hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

30 November 2018, 14:00 WIB

INDONESIA

Pasti kamu sering dengar kan, kalau mau sehat, usahakan untuk tidur tidak kurang dari 8 jam sehari. Tapi tahukah kamu, kalau tidur lebih lama dari 8 jam sehari, punya dampak lumayan serius untuk kesehatan. Ini dia 6 alasan kenapa kamu enggak boleh tidur terlalu lama.

 

1. Berat badan naik

Berat badan naik. (BRIGHTSIDE)

Dengan waktu tidur yang kelamaan, sudah bisa dipastikan kamu akan bergerak lebih sedikit, iya kan? Karena inilah, kamu mengalami penambahan berat badan.

2. Gangguan depresif

Hati-hati depresi kalau kelamaan tidur. (BRIGHTSIDE)

Orang yang menderita gangguan depresi biasanya mengalami gangguan tidur. Terkadang, dalam beberapa kasus depresi, orang jadi tidur lebih dari biasanya. Siklus ini jadi seperti lingkaran setan, karena kelamaan tidur membuat kamu merasa cepat lelah. Akhirnya, kamu jadi enggak bersemangat dan jika tidak tertangani, ini mengarah pada gejala depresi.

3. Penyakit jantung

Kelamaan tidur meningkatkan risiko sakit jantung. (BRIGHTSIDE)

Jika tidur terlalu lama, kita enggak hanya kehilangan waktu tetapi juga berpotensi sakit jantung. Saat ini, masalah jantung adalah salah satu penyebab kematian yang paling umum, dan tidur selama lebih dari 8 jam meningkatkan kemungkinan kematian akibat serangan jantung sebesar 34%.

4. Sakit kepala

Sakit kepala karena kelamaan tidur. (BRIGHTSIDE)

Kurang tidur menyebabkan sakit kepala, begitu juga jika kita tidur terlalu lama. Karena itu, kamu enggak boleh banyak berbaring di tempat tidur bahkan selama akhir pekan dan hari libur. Hal ini karena tidur berlebihan mempengaruhi neurotransmiter di otak dan tingkat serotonin sehingga kamu merasakan saki kepala.

5. Masalah memori

Kerja otak dipengaruhi waktu tidur kamu. (BRIGHTSIDE)

Menurut sebuah penelitian, tidur panjang memengaruhi kerja otak. Terlebih lagi, jika biasa bangun di malam hari, kita mungkin tidak mendapatkan cukup tidur nyenyak. Hal ini akan mempengaruhi fungsi kognitif otak kita dan kemampuannya untuk berkonsentrasi dan mengingat detail.

6. Insomnia

Awas, insomnia mengintai kalau kamu kelamaan tidur. (BRIGHTSIDE)

Mungkin terdengar mengejutkan tetapi kadang-kadang insomnia disebabkan oleh kebiasaan yang tidak sehat bersama dengan aktivitas dan tidur. Misalnya, kamu memilih begadang di depan komputer hari ini dan memutuskan untuk tidur lebih lama keesokan harinya. Malam esoknya, kamu akan susah tidur.

Nah, bagaimana tips dan trik mendapatkan istirahat maksimal, yaitu 7-8 jam setiap hari? Coba deh, ikuti aturan ini. Makanlah makanan sehat, kurangi konsumsi alkohol, olahraga, bangun dan tidur di waktu yang sama, jangan mengonsumsi minuman berkafein dan makan berat sebelum tidur, serta pastikan kamar tidur kamu gelap dan tenang.

BRIGHTSIDE | HEALTH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments