hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

20 Desember 2018, 18:30 WIB

AMERIKA SERIKAT

Salah satu hal yang paling membuat pecinta Harry Potter terkesima adalah megahnya bangunan sekolah Hogwarts. Arsitekturnya yang berlangit-langit tinggi dan bernuansa klasik membawa para penontonnya masuk ke dunia sihir. Nah, sebenarnya banyak loh bangunan-bangunan yang memiliki kemiripan dengan suasana Hogwarts. Misalnya saja, 10 perpustakaan yang ada di bawah ini.

 

1. Perpustakaan John Rylands di Manchester, Inggris

John Rylands. (BRIGHTSIDE)

Perpustakaan di Manchester ini dibangun lebih dari 100 tahun yang lalu sebagai perpustakaan umum, tetapi sekarang  menjadi bagian dari Universitas Manchester. Perpustakaan ini menjadi rumah bagi koleksi buku-buku langka. Arsitekturnya yang indah dan tangga yang berkelok-kelok akan membuat kamu seolah sedang berada di Hogwarts.

2. Perpustakaan Universitas Washington di Seattle, AS

Perpustakaan Universitas Washington. (BRIGHTSIDE)

Ruang baca Suzallo di dalam perpustakaan Universitas Washington terlihat persis seperti sebuah ruangan di Hogwarts. Dibangun pada tahun 1923, perpustakaan itu dimaksudkan untuk menjadi "jiwa universitas." Ada juga tangga besar yang menghubungkan lantai pertama dan ketiga yang terlihat seperti dibangun dengan bantuan sihir.

3. Perpustakaan Parlemen di Ottawa, Kanada

Nyaman banget untuk baca. (BRIGHTSIDE)

Dibangun pada tahun 1876 di Gothic Revival Style, perpustakaan ini untungnya tidak rusak dalam kebakaran yang terjadi pada tahun 1916. Kayu dan sudut baca yang nyaman menjadikannya tempat yang sempurna untuk meringkuk dengan buku atau menghabiskan satu atau dua malam meneliti Sorcerer’s Stone.

4. Biblioteca Real Gabinete Portugues de Leitura di Rio de Janeiro, Brasil

Koleksi buku sastra yang berlimpah. (BRIGHTSIDE)

"Royal Reading Room" adalah tampilan menakjubkan dari kayu gelap dan baris demi baris sastra Portugis. Kita bisa membayangkan Hermione melihat semua buku itu dengan air mata berlinang.

5. Perpustakaan Biara Strahov di Strahov, Republik Ceko

Cantik banget ya perpustakaannya? (BRIGHTSIDE)

Bagian dari perpustakaan ini berasal dari tahun 1600-an dan umurnya tercermin dalam detail kayu yang cantik dan langit-langit yang dicat rumit yang menyaingi Great Hall. Biaranya juga memiliki "Kabinet Keingintahuan", sebelum menjadi museum modern. Kayaknya JK Rowling juga terinspirasi dari sini ketika membayangkan Hogwarts.

6. Perpustakaan Ilmu Lausitzian di Goerlitz, Jerman

Bayangkan berada di perpustakaan kece ini. (BRIGHTSIDE)

Di Jerman, perpustakaan ini diberi nama "Oberlausitzische Bibliothek der Wissenschaften," yang pengucapannya mirip Viktor Krum saat mencoba menyebut "Hermione." Tetapi bagian dalamnya spektakuler, dengan deretan lengkungan lebar yang mengarah ke kamar-kamar di atas berbagai volume seni, budaya, dan ekonomi daerah.

7. Perpustakaan Chetham di Manchester, Inggris

Seru banget membaca di sini. (BRIGHTSIDE)

Chetham adalah perpustakaan umum berbahasa Inggris  tertua di dunia yang bernuansa Hogwarts. Perpustakaan Chetham memiliki rak buku kayu hangat dan ceruk jendela tersembunyi di mana kita dapat mengerjakan tugas bacaan dari  Snape yang diperlukan. Ada juga ruang "Perpustakaan Berantai" yang dipenuhi dengan buku-buku tentang rantai untuk menghindari pencurian .

8 . Perpustakaan Morgan di New York City, New York

Koleksi buku langka di sini bikin ngiler. (BRIGHTSIDE)

Dibuka untuk umum pada tahun 1924 oleh J.P. Morgan Jr., perpustakaan dan museum ini menampung koleksi buku langka dan artefak lainnya.  Morgan adalah perpaduan perpustakaan yang menyenangkan dan nyaman serta ruang rekreasi Gryffindor!

9. Perpustakaan Palácio Nacional de Mafra di Mafra, Portugal

Perpustakaan ini berusia 300 tahun. (BRIGHTSIDE)

Perpustakaan berusia 300 tahun ini menyimpan koleksi materi Renaissance, ditambah koloni kelelawar kecil sebagai penghuni. Kelelawar ini sebenarnya hidup di dalam perpustakaan dan mereka keluar di malam hari untuk melindungi buku-buku dari serangga! 

10. Perpustakaan Duke Humfrey di Oxford, Inggris

Ini dia perpustakaan tempat syuting Harry Potter. (BRIGHTSIDE)

The last but not least adalah perpustakaan di mana Harry Potter difilmkan yaitu di dalam Universitas Oxford. Perpustakaan Duke Humfrey adalah ruang baca dalam Perpustakaan Bodleian dan terbuka untuk umum, tetapi secara teknis tidak diperbolehkan untuk difoto. Jadi kayaknya butuh Jubah Gaib jika ingin foto diam-diam.

BRIGHTSIDE | TRAVEL AND LEISURE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments