hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

8 Januari 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Kebanyakan orang menganggap kalau penyumbatan arteri hanya terjadi pada lansia. Padahal, pada kenyatannya, ketika usia kita mencapai 20 tahunan, penyumbatan sudah terbentuk. Karena itulah banyak orang yang terlambat menyadarinya, hingga akhirnya terlambat.  Ada beberapa tanda yang bisa menjadi sinyal penyumbatan arteri di tubuh. Berikut 6 diantaranya!

 

1. Nyeri pada betis, paha atau pinggul

BRIGHTSIDE

Sakit pada kaki saat aktivitas normal seperti berjalan bisa menjadi salah satu tanda tersumbatnya arteri. Hal ini disebabkan anggota tubuh kita enggak cukup menerima aliran darah. Gejalanya termasuk kram di kaki atau lengan. Lokasi sakit tergantung dari tempat tersumbatnya arteri.

2. Sakit dada

BRIGHTSIDE

Penyebab sakit dada adalah berkurangan aliran darah ke jantung. Kalau kamu merasakan sesak, mati rasa, sensasi terbakar, itu adalah beberapa gejalanya. Biasanya hal ini dipicu kelelahan fisik dan emosional. Di beberapa kasus, penyumbatan pada arteri  yang parah,dan sakit dada bisa jadi pertanda seseorang terkena serangan jantung.

3. Penglihatan menghilang sementara

BRIGHTSIDE

Arteri karotid menyuplai aliran darah ke mata dan otak kita. Jika pembuluh darah ini tersumbat, kita akan kehilangan penglihatan sementara di sisi yang tersebut. Jika terjadi penyumbatan total, akan menyebabkan stroke.

4. Sakit di pinggang bawah

BRIGHTSIDE

Sakit di pinggang bagian bawah adalah tanda yang enggak boleh kamu abaikan. Ketika aliran darah ke bagian bawah pinggang berkurang, piringan sendi antara tulang belakang jadi rapuh. Dan inilah yang menyebabkan sakit. Tanda ini juga salah gejala pertama yang dialami orang yang mengalami penyumbatan arteri.

5. Sesak nafas

BRIGHTSIDE

Nah, gejala yang ini terjadi kalau arteri koroner kamu rusak. Jantung enggak bisa memompa cukup darah sesuai kebutuhan tubuh mereka.  Banyak yang enggak menghiraukan gejala sesak nafas ini sebagai masalah serius, padahal bisa saja ini salah satu tanda adanya penyumbatan arteri di koroner kamu.

6. Kaki atau tangan terasa dingin

BRIGHTSIDE

Kalau kaki kamu sering terasa dingin, bisa jadi disebabkan oleh penyakit arteri periferal. Masalah ini terjadi ketika ada penyempitan arteri sehingga aliran darah ke organ tubuh berkurang. Luka yang susah sembuh atau denyut nadi lemah di bagian kaki merupakan salah satu tanda kamu harus memeriksakan diri ke dokter.

Apakah kamu pernah mengalami gejala-gejala di atas? Jangan anggap remeh, ya. Perhatikan gaya hidup kamu dan ubah menjadi lebih sehat. Jaga pola makan dan banyak bergerak!

BRIGHTSIDE | HEALTH

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments