hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

27 November 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Orang-orang yang peduli dengan kesehatan tentu tahu bahwa sangat penting untuk mencuci bahan makanan mereka. Prosesnya terlihat sangat mudah, hanya perlu menyalakan keran dan membilasnya. Tetapi ada beberapa hal yang harus diingat loh ketika membersihkan bahan makanan tertentu. Apa sajakah yang harus diperhatikan? Coba cek daftar di bawah ini!

 

1. Beras

BRIGHTSIDE.

Semua jenis beras harus dibilas 3-4 kali sebelum dimasak, terutama beras biji-bijian panjang. Bahaya utama tidak bersembunyi di debu tetapi di tepung yang ada di beras. Jika kurang bersih, tepung ini yang menyebabkan nasi menggumpal dan terlihat tidak menarik. Dianjurkan juga untuk membilas bulir gandum sampai air cuciannya menjadi jernih.

2. Remis dan tiram

BRIGHTSIDE.

Semua produk laut dalam cangkang harus dicuci secara menyeluruh. Bahkan jika membeli produk beku juga tetap harus dicuci karena mereka bisa jadi masih penuh pasir. Jika tidak, kita akan memakan semua limbah dari laut yang ada di dalam makanan laut itu.  

3. Sayuran beku

BRIGHTSIDE.

Sayuran beku benar-benar membuat hidup kita lebih mudah. Hanya perlu menaruhnya di panci lalu direbus. Tetapi ada hal yang harus dketahui bahwa sebelum dibekukan, sayuran harus dicuci dengan air. Begitu banyak orang tidak mencuci produk beku sebelum menggunakannya dan itu enggak masalah jika dimasak pada suhu tinggi. Tetapi jika lebih suka sayuran setengah matang, sayuran harus dicuci secara menyeluruh terlebih dahulu dan memasaknya dengan cara yang sama seperti sayuran segar untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri.

4. Ikan

BRIGHTSIDE.

Kita tidak perlu mencuci ikan mentah kecuali jika kita akan memakannya mentah-mentah. Suhu tinggi akan membunuh semua bakteri dalam ikan. Jika kita membilas ikan mentah, ada risiko penyebaran bakteri di sekitar dapur. Perlu diingat bahwa harus mencuci tangan, talenan, dan pisau setelah memotong ikan.

5. Kubis

BRIGHTSIDE.

Tidak peduli apa pun jenis kubisnya, kita harus mencucinya sampai benar-benar bersih. Jika  akan memasak kembang kol, yang termasuk dalam keluarga kubis, kita perlu membersihkan semua sudut dan memisahkannya menjadi beberapa bagian. Jika ingin memasak kubis merah atau putih, 2 lapisan atas harus dibuang karena disana tempat berkumpulnya kotoran dan debu. Untuk menyingkirkan serangga dan bakteri, masukkan kubis ke dalam bak yang berisi air, tambahkan cuka, dan biarkan selama beberapa menit. Lalu bilas kubis dengan air bersih.

6‚Äč. Selada

BRIGHTSIDE.

Semua sayuran hijau sangat enak dan sehat. Namun saat menyiapkan selada, jangan lupa untuk membilasnya. Untuk menyingkirkan pasir atau kotoran di daun, kita harus merobek selada dan biarkan dalam air dingin bersih selama beberapa menit. Saat mengambil selada, masukkan ke dalam saringan atau di atas tisu dapur bersih, dan biarkan mengering. Sekarang selada siap dinikmati.

7. Apel

BRIGHTSIDE.

Buah-buahan yang paling sehat adalah buah-buahan yang tidak menjalani perawatan khusus. Jika kita ingin makan apel di musim dingin, misalnya, kita harus mencucinya. Studi menunjukkan bahwa jika kita merendam buah dalam air dan soda kue selama 12 menit, sebagian besar bahan kimia akan tersapu bersih.

BRIGHTSIDE | HEALTH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments