hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

12 Desember 2018, 18:30 WIB

AMERIKA SERIKAT

Definisi pulau adalah daratan yang dikelilingi lautan. Ada jutaan pulau tersebar di penjuru dunia, masing-masing punya karakteristik dan kisahnya. Dari sekian banyak pulau, berikut ini ada 9 pulau unik yang memiliki kisah bersejarah yang lumayan misterius, loh! Check these out!

 

1. Pulau Goqui, Cina

Contoh nyata alam mengambil alih habitat di pulau tak berpenghuni. (BRIGHTSIDE)

Semua permukaan pulau diselimuti hijaunya dedaunan. Pulau ini adalah contoh nyata ekosistem yang dibiarkan tumbuh liar tanpa gangguan. Pulau Goqui dulunya adalah desa nelayan, namun kini tak berpenghuni karena para nelayan pindah ke daratan.

2. Pulau Ular, Brasil

Pulau ini dihuni ribuan ular berbisa. (BRIGHTSIDE)

Pulau ini mendapat julukan pulau ular karena suatu alasan, yaitu menjadi rumah bagi salah satu ular paling berbisa di dunia, Golden Lancehead. Beberapa ahli memperkirakan bahwa ada sekitar 4000 ular yang hidup di sana yang berarti satu ular untuk setiap meter persegi. Tempat ini sangat berbahaya sehingga pemerintah Brasil melarang siapapun untuk mengunjungi pulau ini.

3. Pulau Bouvet

Pulau Bouvet, pulau terpencil di Samudera Atlantik. (BRIGHTSIDE)

Bisa jadi pulau ini adalah yang paling terpencil di seluruh planet bumi. Terletak di titik paling selatan Samudra Atlantik, pulau ini sangat terisolasi. Ada beberapa orang yang pernah menemukan pulau Bouvet, yaitu yang pertama Jean-Baptiste Charles Bouvet de Lozier. Ia menemukan pulau ini tahun 1739. Minimnya informasi saat itu, membuat pulau ini baru ditemukan lagi tahun 1808. Saat itu, pemburu Inggris, James Lindsay menabraknya dan menamakannya pulau Lindsay. 17 tahun kemudian, pemburu lain menemukannya lagi dan menamakannya Liverpool Island. Akhirnya setelah beberapa perselisihan, pada tahun 1971 nama dan kredit penemuan secara resmi diberikan kepada Jean-Baptiste Charles Bouvet de Lozier.

4. Pulau Clipperton di Samudera Pasifik

Pulau karang ini tak berpenghuni lagi. (BRIGHTSIDE)

Pulau Clipperton pada dasarnya adalah karang yang luasnya 6 kilometer persegi dan terletak di samudera pasifik. Pulau ini lumayan terisolasi karena daratan terdekat jaraknya ribuan kilometer! Di awal tahun 1900-an, pulau ini digunakan untuk menambang guano.  Tahun 1910, sebuah mercusuar dibangun dan sekitar 100 orang tinggal di pulau ini. Setiap 2 bulan, sebuah kapal akan tiba untuk memasok makanan dan kebutuhan lainnya. Hingga pada tahun 1914 kapal berhenti tiba karena Perang Saudara Meksiko. Orang-orang di pulau itu terlupakan, meninggalkan hidup di atas karang kecil yang tidak memiliki hutan atau lahan pertanian. Pada tahun 1917, penghuni pulau yang selamat terdiri dari 3 wanita dan 8 anak-anak, semuanya mengalami malnutrisi berat diselamatkan dan dievakuasi oleh sebuah kapal Amerika.

5. Palmyra Atoll di Samudera Pasifik

Pulau yang awalnya benteng, kini dijual murah! (BRIGHTSIDE)

Palmyra Atoll dibentuk oleh karang dan merupakan salah satu tempat paling terpencil di bumi. Pulau ini memiliki laguna indah yang ditutupi oleh hutan hujan lebat. Pulau ini juga memiliki konsentrasi kehidupan laut tertinggi. Kedengarannya seperti surga, namun ada banyak cerita mistis soal pulau itu. Ada beberapa kapal yang menghilang secara misterius di sekitarnya. Jika ingin mengunjunginya harus mendapatkan izin khusus dan jumlah pelancong sangat terbatas.

6. Pulau Vulcan, Filipina

Pulau di dalam pulau. (BRIGHTSIDE)

Di sebelah utara Filipina, ada danau bernama Taal. Di danau itu, ada sebuah pulau bernama Taal Vulcano. Di tengah pulau itu, ada danau lain, yang secara teknis adalah kawah banjir gunung berapi, dan di dalam danau ini ada pulau lain, Pulau Vulcan. Jadi, Pulau Vulcan adalah pulau di dalam pulau. 

7. Fort Carroll, Amerika Serikat

Pulau ini dijual murah banget! (BRIGHTSIDE)

Pernah mimpi punya pulau tetapi berpikir bahwa itu hanya mungkin bagi orang-orang super kaya? Ternyata ada beberapa pulau yang sangat terjangkau, tetapi tidak ada yang mau membelinya. Misalnya Fort Carroll,  yang dijual sangat murah. Pulau ini sebenarnya adalah benteng yang dibangun oleh angkatan darat Amerika Serikat, tetapi sekarang menjadi milik pribadi. Pemilik berencana untuk mengubahnya menjadi pusat rekreasi yang dilengkapi hotel, restoran, dan kasino,  namun ini ternyata tidak mungkin dilakukan. Terutama karena selama bertahun-tahun pulau ini menjadi surga burung dan rencana pembangunan apa pun harus memastikan bahwa burung-burung itu tidak akan terganggu.

8. Pulau Socotra di Samudera Hindia

Indahnya pohon di Pulau Socotra. (BRIGHTSIDE)

Pulau ini sangat indah. Saking indahnya, banyak orang menganggap pulau inilah yang paling pas disebut Taman Surga. Sudah lama diisolasi, pulau cantik ini menjadi rumah bagi tanaman yang tidak ada di tempat lain. Contohnya, pohon darah naga yang sekilas terlihat seperti payung.

9. Diavik Diamond, Kanada

Pola simetris akibat penambangan. (BRIGHTSIDE)

Disebut Diavik Diamond bukan tanpa sebab, karena seluruh pulau ini adalah tambang berlian! Terletak di Kanada Utara, tambang di pulau ini beroperasi sejak 15 tahun lalu. Sekitar 100 juta karat berlian atau 20 ton berlian yang berhasil digali dari tambang ini.

BRIGHTSIDE | TRAVEL AND LEISURE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments