hero
(SUZIE ROBICHAUD)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

4 Desember 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Masalah ingatan sering kali dikaitkan dengan tanda penuaan. Padahal, statistik menunjukkan 14% anak muda di Amerika yang berusa 18-39 tahun sudah mengalami penurunan fungsi otak. Untungnya, ada serangkaian latihan sederhana yang disebut Super Brain Yoga yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

Yoga otak ini efektif meningkatkan kekuatan mental dengan menyeimbangkan kedua belahan otak dan mengarahkan energi ke dalam pikiran. Sudah siap mempraktikkan yoga otak sederhana ini? Berikut beberapa cara agar kerja otak lebih efisien dan mudah konsentrasi seperti dilansir Brightside.

1Bangun pagi dan menghadap arah yang tepat

Bangun pagi dan menghadap arah yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Waktu terbaik untuk berlatih yoga otak adalahi pagi hari, jadi bangunlah lebih awal. Pastikan kamu bangun menghadap ke timur, tepat di tempat matahari terbit. Untuk memastikannya, gunakan aplikasi kompas di smartphone-mu.

2Lepaskan perhiasan

Lepaskan perhiasan. (BRIGHTSIDE)

Pastikan kamu melepas semua perhiasan, termasuk cincin kawin. Sekarang, mulailah dengan menekan lidah langit-langit mulut, tepat di belakang gigimu. Biarkan posisi lidah di sana selama seluruh sesi latihan.

3Berdiri tegak

Berdiri tegak. (BRIGHTSIDE)

Postur tubuh sangat penting dalam yoga. Berdirilah tegak dengan tangan di samping, stabilkan posisi kaki. Tahan punggung kamu untuk tetap lurus sepanjang seluruh sesi.

4Posisi tangan yang tepat

Posisi tangan yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Angkat tangan kirimu, silangkan tubuh bagian atas dan letakkan tangan di cuping telinga kanan. Pastikan ibu jari berada di depan telinga.

Kemudian angkat tangan kanan, silangkan tubuh bagian atas dan ambil daun telinga kiri. Selain itu, pastikan jempol kanan berada di depan telinga. Kamu harus menekan kedua daun telinga secara bersamaan.

5Lakukan squat

Lakukan squat. (BRIGHTSIDE)

Masih dalam posisi tangan memegang telinga, tarik nafas perlahan dan mulailah melakukan gerakan squat. Buang nafas setiap kali kamu kembali berdiri. Ulangi gerakan ini selama 2-3 menit dan jangan lupa tetap mempertahankan posisi tegak punggung dan lidah di langit-langit mulut.

6Lakukan setiap hari

Lakukan setiap hari. (BRIGHTSIDE)

Salah satu aspek terpenting dari setiap latihan adalah keteraturan. Mulailah melakukan latihan sederhana ini setiap hari. Dan kamu akan melihat perbedaan besar dalam tingkat konsentrasi dalam beberapa minggu.

7Libatkan orang tersayang

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Time for some brain yoga! ????????????

A post shared by DivineMommy (@divine.mommy) on

Buat yang punya anak, kamu bisa aja si buah hati mengikuti latihan Super Brain Yoga ini. Latihan-latihan ini sangat sederhana dan mudah untuk menjadi kebiasaan sehari-hari yang menyenangkan untuk dilakukan bersama-sama. Setelah sesi ini, anak-anak akan jadi lebih fokus dan siap menyerap banyak informasi baru.

 

 

 

BRIGHTSIDE| NCBI| NEWSROOM.UCLA.EDU

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments