hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

8 Januari 2019, 18:30 WIB

KOREA SELATAN

Kalau kamu baru kenal K-pop, banyaknya istilah yang bakal kamu temui di fandom K-pop sangat luar biasa. Untuk membantu kamu supaya lebih mengerti,  berikut adalah beberapa istilah yang paling sering digunakan.

 

1.Bias

Bias artinya anggota favorit kita. Jadi kalau ada yang tanya siapa bias kamu? Berarti dia nanyain anggota grup yang paling kamu sukai.

2. Stan

Stan artinya penggemar yang memuja selebriti favoritnya. Istilah ini tidak secara eksklusif digunakan dalam fandom K-pop, tapi sering digunakan sebagai kata kerja yang berarti bahwa kita mengidolakan atau mencintai seseorang - "I stan BTS," misalnya.

3. Comeback

Comeback adalah salah satu istilah yang paling sering digunakan dalam berita K-pop, yang mengacu pada rilis lagu atau album baru. Program musik sering merayakan "comeback special" untuk idol K-pop yang sudah beberapa lama vakum, lalu  muncul lagi dengan single atau album baru. Foto atau video promosi sering kali dirilis menjelang comeback besar.

 

4. Penggemar Sasaeng (penggemar hidup atau mati)

Penggemar Sasaeng adalah penggemar yang sangat obsesif. Minatnya pada selebriti telah berubah menjadi bentuk yang tidak sehat dan berlebihan, yang beda tipis dengan mengintai (stalking). Istilah ini mengandung konotasi negatif.

5. Jikcam (fan cam)

Jikcam, yang diterjemahkan menjadi "kamera langsung," mengacu pada video yang difilmkan oleh penggemar sendiri. Beberapa orang mengikuti grup idola dan memfilmkan video untuk mencari uang. Mereka mengunggah video yang menarik penonton sebanyak mungkin di platform seperti YouTube. Mereka mendapat uang dari banyaknya viewer dan subscriber video mereka ini. 

6. All-kill

All-kill dicapai ketika sebuah lagu memuncaki semua tangga musik utama di Korea, biasanya termasuk streaming digital dan unduhan seperti Mnet, Bugs dan Melon. Istilah lain "triple crown" mengacu pada saat seorang artis menduduki peringkat teratas pada tangga lagu tiga program musik utama di TV Korea Selatan yaitu "Inkigayo," "Music Bank" dan "M Countdown" atau "Show! Music Core. "

7. Eye-Smile

Eye smile Eun Ji "A Pink" ini bikin meleleh. (SOOMPI)

Hal ini terjadi ketika para idola tersenyum dan mata mereka membentuk bulan sabit tipis yang menandakan kebahagiaan sejati.

8. Maknae

Deretan maknae pencuri hati penggemar. 

Maknae adalah kata Korea yang awalnya digunakan untuk menyebut saudara termuda. Namun, dalam fandom K-pop, ini digunakan untuk merujuk kepada anggota termuda dari suatu grup.

KOREA HERALD | SOOMPI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments