hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

30 November 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Pori-pori selalu dibahas dalam komunitas kecantikan dan perawatan kulit. Pori-pori adalah bukaan di kulit yang mengandung folikel rambut dan kelenjar sebaceous yang menghasilkan sebum atau minyak alami. Sebum sebenarnya baik untuk kulit karena mengandung nutrisi, protein, dan melindungi kulit dari lingkungan yang berbahaya, tetapi ketika ada sejumlah kelebihan sebum yang diproduksi, pori-pori menjadi tersumbat dan tampak membesar. Dikombinasikan dengan bakteri, sel kulit mati, dan keringat, maka hasilnya adalah jerawat!

Adanya penyumbatan di permukaan kulit, membuat pori-pori menjadi lebih besar. Karena itulah penting untuk mengetahui jenis kulit, karena jenis kulit berminyak memiliki pori-pori yang lebih aktif dan menghasilkan lebih banyak minyak. Sementara jenis kulit kering memiliki pori-pori yang sangat kecil sehingga lebih sedikit minyak yang dihasilkan. Tentu saja, jenis kulit bersifat genetik dan  tidak dapat diubah. Tetapi dengan rutinitas atau kebiasaan yang baik, kamu bisa mendapatkan pori-pori sehat. Kulit wajahpun bebas masalah.

 

1. Bilas wajah dengan air dingin

Basuh wajah dengan air dingin. 

Air dingin jadi bagian perawatan pori yang paling mendasar, dan terbukti selalu berhasil.Jika ingin membuka pori-pori, biasanya digunakan air hangat. Maka untuk mengecilkan pori-pori, cucilah muka dengan air dingin. Trik ini sangat mudah dan bebas biaya!

2. Jangan berlebihan menggunakan kertas minyak

Batasi penggunaan kertas minyak.

Kesalahan yang dilakukan banyak orang adalah menggunakan kertas minyak secara berlebihan. Mengusap kulit dengan kertas minyak satu atau dua kali sehari masih bisa ditolerir, tapi penggunaan setiap hari akan merugikan kulit kita. Jadi untuk wanita yang tinggal di iklim tropis dan lembab, sebaiknya menahan diri untuk menggunakan kertas minyak secara berlebihan.

3. Gunakan tisu pembersih make-up

Tisu pembersih make-up untuk lap keringat saat olahraga. 

Bersihkan keringat di wajah dengan tisu pembersih make-up, saat kamu berolahraga. Pilihan ini ampuh menghilangkan kotoran dan keringat tanpa mengasari kulit. Jangan buru-buru mencuci wajah kamu usai olahraga, karena pori-pori sedang membesar akibat suhu tubuh yang meningkat usai olahraga. Lebih baik gunakan tisu pembersih make up dulu, diamkan sejenak, baru deh bersihkan wajah kamu.

4. Toner

Toner telah terbukti dapat meminimalkan munculnya pori-pori. Toner bertindak sebagai agen paling akhir yang menghilangkan sisa kotoran di pori-pori usai dibersihkan, sebelum melapisi kulit dan menyeimbangkan tingkat pH di kulit.

5. Tabir Surya

Tabir surya tidak hanya melindungi kulit dari sinar matahari tapi juga mencegah kerusakan yang menyebabkan hilangnya kekenyalan dan kekencangan. Ini bisa menyebabkan pori-pori lebih terlihat. Tidak ada perawatan kulit rutin yang lengkap atau bermakna tanpa tabir surya. Jadi gunakan tabir surya yang baik ke dalam rutinitas perawatan. Dijamin akan bermanfaat bagi pori-pori dan kulit dalam jangka panjang.

BRIGHTSIDE | HEALTH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments