hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

10 Desember 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Semua orang tahu bahwa tidur larut malam dan makan terlalu banyak tidak sehat. Tetapi kadang-kadang bahkan kebiasaan yang paling tidak berbahaya dapat membahayakan kesehatan kita. Berikut daftar beberapa kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya tetapi sebenarnya menimbulkan bahaya besar bagi kesehatan kita.

 

1. Menahan bersin

Jangan menahan bersin lagi, ya. (BRIGHTSIDE)

Fungsi utama bersin adalah menyingkirkan bakteri, virus, dan partikel debu. Ketika menahan bersin, tubuh tidak dibiarkan membuang benda-benda ini. Tapi bukan itu saja. Menahan bersin dapat melukai pendengaran, meningkatkan tekanan darah, dan bahkan merusak kerongkongan.

2. Menggunakan tusuk gigi

Hindari tusuk gigi untuk membersihkan gigi. (BRIGHTSIDE)

Tusuk gigi memang tidak berbahaya bagi email gigi, tetapi gusi berada dalam bahaya. Dan sebenarnya, hampir tidak mungkin membersihkan mulut dengan tusuk gigi. Agar mulut tetap bersih, belajarlah menggunakan benang gigi dengan benar.

3. Tidur tengkurap

Hindari tidur tengkurap. (BRIGHTSIDE)

Meski rasanya nyaman, ternyata kebiasaan ini berbahaya. Dalam posisi ini, kita sulit bernafas, leher berada dalam posisi yang tidak wajar, sirkulasi darah menjadi lebih buruk, dan tulang belakang leher berada dalam bahaya. 

4. Menggigit benda keras

Stop kebiasaan menggigiti benad keras. (BRIGHTSIDE)

Orang yang suka menggigiti pena, pensil, penjepit kertas, dan benda padat lainnya biasanya memiliki masalah enamel  yang membesar. Alasan ini juga yang membuat kamu tidak boleh mencoba membuka botol dengan gigi, mengunyah es batu, dan lolipop. Selain itu kebiasaan ini bisa membuat infeksi pada tubuh.

5. Menunda pergi ke kamar mandi

Jangan menunda buang air bersih dan kecil. (BRIGHTSIDE)

Pada Juni 2018, seorang gamer muda dari Inggris Raya dirawat di rumah sakit setelah ia menghabiskan 8 jam bermain tanpa henti. Usus dan kantung kemihnya begitu kembung sehingga dokter mengira dia mengidap tumor atau kanker. Semua dokter setuju kita tidak boleh menahan buang air kecil atau buang air besar terlalu lama karena  dapat melukai otot, serta dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan konstipasi.

6. Mencuci rambut dengan hangat

Keramaslah dengan air bersuhu normal. (BRIGHTSIDE)

Sebaiknya jangan mandi dan mencuci rambut dengan air yang terlalu panas.  Hal itu dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing. Selain itu, air panas menstimulasi fungsi kelenjar sebaceous pada kulit kepala yang membuat rambut menjadi kotor.

7. Menyentuh wajah dan menggosok mata

Jangan terlalu sering menyentuh wajah. (BRIGHTSIDE)

Sering menyentuh wajah dengan tangan dapat mengakibatkan kulit mengalami berbagai infeksi  seperti jerawat, herpes dan masih banyak lagi. Jika menggosok mata dengan tangan bisa berakibat konjungtivitis, yang merupakan penyakit menular.  Mata kamu bisa mengalami radang, berair, dan sensitif terhadap cahaya.

8. Membaca sambil berbaring di tempat tidur

Hindari membaca sambil tiduran. (BRIGHTSIDE)

Saat membaca di tempat tidur, ikuti aturan berikut:

• Jangan meletakkan buku terlalu dekat dengan mata.

• Jangan melengkungkan punggung dan jangan menegangkan leher.

• Jangan membaca sambil berbaring miring karena jarak ke buku akan terus berubah dan mata  akan bekerja berat untuk menyesuaikannya.

• Jangan membaca sambil tengkurap karena dapat merusak sumsum tulang belakang.

9. Menggunakan telepon saat berada di kamar mandi

Jangan bawa telepon seluler kamu ke kamar mandi. (BRIGHTSIDE)

Aturan ini juga berlaku untuk surat kabar dan buku. Duduk di toilet selama lebih dari 5 menit meningkatkan tekanan di pembuluh darah. Dan alasan mengapa ponsel sangat buruk untuk dibawa ke toilet  adalah karena kita selalu membawa ponsel kemanapun, sehingga bakteri dari toilet akan tersebar kemana-mana.

10. Meniup luka

Jangan meniup luka lagi, ya. (BRIGHTSIDE)

Hal yang biasanya kita lakukan saat luka adalah meniup atau menjilatnya.  Para ilmuwan dari Harvard University menghitung ada lebih dari 600 spesies mikroorganisme yang hidup di mulut manusia. Di antara semua organisme ini, selalu ada staphylococci dan streptococci. Darah yang digumpalkan pada luka adalah tempat yang sempurna bagi mereka untuk hidup. Sebaiknya gunakan saja obat untuk luka agar lebih cepat sembuh.                                                                                                          

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments