hero
Film-film dengan special effect terburuk. (LOOPER)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

16 November 2018, 10:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

Special Effect sudah menjadi salah satu elemen penting dalam proses produksi film-film di era modern. Berbagai efek ditambahkan melalui proses editing di komputer untuk menyajikan visual menarik yang memanjakan mata penonton.

Namun, beberapa film berikut dianggap menampilkan kualitas special effect yang buruk dan terlihat aneh. Di luar itu, tak dipungkiri film-film ini diproduksi dengan anggaran yang besar.

1. 'The Matrix Reloaded' (2003).

'The Matrix Reloaded' (2003). (LOOPER)

Di seri ke-2 dari trilogi Matrix ini terdapat adegan perkelahian para ratusan kloning Agen Smith yang menyerang karakter Neo (Keanu Reeves). Adegan ini dianggap memiliki efek yang jelek lantaran Neo menghajar para kloning CGI dengan kecepatan yang dianggap tidak wajar. Para kloning terlihat seperti boneka yang tidak memiliki bobot dan melawan hukum fisika dengan terlempar ke berbagai arah.

2. 'Justice League' (2017).

'Justice League' (2017). (LOOPER)

Film DC Extended Universe (DCEU) ini mendapat ulasan negatif dari para kritikus film. Salah satu penyebabnya adalah efek CGI yang dianggap sangat terlihat. Efek tersebut digunakan untuk menghilangkan kumis Henry Cavill sang pemeran Superman. 

Cavill saat itu tidak bisa mencukur kumisnya lantaran sedang memerankan film 'Mission: Impossible Fallout' di saat bersamaan. Bibir bagian atas Cavill pun terlihat tidak manusiawi dan menjadi bulan-bulanan penonton.

3. 'The Mummy Returns' (2001).

'The Mummy Returns' (2001). (LOOPER)

Efek CGI karakter The Scorpion King (Dwayne Johnson) di film ini dianggap sebagai special effect paling buruk yang pernah ada di film layar lebar. Tubuh dari raja kalajengking, yaitu makhluk setengah manusia dan setengah kalajengking ini terlihat rata dan tidak bertekstur. Wajah Dwayne Johnson pun di-edit sedemikian rupa hingga terlihat aneh dan kontras dengan tubuh kalajengkingnya.

4. 'Green Lantern' (2011).

'Green Lantern' (2011). (LOOPER)

Film superhero dengan anggaran US$ 200 juta atau sekitar hampir Rp 3 trililun ini banyak mendapat kritik mengenai special effect di dalamnya. Kostum dari karakter Hal Jordan alias Green Lantern (Ryan Reynolds) sepenuhnya terbuat dari efek CGI. Sayang, kostum tersebut dianggap sangat jelek dan terlihat terlalu mengkilap. Karakter CGI lainnya, yaitu Kilowog dan Parallax juga dianggap sangat buruk.

5. 'Die Another Day' (2002).

'Die Another Day' (2002). (LOOPER)

Dalam salah satu film di seri James Bond ini terdapat adegan Agen 007 (Pierce Brosnan) yang berselancar sambil mengenakan parasut. Adegan dengan ombak-ombak dari efek CGI ini dianggap sangat buruk dan dikatakan seperti keluar dari PlayStasion 2.

LOOPER | MOVIE WEB

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments