hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

27 Desember 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Postur tubuh yang buruk bisa menandakan otot dan sendi enggak bekerja dengan baik. Ternyata, ini juga dapat menyebabkan masalah yang sangat serius. Seperti sakit kronis, atrofi otot, luka sendi, masalah pencernaan, pernapasan, dan lain-lain.

Apalagi postur tubuh yang buruk juga turut membuat bentuk tubuh menjadi enggak bagus dan menarik. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga postur tubuh dan menjaga kesehatan tulang belakang.

1Berjalan tanpa alas kaki dan kenakan sepatu yang nyaman

Berjalan tanpa alas kaki dan kenakan sepatu yang nyaman. (BRIGHTSIDE)

Kaki adalah fondasi seluruh tubuh, sehingga perkembangan otot dan persendian yang benar di dalamnya adalah kunci untuk memiliki postur tubuh yang baik. Berjalanlah tanpa alas kaki sesering mungkin. Hindari memakai sepatu hak tinggi dan sol tebal dalam waktu lama.

2Tambah kalsium dalam pola makan

Tambah kalsium dalam pola makan. (BRIGHTSIDE)

Kalsium adalah bahan bangunan untuk tulang. Semakin tua, semakin rapuh tulang. Kerangka yang kuat membantu kamu mempertahankan postur tubuh yang baik.

Dan menghindari segala macam rasa sakit tulang. Jadi makan lebih banyak makanan yang kaya kalsium, seperti keju, kacang-kacangan, dan produk susu.

3Konsumsi vitamin D

Konsumsi vitamin D. (BRIGHTSIDE)

Vitamin D dibutuhkan oleh tulang untuk memastikan penyerapan kalsium dengan baik. Kamu bisa mendapatkan vitamin D dari makanan dan sinar matahari. Tapi jika kedua sumber itu enggak cukup, sebaiknya konsumsi suplemen.

4Angkat belanjaan

Angkat belanjaan. (BRIGHTSIDE)

Enggak perlu terburu-buru ke gym dan memulai latihan seperti weightlifter. Beban kecil yang kamu temui dalam kehidupan sehari-hari, seperti tas belanja atau ransel juga bisa.

Asal, jangan membawa tas berat di bahu yang sama sepanjang waktu. Mengangkat berbagai beban secara teratur akan mencegah osteoporosis dan mengalami punuk saat kamu bertambah tua.

5Ubah posisi tubuh secara berkala

Ubah posisi tubuh secara berkala. (BRIGHTSIDE)

Duduk dalam satu posisi selama berjam-jam menyebabkan otot-otot lelah. Akibatnya, postur tubuh memburuk dan kamu mengalami nyeri punggung dan leher. Sangat penting untuk mengubah posisi, berdiri, berjalan dan berbaring setidaknya dua kali dalam satu jam.

6Tingkatkan keseimbangan

Tingkatkan keseimbangan. (VIDEO BLOCKS)

Ada berbagai peralatan fitness yang dapat melatih tulang punggung. Berjalan di atas permukaan yang enggak stabil, seperti pasir, juga sangat membantu. Menyeimbangkan tubuh membantu otak, sistem saraf, dan otot saling terhubung untuk menciptakan koordinasi yang lebih baik.

7Olahraga

Lakukan plank selama 1-2 menit setiap hari untuk memperbaiki postur tubuh. (BRIGHTSIDE)

Cobalah beberapa gerakan untuk memperbaiki postur tubuh seperti plank selama 1-2 menit setiap hari. Dan kamu juga bisa melakukan pose kobra untuk mengembalikan bentuk tulang punggung yang terlalu sering membungkuk.

Lakukan pose kobra untuk mengembalikan bentuk tulang punggung yang terlalu sering membungkuk. (BRIGHTSIDE)

 

BRIGHTSIDE| SPINE HEALTH| HEALTH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments