya kamu pakai pemanis berbahan alami seperti stevia, pengganti gula yang berasal dari tanaman Stevia Rebaudiana.

2. Cari Kopi yang Berkualitas

Pilihan kopi organik bisa kamu pertimbangkan. (BRIGHTSIDE)

Kualitas kopi sangat beragam dan tergantung pada pengolahan, penanaman, serta pemanggangan biji kopi. Besarnya produksi kopi dan adanya fakta bahwa pohon kopi membutuhkan waktu hingga 5 tahun untuk tumbuh serta menghasilkan 5 kilogram kopi, beberapa petani pun menyemprot pohon kopi mereka dengan pestisida sintetis dan bahan kimia lain yang tidak boleh dikonsumsi manusia. Zat kimia tersebut dapat mempercepat waktu pertumbuhan pohon. Telah banyak kontroversi mengenai efek jangka panjangnya pada manusia. Kalau kamu khawatir soal kandungan pestisida yang ada di dalam kopimu, sepertinya kamu harus mempertimbangkan untuk beli biji kopi organik dari merek yang berkualitas.

3. Tambahkan Kayu Manis ke dalam Kopi

Tambahkan kayu manis di kopi kamu. (BRIGHTSIDE)

Kayu manis akan terasa lezat dan menghasilkan rasa yang unik apabila ditambahkan ke dalam kopi. Sebuah studi menunjukkan, kayu manis dapat menurunkan kadar glukosa darah dan kolesterol. Kayu manis mengandung antioksidan yang melindungi tubuh manusia dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Tak hanya itu, kayu manis mampu mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol serta tekanan darah.

4. Tambahkan Bubuk Kakao

Tambahkan bubuk kakao juga menambah enaknya rasa kopi. (BRIGHTSIDE)

Sama seperti kayu manis, kakao juga mengandung antioksidan dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mengurangi resiko terkena penyakit jantung, menurunkan berat badan, dan melindungi neuron atau sistem saraf tubuh. Menurut National Institute of Health, kakao dapat meningkatkan kognisi dan mood yang positif.

5. Jangan Minum Kopi Terlalu Banyak

                              Kelebihan kafein bisa berpengaruh pada pola tidur. (BRIGHTSIDE)                       

Mengonsumsi kopi dapat menyehatkan tubuh, tapi kalau terlalu banyak minum kopi akan menyebabkan berbagai macam penyakit. Kafein yang berlebihan bisa menimbulkan rasa cemas ataupun pusing. Hal ini dapat mempengaruhi pola dan kualitas tidur kita. Selain itu, juga akan membuat kita jadi kecanduan. Kalau biasanya satu cangkir kopi saja sudah bikin kita melek lagi, kita mungkin akan butuh 3 cangkir kopi jika sudah ketagihan. 

6. Jangan Mengonsumsi Kafein Setelah Jam 2 Siang

Hindari mengonsumsi kopi setelah jam 2 siang. (BRIGHTSIDE)

Kopi jadi populer karena kandungan kafein di dalamnya yang merupakan stimulan untuk memberikan energi agar tubuh tetap terjaga dan produktif. Sehingga, minum kopi di siang hari dapat mengganggu waktu tidurmu nantinya. Tak hanya itu, kualitas tidur yang buruk menyebabkan banyak masalah kesehatan. Oleh karena itu, kalau kamu harus minum kopi di siang hari, lebih baik kamu minum kopi yang tidak mengandung kafein atau teh hitam yang kandungan kafeinnya jauh lebih sedikit tapi tetap bisa memberikan kamu energi.

7. Hindari Konsumsi Krimer Buatan

Hindari menambah krimer rendah lemak yang proses pembuatannya panjang. (BRIGHTSIDE)

Krimer merupakan bahan paling umum yang ada di dalam kopi terutama di Amerika Serikat. Krimer rendah lemak buatan biasanya melewati proses produksi yang lama dan malah mengandung bahan-bahan yang harus dipertanyakan. Bagaimanapun juga, bahan alami adalah pilihan terbaik untuk campuran kopi. Krimer jenis full cream dapat mencegah perut kembung mengandung lebih sedikit laktosa sehingga lebih mudah dicerna bagi mereka yang alergi terhadap laktosa.

BRIGHTSIDE | NCBI

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments