hero
(HIOSCAR)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

10 Januari 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Jika kamu termasuk orang yang sering merasakan sakit kepala sebelah atau migrain, coba deh mulai telusuri penyebabnya. Migrain biasanya bisa terjadi karena obat-obatan, perubahan hormon, kekurangan tidur, dan lain sebagainya.

Di antara faktor-faktor tadi, pola makan juga bisa jadi salah satu penyebabnya. Migrain bisa gampang terpicu kalau kamu sembarangan mengasup makanan dalam keseharianmu. Berikut beberapa daftar produk makanan yang bisa membuat serangan migrain seperti dilansir Brightside.

1Keju

Keju. (BRIGHTSIDE)

Keju yang melewati proses penuaan bisa menjadi pemicu migrain bagi banyak orang, karena tingginya kandungan tyramine. Tyramine berasal dari asam amino, tyrosine.

Dan biasanya terbentuk dalam makanan yang disimpan, diasamkan, berusia tua, diasapi, difermentasi, atau diasinkan. Keju yang sudah tua meliputi cheddar, feta, blue, brie, parmesan, gouda, gruyere, Swiss, dan muenster.

2Buah masam

Buah masam. (BRIGHTSIDE)

Buah asam dapat mempengaruhi tingkat pH darah, dan meningkatkan kemungkinan mengalami migrain. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekitar 11% dari orang-orang dengan sakit kepala melaporkan buah jeruk menjadi pemicu migrain mereka.

Selain itu, buah-buahan ini mengandung tyramine dan histamine. Yang juga dapat memengaruhi kesehatan bagi yang enggak dapat menoleransi kandungan ini.

3Makanan dan minuman dingin

Makanan dan minuman dingin. (BRIGHTSIDE)

Terbiasa makan es krim atau meneguk minuman dingin dengan cepat saat sedang kegerahan juga berpotensi terkena sakit kepala. Hal ini terjadi akibat rangsangan dingin yang biasanya berlangsung selama 1-2 menit.

4Gluten

Gluten. (BRIGHTSIDE)

Gluten adalah protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum, gandum hitam, jelai dan triticale. Biji-bijian ini dapat memicu migrain pada orang yang tubuhnya enggak bisa toleran terhadap gluten.

5Zat aditif makanan

Zat aditif makanan. (BRIGHTSIDE)

Bahan kimia tambahan dalam makanan biasanya enggak memiliki nilai gizi. Malah akan memberi efek negatif pada kesehatan. Di antaranya, MSG atau penyedap rasa, Aspartam atau pemanis buatan, serta pewarna makanan.

6Kafein

Kafein. (BRIGHTSIDE)

Konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala. Itulah mengapa kamu harus membatasi asupan kafein hingga 200-300 miligram atau 2-3 cangkir kopi sehari.

Ingat juga lho, kafein ada dalam produk seperti coklat, teh, coca-cola. Dan bahkan beberapa obat penghilang rasa sakit atau painkiller.

7Minuman alkohol

Minuman alkohol. (BRIGHTSIDE)

Kebanyakan orang tahu bahwa anggur merah atau wine dapat menyebabkan migrain. Namun penelitian menunjukkan bahwa minuman beralkohol lainnya seperti bir, anggur bersoda, dan beberapa minuman alkohol lain juga punya efek serupa.

Ada dua jenis sakit kepala yang dipicu oleh minuman beralkohol. Yang pertama adalah sakit kepala khas yang biasanya dimulai dalam beberapa jam, 30 menit hingga 3 jam. Jenis lainnya adalah sakit kepala akibat alkohol yang tertunda, atau mabuk.

 

 

 

BRIGHTSIDE| LIVE STRONG| NCBI

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments