hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

7 Januari 2019, 08:45 WIB

KOREA SELATAN

Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2017, rata-rata setiap perempuan menggunakan 16 produk kecantikan setiap hari. Fakta ini enggak mengejutkan, karena banyaknya variasi produk perawatan kulit dan makeup yang menggoda untuk dibeli. Namun, tahukah kamu? Ternyata banyak produk-produk yang sebenarnya enggak terlalu berguna! Coba dicek, apakah produk-produk ini ada dalam daftar belanjaan kamu?

1. Krim Malam

BRIGHTSIDE

Kandungan krim malam yang dijual di pasaran biasanya retinol. Retinol enggak bisa memberi manfaat maksimal di siang hari, karena pengaruh sinar matahari. Nah, sebenarnya krim malam enggak perlu kamu beli, jika kamu merawat kulit dengan baik sepanjang hari.

2. Krim Cukur Khusus Perempuan

BRIGHTSIDE

Kamu sering lihat produk krim atau foam cukur khusus perempuan kan? Sebenarnya, kandungannya sama saja dengan krim cukur pria. Yang berbeda hanya aroma dan design kemasannya saja kok. Dan biasanya harga krim cukur khusus perempuan justru lebih mahal!

3. Strip Penghilang Komedo

BRIGHTSIDE

Komedo terbentuk karena adanya akumulasi bakteri dan kulit mati di bawah folikel rambut pada kulit. Namun, strip penghilang komedo yang sering disebut sebagai solusi, nyatanya hanya mengangkat kotoran di permukaan. Jadi, kotoran di pori-pori kamu tetap ada.

4. Krim Leher

BRIGHTSIDE

Kulit leher sangat tipis dan lembut, karena itu butuh terus-menerus dilembabkan. Meski begitu, enggak perlu juga beli krim khusus untuk leher, karena pelembab wajah biasa sudah cukup melembabkan.

5. Spray Wajah

BRIGHTSIDE

Katanya, spray wajah membantu melembabkan dan menyegarkan wajah sepanjang hari. Namun, menurut dermatologis, justru kelembabkan kulit menguap bersama air yang terkandung di spray. Hasilnya kulit jadi kering.

6. Kertas Minyak

BRIGHTSIDE

Biasanya kertas minyak dipakai untuk menyerap sebum dari kulit. Namun, sesungguhnya, tisu atau handuk biasa juga memberi efek serupa. Hanya saja, spot berminyak enggak akan terlalu terlihat di permukaan tisu atau handuk.

7. Tabir Surya SPF100

BRIGHTSIDE

Kita berasumsi kalau tabir surya dengan SPF100 akan melindungi 3 kali lebih baik dari SPF30, padahal asumsi itu salah. Sebaiknya, kamu memilih tabir surya dengan SPF antara 15 hingga 50. Hal ini diperburuk, tabir surya dengan SPF tinggi membuat kamu terlena dan menghabiskan waktu lebih lama di bawah sinar matahari.

Nah, berdasarkan daftar di atas, kamu sudah bisa menyortir produk perawatan dan kosmetik yang enggak perlu dibeli, kan?

BRIGHTSIDE | BUZZFEED

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments