hero
(World of Buzz)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

4 Januari 2019, 06:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Bagi generasi milenial yang sudah memiliki pekerjaan, pasti ingin sekali memiliki aset berupa rumah dan mobil. Tapi sayangnya, kedua benda ini memiliki harga yang fantastis dan sangat sulit jika harus dibeli bersamaan. Makanya enggak heran, banyak sekali anak muda yang suka kebingungan memilih beli mobil atau rumah terlebih dahulu. 

Nah, buat kamu yang mengalami kondisi ini, NET.Z punya beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli mobil atau rumah terlebih dahulu. Penasaran apa saja itu? Let's check this out!

1Beli Mobil Mudahkan Transportasi

Buat kamu yang sedang tergoda untuk membeli mobil dulu, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus kamu perhatikan. Salah satu kelebihan dari membeli mobil dulu adalah semakin memudahkan transportasi, apalagi jika kamu memiliki pekerjaan yang  tingkat mobilitasnya tinggi. Kamu enggak perlu lagi gonta-ganti kendaraan, antri dan berdesak-desakan di kendaraan umum lagi.

2. Uang DP dan Jangka Cicilan Lebih Kecil

Selain karena memudahkan mobilitas, uang muka untuk membeli sebuah mobil juga biasanya lebih rendah dibandingkan dengan membeli rumah. Terlebih lagi, banyak anak muda yang tergiur untuk membeli mobil karena jangka waktu pinjaman dan kreditnya yang lebih pendek dibandingkan kredit rumah yang bisa mencapai 20 tahun.

3. Nilai Investasi Mobil Selalu Menurun

Sayangnya meski lebih mudah dijangkau, harga investasi pada mobil cendrung menurun setiap tahunnya. Terlebih lagi jika ada mobil-mobil dengan model dan fasilitas terbaru, sudah pasti harga pasaran mobil yang sudah kamu beli akan menurun.

Selain itu, bunga pada cicilan mobil biasanya sangat tinggi dibandingkan cicilan rumah. Bahkan jika ditotal, jumlah cicilan kamu bisa lebih mahal sampai Rp 5-6 juta dibandingkan beli mobil secara cash loh!

4. Nilai Investasi Rumah Selalu Naik

Nah, salah satu kelebihan dari membeli rumah dulu adalah nilai investasinya yang selalu naik setiap tahun. Bahkan kenaikan nilai jual rumah bisa melonjak berkali-kali lipat jika daerah tempat kamu cukup strategis atau berada di pusat kota. Makanya banyak orang-orang yang menjadikan rumah sebagai investasi jangka panjang.

5. Bunga Lebih Rendah

Kalau bunga pada cicilan mobil terhitung sangat tinggi, biasanya bunga pada cicilan rumah atau yang sering disebut KPR termasuk rendah. Bahkan banyak bank-bank di Indonesia yang memiliki suku bunga dibawah 5% loh.

6. Waktu Pembayaran Cicilan Rumah Cenderung Panjang

Berbeda dengan jangka pembayaran cicilan mobil yang singkat, jangka pembayaran cicilan rumah cenderung lebih panjang bahkan bisa mencapai 35 tahun. Ini tentunya membuat banyak orang merasa memiliki hutan di sepanjang hidupnya.

7. Pembayaran Uang DP Tinggi

Satu hal lain yang harus kamu pertimbangkan saat ingin membeli rumah adalah butuhnya uang muka yang cukup besar. Apalagi di Indonesia sendiri, pembeli harus membayarkan sendiri 15% dari total jumlah harga rumah yang ingin dibeli. Ini berarti, kamu harus menyiapkan uang dalam jumlah besar terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menyicil sebuah rumah.

WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments