hero
(BUSTLE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

19 Desember 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Pada tahun 1964, seorang pemuda Amerika bernama Randy Gardner berhasil terjaga atau bangun selama 11 hari 25 menit. Dia meraih rekor manusia tanpa tidur dengan waktu terpanjang.

Manusia seperti Randy memang langka, tetapi sebenarnya banyak dari kita yang menderita insomnia sehari-hari. Padahal, kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan tubuh dan pikiran secara negatif.

Oleh karena itu, penting untuk tahu bagaimana cara melawan insomnia. Dan meningkatkan kualitas tidurmu, seperti yang dilansir dari Brightside berikut ini.

1Pilih posisi tidur yang tepat

Pilih posisi tidur yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Posisi memengaruhi kualitas tidur. Salah satu posisi tidur paling sehat dan ampuh untuk mengatasi insomnia adalah tidur telentang. Posisi ini membiarkan kepala, leher, dan tulang belakang pada posisi netral.

Sebaliknya, posisi tidur menekuk seperti ibu hamil dilakukan oleh 41% dari jumlah orang dewasa. Padahal posisi ini dapat membuatmu sulit bernafas normal dan menyebabkan punggung belakang nyeri di pagi hari. Begitu pun dengan posisi tengkurap yang buruk bagi leher dan punggung karena dapat membuat otot tertekan dan terasa kebas jika terlalu lama di posisi ini.

2Pilih kasur yang tepat

Pilih kasur yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Kualitas kasur yang buruk juga dapat menyebabkan insomnia dan masalah tidur lainnya. Para ahli mengatakan, jika kasurmu sudah berumur lebih dari 7 tahun, sebaiknya kamu cek lagi apakah kasur itu masih mendukung tubuh ketika tidur.

Bagian tubuh yang berbeda memberikan tekanan yang berbeda pula pada kasur. Dan biasanya kasur akan kehilangan kemampuannya untuk menopang tubuh seiring usia kasur itu dipakai.

3Ramuan serbuk tidur

Kalau kamu sulit tertidur atau sering tiba-tiba terbangun di tengah malam, cobalah resep ramuan "tidur" yang satu ini. Bahannya alami, hanya gula pasir dan garam laut kok.

Gula memiliki efek yang menenangkan sementara garam membantu tubuh mengatur tingkat adrenalinnya. Taruh campuran serbuk di bawah lidahmu dan coba buktikan apakah ramuan ini ampuh mengatasi masalah tidurmu. 

4Cobalah menulis diary di malam hari

Sering kali insomnia disebabkan oleh pikiran yang melanglangbuana di malam hari? Nah, coba atasi masalah itu dengan memberi waktu 15 menit saja menuliskan semua peristiwa positif yang terjadi padamu sepanjang hari. Teknik ini akan membantumu berkonsentrasi pada hal-hal yang baik. Sehingga dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan, serta meningkatkan durasi dan kualitas tidur.

5Batasi tidur siang

Batasi tidur siang. (BRIGHTSIDE)

Banyak orang berpikir bahwa tidur siang adalah cara baik untuk mengganti tidur yang dilewatkan malam sebelumnya. Eits, bukan begitu cara kerjanya lho. Tidur siang justru dapat menurunkan kualitas tidurmu di malam hari.

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tidur siang selama lebih dari 2 jam atau tidur antara jam 6 sore dan jam 9 malam memiliki kualitas tidur malam yang paling buruk. Kalau kamu ingin tidur tetap nyenyak di malam hari, tidur siang lah sebelum jam 6 sore dan hindari durasi lebih dari 2 jam.

6Jangan letakkan jam dekat tempat tidur

Sering melihat waktu berlalu hanya akan meningkatkan ketegangan dan kecemasanmu serta mencegahmu tertidur. Letakkan jam dan alarm di tempat yang enggak bisa kamu lihat dan cobalah bangun suasana santai di kamar tidur tanpa suara atau lampu yang mengganggu.

7Coba yoga nafas

Chandra Bhedana dapat sangat membantumu melawan insomnia karena menenangkan sistem saraf. Caranya duduk dengan nyaman dengan tulang punggung tegak terangkat. Letakkan jempolmu di lubang hidung kanan dan jari manis di lubang hidung sebelah kiri.

Halangi lubang hidung kanan dan hirup sepenuhnya melalui lubang hidung sebelah kiri. Tahan napas dengan lembut lalu hembuskan melalui lubang hidung kanan. Selanjutnya, hirup masuk melalui lubang hidung kanan, pertahankan nafas, lalu hembuskan melalui lubang hidung sebelah kiri.

Lalu, perpanjang setiap napas dan tahan napas pada setiap siklus baru latihan. Lakukan latihan selama sekitar 9 siklus.

8Makan makanan antiinsomnia

Insomnia mungkin terjadi karena kamu kekurangan kadar magnesium dalam tubuh. Magnesium dapat ditemukan dalam bayam, kacang, alpukat, dan biji-bijian, berfungsi melemaskan saraf dan otot yang mendorong tidur nyenyak. Selain itu, magnesium membantu mencegah kram kaki yang sering menyebabkan kamu terbangun di malam hari.

Selain itu, fitokimia yang terdapat dalam kiwi juga dapat membantumu tertidur lelap. Buah ini dapat mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk tertidur, meningkatkan durasi, dan kualitas tidur.

9Coba untuk merasa terjaga

Coba untuk merasa terjaga. (BRIGHTSIDE)

Ini memang terdengar aneh, tapi saat kamu mencoba untuk tetap bangun, kamu justru akan tertidur lebih cepat. Teknik kognitif yang disebut ‘intensi paradoks’ ini digunakan untuk mengobati berbagai masalah medis dan psikologis, termasuk insomnia.

 Teknik ini terdiri dari fokus untuk tetap terjaga daripada merasa cemas saat mencoba tertidur. Jadi lain kali kamu susah tidur, coba pilih buku atau nyalakan musik yang bagus dan fokuslah pada proses membaca atau mendengarkan. Dan kamu pun akan segera menyadari bahwa kamu tertidur lebih cepat dan lebih mudah.

 

BRIGHTSIDE| SLEEP| THENEWSMINUTE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments