hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

26 Desember 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Buat perempuan, paling bete kalau rambut sedang enggak bisa diatur alias bad hair day. Apalagi kalau rambut lagi berminyak banget, lengket dan lepek. Nah, sebenarnya, kondisi rambut kaya gini, bisa diminimalisir dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Apa saja yang memicu kelenjar minyak overproduksi? Ini dia daftarnya!

 

 

1. Gula

Hindari gula! (BRIGHTSIDE)

Hormon adalah pembawa pesan dalam tubuh yang membantu mengontrol hampir semua hal yang terjadi di tubuh kita. Karena itulah sangat penting menjaga keseimbangannya. Dan gula merupakan mimpi buruk untuk keseimbangan hormon. Gula memicu ketidakseimbangan hormon, karena ketika kadar gula darah naik, produksi minyak jadi makin banyak.

2. Karbohidrat Olahan

Hindari karbo olahan. (BRIGHTSIDE)

Ada dua jenis karbo, yaitu yang baik dan buruk. Nah, karbohidrat olahan masuk dalam kategori karbo yang buruk. Salah satu contohnya adalah roti. Roti yang terbuat dari gandum olahan biasanya bertekstur lembut dan empuk dibandingkan roti gandum utuh. Mengonsumsi karbohidrat jenis ini membuat tubuh overload memprosesnya, sehingga kelenjar minyak di kulit kepala overproduksi.

3. Gorengan

Hindari gorengan. (BRIGHTSIDE)

Semua jenis gorengan terutama makanan cepat saji membuat tubuh kita terbebani dengan minyak. Jenis makanan ini menstimulasi kelenjar minyak di kulit termasuk kulit kepala, sehingga jadi sangat berminyak. Karena itu, makan hamburger di malam hari bisa membuat rambut kamu berminyak banget keesokan harinya. Makanya, hindari gorengan sebisa mungkin!

4. Produk susu

Hindari susu dan produk turunannya. (BRIGHTSIDE)

Meski terdengar janggal, produk susu dan turunannya menjadi salah satu alasan diproduksinya extra sebum. Hal ini disebabkan tubuh kita mencerna produk susu sebagai minyak dan lemak, sehingga membuat kulit kepala berminyak dan memicu timbulnya jerawat.

5. Garam

Hindari konsumsi garam berlebih. (BRIGHTSIDE)

Konsumsi garam yang berlebih memicu timbulnya bengkak, kantong mata, ketombe dan dehidrasi. Gejala dehidrasi ini yang membuat tubuh memproduksi lebih banyak minya untuk melawan kekurangan air. Sehingga rambut berminyak dan lengket jadi tak terhindarkan. Karena itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi biskuit, gorengan, keripik dan kacang asin.

Nah, selain menghindari jenis makanan di atas, untuk menjaga kesehatan kulit kepala, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E dan B, Zinc, dan lemak baik.

BRIGHTSIDE | HEALTH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments