hero
(THE BUMP)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

28 Desember 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Sebelum memasuki masa menstruasi, para perempuan sering kali mulai khawatir kapan periode tersebut sebenarnya akan dimulai. Enggak jarang, siklus datang bulan membuat perempuan merasa panik dan dipenuhi tanda tanya setiap bulannya.

Berikut sejumlah pertanyaan yang lumrah dipertanyakan para perempuan. Beserta jawabannya yang mungkin bisa jadi pengetahuan barumu mulai sekarang.

1Perlu enggak sih khawatir kalau jadwal menstruasi enggak teratur?

Perlu enggak sih khawatir kalau jadwal menstruasi enggak teratur? (BRIGHTSIDE)

Enggak perlu karena semua wanita berbeda. Satu siklus menstruasi bisa berlangsung 21 hingga 35 hari. Juga, jadwal menstruasi  wajar saja berubah-ubah. Misalnya bulan ini periode datang lebih awal, bulan depan datang lebih lambat.

Begitupun dengan panjang periode menstruasi. Umumnya, sebagian besar periode berlangsung sekitar 4-7 hari yang dimulai dengan bercak ringan. Lalu, aliran menjadi lebih deras dan secara bertahap menjadi mulai berkurang. 

2Bagaimana membedakan menstruasi dengan flek?

Bagaimana membedakan menstruasi dengan flek? (BRIGHTSIDE)

Darah menstruasi berwarna merah gelap. Mengandung partikel selaput lendir yang melapisi rongga uterus.

Sementara, bercak flek mengacu pada keputihan berwarna coklat yang ringan dan terjadi antara periode menstruasi. Flek pada masa ini cenderung enggak berbahaya. Ini terjadi karena adanya penurunan estrogen yang merupakan hormon seks wanita.

Selain itu, biasanya, beberapa perempuan akan mengalami rasa sakit di perut bagian bawah. Beberapa hari sebelum atau setelah ovulasi.

3Apa hubungan antara pil KB dan periode menstruasi palsu?

Apa hubungan antara pil KB dan periode menstruasi palsu? (BRIGHTSIDE)

Banyak orang berpikir bahwa ketika kamu berhenti mengonsumsi pil KB, pada hari ketujuh sejak berhenti, kamu akan mengalami menstruasi lagi.

Pada kenyataannya, periode itu disebut pendarahan palsu. Pendarahan ini lebih singkat dari menstruasi biasa. Enggak begitu menyakitkan, dan pendarahan enggak begitu deras. Sementara, menstruasi teratur dapat terjadi hanya setelah seorang wanita berhenti menggunakan alat kontrasepsi selama 6 hingga 12 bulan.

4Apakah perdarahan setelah kontak seksual bisa berarti kehamilan?

Apakah perdarahan setelah kontak seksual bisa berarti kehamilan? (BRIGHTSIDE)

Perdarahan implantasi dapat terjadi beberapa hari setelah pembuahan. Ketika telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim dan sedikit merusak pembuluh. Jumlahnya mungkin sangat kecil, hanya beberapa tetes.

Perdarahan implantasi sendiri merupakan terjadinya bercak darah di awal kehamilan. Perdarahan ini umumnya terjadi pada masa 6-12 hari setelah pembuahan. Jadi, wajar kalau sebagian wanita belum menyadari dirinya hamil. Dan mengira bahwa perdarahan implantasi tersebut adalah menstruasi.

So, kamu wajib tahu nih ciri yang dapat membedakan menstruasi biasa dari perdarahan implantasi adalah sebagai berikut:

-warna perdarahan implantasi terang, sedangkan darah menstruasi lebih gelap

-perdarahan berlangsung enggak lebih dari 2 hari dan enggak bertambah deras

-proses perdarahan implantasi enggak menyakitkan

5Apa yang harus dilakukan jika perdarahan terjadi setelah kontak seksual?

Apa yang harus dilakukan jika perdarahan terjadi setelah kontak seksual? (ALSNEWTODAY)

Perdarahan seperti ini biasanya terjadi selama kontak seksual atau pemeriksaan fisik. Darah yang keluar umumnya berwarna merah cerah dalam kasus ini.

Jika kerusakannya enggak parah, perdarahan akibat kontak enggak akan berlangsung lama. Tetapi jika enggak berhenti, kamu harus segera menghubungi dokter.

 

 

 

BRIGHTSIDE| TEENVOGUE

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments