hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

21 Desember 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Sakit perut dan sembelit pasti pernah dialami semua orang. Nah, ada beberapa hal yang menyebabkan sakit pada pencernaan, diantaranya masalah emosional  dan iritasi lambung. Selain minum obat penghilang nyeri, ada banyak cara untuk meredakan sakit pada pencernaan. Ini dia 7 diantaranya:

1. Manfaatkan rasa hangat untuk meredakan sakit

Yup, kompres hangat dapat meredakan sakit perut dengan baik. Sumber kehangatan bisa kamu dapat dari bantal pemanas atau penghangat listrik. Jangan lupa untuk meletakkan penghangat di atas lapisan baju. Kompres sederhana dengana air hangat juga bisa jadi pilihan murah meriah.

2. Minum larutan baking soda

Minum larutan baking soda. (BRIGHTSIDE)

Sodium bikarbonat yang ada dalam baking soda berkhasiat menetralisir asam lambung dan meredakan gejala mulas untuk sementara. Kamu bisa melarutkan ¼ sendok teh baking soda ke dalam segelas air, lalu minum semua hingga habis. Ingat, jangan mencampur baking soda dengan obat-obatan lain selama 2 jam.

3. Berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi

Jangan berbaring sejajar kaki sampai perut saat kamu sakit perut, karena dalam posisi ini, tenggorokan dan perut berada di posisi yang sama, sehingga asam lambung dapat dengan mudah naik. Duduk di tempat tidur atau berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi. Nah, untuk yang punya masalah sembelit, posisi jongkok merupakan yang terbaik untuk membersihkan isi perut.

4. Diet pisang, beras, saus apel dan roti

Redakan nyeri perut dengan makanan ini. (BRIGHTSIDE)

Semua makanan ini memiliki satu kesamaan: lunak dan mudah dicerna. Inilah jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat memiliki masalah di perut. Pastikan juga minum banyak cairan, seperti air putih, kaldu dan jus apel.

5. Konsumsi makanan kaya serat.

Serat meningkatkan fungsi usus. Semakin banyak serat yang dimakan, semakin mudah makanan diserap oleh tubuh sehingga mencegah konstipasi. Tambahkan serat ke dalam menu makanan secara bertahap, untuk meminimalisir kembung. Sumber serat yang bagus adalah buah, sayuran, roti gandum, sereal, buah beri, dan kacang kering.

6. Konsumsi probiotik dan prebiotik

Prebiotik adalah bagian dari makanan yang tidak bisa dicerna. Misalnya, kulit buah dan sayuran. Probiotik adalah bakteri hidup yang dibuat selama proses fermentasi makanan seperti yoghurt. Probiotik seharusnya hidup di usus, tetapi lingkungan kita, gaya hidup yang tidak sehat, dan antibiotik mengurangi jumlah mereka. Mereka penting untuk pencernaan kita dan membantu meringankan gejala seperti sakit perut, kembung dan diare. Probiotik dapat dibeli dan diminum sesuai dosis yang direkomendasikan oleh dokter atau makan lebih banyak makanan yang difermentasi seperti Kombucha.

7. Minum teh herbal

Teh herbal. (BRIGHTSIDE)

Diantaranya ada peppermint, jahe dan chamomile. Herbal yang mudah ditemukan ini sangat bagus untuk diseduh bersama secangkir teh. Ramuanteh herbal  ini akan meredakan sakit perut. Peppermint dapat mengurangi mual karena mentol di daunnya yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami. Jahe mengurangi gejala mual dan chamomile memiliki efek seperti ibuprofen.

BRIGHTSIDE | HEALTH

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments